, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Pengertian Seni Kriya, Fungsi, Macam & Contoh Lengkapnya


Pengertian Seni Kriya, Fungsi, Macam & Contoh Lengkapnya

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 Pengertian Seni Kriya, Fungsi, Macam & Contoh Lengkapnya

seni kriya - Seni kriya adalah seni yang telah ada mulai sejak zaman dulu, menurut ilmuwan histori, seni ini telah ada mulai sejak zaman Neolitikum atau zaman batu. Di mana ketika itu telah banyak benda-benda buatan tangan.

Pengertian dari seni kriya tersebut yaitu seni yang di buat dari tangan tanpa mengurangi segi fungsional. Dengan begitu dapat disebutkan seni kriya ini seni yang komplit lantaran tidak hanya pemenuhan keperluan juga keindahan.

Dari sisi makna kata, kriya bermakna kerajinan tangan, dalam bahasa sansekerta dari kata akrya yang bermakna kerjakan. Bila dalam bahasa inggris bernama craft yang berarti bikin atau kerjakan.

Manfaat dari seni kriya tersebut bukan sekedar untuk terapan atau siap gunakan namun dapat juga buat hiasan serta mainan. Berikut ini ada bebarapa contoh seni kriya yang dapat anda tekuni.
Pengertian Seni Kriya
pengertian seni kriya dan contohnya
pengertian seni kriya dan contohnya
qolbunhadi.com

Arti seni kriya ini datang dari kata krya (bhs Sanskrta) yang bermakna ” mengerjakan‟, dari akar kata itu setelah itu beralih jadi kata kriya, karya, kerja.

Dalam artian artihusus yaitu, kerjakan suatu hal untuk merubah satu benda atau objek. Sedang pada pengertian lain, semua hasil pekerjaan termasuk bermacam keteknikannya diberi nama seni kriya. (Muncul Haryono, 2002).

Dalam bhs Indonesia kata kriya yaitu pekerjaan (kerajinan tangan). Sedang dalam bhs Inggris diberi nama craft yg memiliki kandungan makna kekuatan atau daya, pengertian lain satu keterampilan dapat di artikan kerjakan atau membuat suatu hal.

Arti itu termasuk juga keterampilan yang kerap dihubungkan pada profesi yang terlihat dalam pengrajin craftsworker.

Sebenarnya seni kriya seringkali ditujukan sebagai karya yg dihasilkan, sebab skill atau keterampilan satu orang ; sama dengan dijumpai kalau seluruhkerja & ekspresi seni memerlukan keterampilan.

Dalam persepsi kesenian yang berakar pada kebiasaan Jawa, di kenal sebutan kagunan. Didalam Kamus Bausastra Jawa, kagunan yaitu Kapinteran/Wudharing pambudi nganakake kaendahan-gegambaran/Yeyasan ingkang Adipeni, kidung ngukir-ukir.

Penjelasan itu memberikan posisi & utamanya keterampilan dalam bikin (merubah) benda keseharian, disamping wawasan & kepekaan (akan keindahan).

Oleh karena itu, satu karya (seni) dalam sistem penggarapannya tidak berdasar pada pada kepekaan & keterampilan yg baik (mumpuni), hingga tidak mau ada kesempatan untuk kita untuk nikmati karya itu yang disebut karya seni (I Made Bandem, 2002).

Biasanya seni kriya kerap ditujukan sebagai karya yang membuahkan skill atau ketrampilan seorang, seperti di kenali kalau ekspresi serta kerja seni memerlukan ketrampilan.

Persepsinya, kebanyakan orang mengartikan kalau, kesenian berakar pada kebiasaan Jawa yang di kenal dengan sebutan ” kagunan “.

Hingga, penjelasan ini memberikan posisi serta utamanya satu ketrampilan dalam merubah benda atau objek yang ada pada kehidupan keseharian, di samping pengetahuan bakal satu kepekaan indahnya karya seni. Terkecuali pengertian diatas, nyatanya ada pula manfaat seni kriya yang perlu anda tekuni. Tetapi, yang bakal kita ulas di sini yaitu mengetahui dengan cara detil, pembagian dari beberapa jenis seni kriya.

