, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Pengertian Bordir dan Sulaman

Pengertian Bordir dan Sulaman

  pengertian teknik sulam dan contohnya - Sulaman

Bordir atau sulaman adalah hiasan yang dibuat di atas kain atau bahan-bahan lain dengan jarum jahit dan benang. Selain benang, hiasan untuk sulaman atau bordir dapat menggunakan bahan-bahan seperti potongan logam, mutiara, manik-manik, bulu burung, dan payet.

- macam macam teknik sulam
Pengertian Bordir dan Sulaman


- pengertian jahit aplikasi
Pengertian sulaman, dalam kamus bahasa Indonesia sulam diartikan 'suji" atau 'tekad ( Poerwadarminta; 1996 : 100). Dalam bahasa Sunda, menyulam disebut 'ngabordeI ' yang berarti membuat hiasan pada kain dengan bermacam benang berwarna ( Kamus Umum Bahasa Sunda; 1976:64 ).pengertian kerajinan jahit perca Sulaman menurut Bernice Barsky dalam buku Aneka Hobi Rumah Tangga adalah Sulaman pemula merupakan contoh sulam - menyulam dewasa ini. Dengan gambar pemandangan, huruf, angka, serta bunga hiasan pinggir yang kebanyakan dikerjakan dengan setik silang pada kain tenunan lurus. sebagian besar muncul dari perkembangan yang terjadi di Amerika dan Inggris antara tahun 1753 dan 1840 (Suwargono Wirono; 1984: 57).
- pengertian kerajinan jahit tindas
Dari pengertian diatas, maka sulaman merupakan kegiatan memberikan hiasan diatas kain, kulit, dan kertas . Menyulam dapat dikerjakan dengan mesin ataupun tangan. Piasanya sulam diterapkan pada bagian – bagian tertentu, seperti pinggiran, sambungan, dan sudut – sudut yang dianggap perlu.
- pengertian teknik jahit
Di antara jenis tusukan yang umum dikenal dalam menyulam adalah tusuk rantai,tusuk jelujur, tusuk kelim, dan tusuk silang. Selain dijahit dengan tangan, sulaman dibuat dengan mesin jahit dan Mesin Bordir komputer.
- definisi tapestri
Dari kamus bahasa sunda sendiri pengertian dari Menyulam adalah sebuah karya seni yg dibuat oleh tangan manusia. Menyulam juga sudah dikenal baik didalam negeri maupun diluar negeri.- pengertian teknik bordir  Contohnya negara jepang. Menyulam juga mampunyai beberapa teknik yaitu, teknik jelujur, teknik rantai, teknik tangkai, teknik silang, dsb. Menyulam juga mempunyai bentuk seperti daun,bunga,tangkai dan lain lain. Untuk membuat sulaman kita memerlukan bahan yaitu jarum sulam, benang sulam, pita, payet, pembidang/ ram, gunting, kain strimin/ kain.
- fungsi kerajinan sulam
Kain dan benang yang dipakai untuk seni bordir berbeda-beda menurut tempat dan negara. Sejak ribuan tahun yang lalu, kain atau bedang dari wol, linen, dan sutra sudah dipakai untuk membuat sulaman. Selain benang dari wol, linen, dan sutra, sulaman modern menggunakan benang sulam dari katun atau rayon.



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  pengertian teknik sulam dan contohnya

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang DESAIN PRODUK, PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUPNYA

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://tutorialsulampita.blogspot.co.id/2016/01/pengertian-bordir-dan-sulaman.html
baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Pengertian Bordir dan Sulaman

0 komentar:

Post a Comment