, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Jenis Lubang Kancing: Lubang Sengkelit


Jenis Lubang Kancing: Lubang Sengkelit

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 Jenis Lubang Kancing: Lubang Sengkelit


cara membuat lubang kancing dari bahan untuk kebaya - Lubang kancing atau rumah kancing sengkelit yaitu rumah kancing yang terbuat dari kain serong berbentuk pipa yang kemudian dijahit. Lubang kancing ini biasanya dibuat untuk pakaian kebaya yang terbuat dari bahan renda seperti bahan brokat. Digunakan juga pada belahan yang dilapisi menurut bentuk yang digunakan pada tengah muka atau tengah belakang blus atau gaun dan pada ujung lengan. Kancing yang digunakan paling baik adalah kancing bulat atau kancing bola (ball buttons) dan kancing bungkus.

Lubang Sengkelit pada Kebaya

 

Lubang Sengkelit pada KebayaLubang kancing sengkelit juga dapat digunakan sebagai variasi atau hiasan, baik diujung lengan, kerah saku, maupun tengah muka seperti yang sering terdapat pada pakaian orang cina. Rumah kancing ini dibuat sebelum belahan pakaian diselesaikan karena pipa dipasangkan di antara lapisan belahan.

Lubang Sengkelit pada Belahan Belakang

 

Lubang Sengkelit pada Belahan Belakang
Cara membuat lubang kancing sengkelit yaitu, gunting kain serong dengan ukuran lebar 1,5 cm dan panjang sesuai dengan keinginan. Kemudian lipat dua lebar kain serong dengan bagian buruk kain berada sebelah atas dan jahit mesin lebar pipa 0,3 s.d 0,5 cm. Selanjutnya pasangkan benang yang besar pada jarum tangan. Lajutkan dengan menusukkan jarum pada salah satu ujung
pipa sampai ujung terakhir (untuk membalikkan pipa). Lalu tarik jarum dan benang sehingga seluruh pipa dibalikan pada bahagian baik kain.

Membuat Lubang Kancing Sengkelit
 Membuat Lubang Kancing Sengkelit

Cara untuk membentuk pipa memakai tali yaitu, gunting kain serong dengan ukuran lebar diameter tali ditambah 2,5 cm. Potong tali dengan ukuran panjang dua kali panjang kain serong. Lipat dua lebar kain serong dengan bagian buruk kain berada sebelah atas. Masukkan tali diantara kain serong dan jahit mesin dengan menggunakan sepatu jahit khusus untuk menjahit tutup tarik. Rapikan dan kecilkan tiras. Tarik ujung tali sehingga semua pipa dibalikkan pada bagian baik kain.

Membentuk Pipa Memakai Tali


Membentuk Pipa Memakai TaliCara memasangkan sengkelit pipa pada belahan yaitu, buat dua buah garis paralel pada kertas pertama 0,6 cm dari pinggir dan kedua sama dengan ukuran diameter kancing. Buat dua buah garis melintang dengan ukuran sama dengan diameter kancing. Letakkan pipa pada garis paralel, kemudian berilaj jarum pentul pada kedua garis melintang untuk menentukan panjang pipa dan beri tanda. Potong pipa sesuai dengan tanda panjang yang sudah ditentukan, dan sejumlah yang dibutuhkan. Buat tanda tempat pemasangan pipa pada belahan pakaian. Pemasangan pipa ada yang rapat atau tidak berjarak antara pipa yang pertama dengan pipa yang lainnya dan ada yang diberi jarak, tergantung model. Letakkan pipa pada tempat yang sudah diberi tanda dan jahit dengan mesin pada tanda garis tengah belahan. Dempetkan bagian baik lapisan belahan diatas pipa dan jahit dengan mesin pada tanda garis tengah belahan. Bukakan kampuhnya dan pres. Balikkan lapisan kearah bagian dalam pakaian, dan jahit mesin garis sambungannya. Jahitkan pinggiran dalam lapisan dengan tusuk sum pada pakaian.

Memasangkan Sengkelit Pipa pada Belahan
 

Memasangkan Sengkelit Pipa pada BelahanCara tersebut sangat sederhana dan mudah dipraktekkan, anda bisa melakukaknnya sahabat   . Selamat menjahit dan semoga bermanfaat.

Tags: jahit baju, jahit baju batik, jahit baju online, buat baju, konveksi baju, butik baju batik, butik online, butik baju online, butik baju wanita, kursus jahit, pola busana, pola pakaian




Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara membuat lubang kancing dari bahan untuk kebaya

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang manajemen busana anak dan bayi, perkembangan bayi, klasifikasi busana bayi 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://  .com/article/read/jenis-lubang-kancing-sengkelit/

0 komentar:

Post a Comment