Fungsi Seni Kriya

Pada dasarnya, fungsi seni kriya yaitu seperti berikut

1. Hiasan (Dekorasi). Banyak hasil product dari seni kriya dipakai untuk benda pajangan. Seni kriya itu lebih memprioritaskan keindahan daripada manfaatnya hingga seni kriya type ini alami beragam pengembangan. Misalnya hiasan dinding, karya seni ukir, patung, cinderamata serta lain sebagainya..

2. Benda Terapan (Siap Gunakan). Seni kriya ini lebih memprioritaskan manfaatnya sebagai benda yang siap gunakan, nyaman, tetapi tak menyingkirkan unsur keindahannya. Misalnya senjata, furnitur, keramik serta lain sebagainya.

3. Benda Mainan. Mungkin saja kita kerap menjumpai seni kriya sebagai alat permainan yang umumnya dengan bentuk simpel serta bahan yang gampang diperoleh serta ditangani, dengan harga yang relatif murah. Misalnya yaitu boneka, kipas kertas, congklak dan lain-lain.
Beberapa jenis Seni Kriya

Yaitu satu kewajiban buat kamu yang ingin mengetahui lebih jauh tantang type satu karya dari bermacam jenis bentuk serta style yang dikeluarkan oleh seni kriya nusantara. Beberapa bahan karya itu segera diambil dari alam, semuanya di gunakan dengan baik. Dari semuanya seni kriya nusantara itu, banyak pula dari mereka beberapa pengrajin yang tetaplah menjaga macam hias tradisional sesuai sama tuntutan pasar.

Beberapa jenis bahan yang umum di pakai dari seni karya yaitu seperti berikut :
1. Kriya Kayu
tumbusapa.com
tumbusapa.com
tumbusapa.com

Kriya kayu ini adalah kerajinan yang menggabungkan pada manfaat serta seni keindahan. Rata-rata memanglah semakin banyak ke seni atau hiasan, namun juga banyak untuk manfaat.

Dalam pelaksanaan seni kriya kayu ada beberapa bagian yang perlu dilewati, bila anda ingin belajar seni ini pasti mesti belajar dari bagian pemula.
2. Kriya Keramik
carajuki.com
carajuki.com
carajuki.com

Keramik adalah benda yang terbuat dari tanah liat. Teknik bikin keramik begitu beragam ada yang dengan teknik bikin, lempeng, pijit serta pilin. Tak lupa juga di beri hiasan.

Untuk mengoptimalkan pembuatan ini, sesudah kering keramik mesti dibakar dengan suhu spesifik supaya prima.

Manfaat keramik ini dapat berbagai, dari mulai untuk pot bunga, guci dan sebagainya. Serta sangat banyak di sebagian kota di jawa yang menghasilkan keramik ini.
3. Kriya Tekstil
like-seni.blogspot.com
like-seni.blogspot.com
like-seni.blogspot.com

Seni kriya tekstil di Nusantara terbagi menjadi seni batik dan tenun. Walaupun sebenarnya sangat luas dalam seni kriya tekstil ini.
4. Kriya Kayu
Seni Kriya Kayu
Seni Kriya Kayu
enibudaya.wordpress.com

Kriya kayu yaitu satu bagian seni kriya yang pekerjaannya bikin benda atau mempunyai nilai fungsional ataupun hiasan yang memakai beberapa bahan basic kayu.

Dalam kriya kayu ada arti basic yang umum jadi pekerjaan untuk tingkat pemula, satu permualaan yang perlu di kuasai.

Lantaran sangat banyak kerajinan yang terbuat dari kayu, salah satunya seperti wayang golek, furniture, topeng, patung, serta hiasan ukiran-ukiran kayu yang lain.
5. Seni Kriya Tekstil
Kriya Tekstil dari Kain.
Kriya Tekstil dari Kain.
like-seni.blogspot.com

Arti kriya tekstil mempunyai cakupan yang cukup luas, lantaran meliputi beragam type kain yang di buat, tak tahu itu lewat cara ditenun, diikat serta beragam langkah lain yang di kenal waktu sistem pembuatan kain.

Biasanya kain di buat dari serat dipintal atau di pilin, hingga bisa membuahkan benang panjang yang dapat dirajut atau ditenun serta membuahkan kain yang membuat barang jadi.

Semuanya terarah, baik itu dari struktur ketebalan kainnya, jumlah serat, kandungan pilihan, rajutan serta macam dalam tenunan. Di situlah aspek yang memengaruhi terwujudnya kain yang tidak terhitung type jenisnya.

Keragaman karya seni tekstil dapat diliat dari tehnik, type, macam hias, serta bahan yang dipakai. Type kriya tekstil di nusantara dapat digolongkan jadi dua, yakni karya tenun serta karya batik.
6. Kriya Keramik
Seni Kriya Keramik
Seni Kriya Keramik
kosakatania.wordpress.com

Beberapa bahan basic pembuatan keramik yaitu tanah liat. Benda yang di bentuk juga bermacam tetapi, tetaplah sesuaikan pada tiap-tiap bentuk yang bakal di proses, diantaranya lewat tehnik lempeng, pilin, pijit serta umum yang kita ketahui itu yaitu tehnik bikin.

Apabila keramik sudah terbentuk, dari mulai sistem pengeringan serta dibakar dengan suhu spesifik, umumnya segera di beri hiasan. Lantaran keramik, di produksi sebagai penghias dalam tiap-tiap benda yang ada atau benda siap gunakan dengan macam jenis bentuk umpamanya, pot bunga, vas bunga, guci serta lain sebagainya.

Terdapat banyak daerah penghasil keramik yang menyebar luas di Nusantara, yakni kota Malang, Yogyakarta, Purwokerto serta Cirebon.
7. Kriya Logam
Seni Kriya Logam
Seni Kriya Logam
ilhamkhoiri.wordpress.com

Kriya logam yaitu seni kriya yang spesial memproses logam jadi jenis benda kerajinan. Langkah mengolanyapun tak demikian susah (rumit), cuma mengecor logam sampai jadi panas lantas di bikin lewat cetakan.

Contoh umum yang umum kita kenali mengenai karya logam yaitu perak, besi, perunggu, emas, almunium, tembaga, serta kuningan.

Begitu juga pada product yang dihasilkan, umpamanya perhiasan perak, emas senta tajam, patung dari perunggu, peralatan rumah tangga serta umumnya untuk alat musik gamelan. Bahkan juga telah banyak kriya logam yang di buat dengan beragam jenis veriasi.

Yang butuh kita kenali, ada dua tehnik langkah bikin karya dari seni kriya logam, Yakni tehnik bivalve serta tehnik a cire perdue.

    Tehnik bivalve atau setangkap, yakni satu langkah dengan memakai cetakan yang di tangkupkan pada cetakan logam, hingga sesudah dingin, cetakan itu dapat dibuka serta membuahkan cetakan sesuai sama yang kita kehendaki.
    Sedang tehnik a cire perdue atau cetakan lilin, yaitu dengan langkah bikin bentuk benda dari lilin sesuai sama yang kita kehendaki. Bila telah bikin jenisnya, cetakan jenis lilin itu segera ditutup dengan memakai tanah, lalu dibuatkan lubang dari atas serta di bawahnya. Kemudian cetakan dibakar, hingga lilin yang terbungkus dengan tanah sampai mencair, serta bakal keluar lewat lubang sisi bawah. Setelah itu lewat lubang sisi atas dimasukkan pada cairan perunggu. Bila telah dingin, cetakan itu dapat segera dipecah hingga keluarlah benda yang dikehendaki.

8. Kriya Kulit
Seni Kriya Kulit
Seni Kriya Kulit
kriyalea.com

Kriya kulit yaitu type karya seni yang bahan bakunya dari kulit. Kulit yang dipakai juga beragam, dari mulai kulit sapi, kerbau, kambing, ular serta buaya. Tetapi sebelumnya digunakan, terlebih dulu kulit mesti alami sistem pemrosesan yang panjang.

Dari mulai pembelahan dari daging beserta kulitnya, pembersihannya, pencucian pada cairan spesifik, pewarnaan dengan warna yang dikehendaki, perendaman dengan zat kimia spesifik (penyamakan), pengeringan, penghalusan serta perentangan agar tak mengkerut.

Sesudah lewat sebagian bagian itu, kulisa dapat di segera dipotong-potong sesuai sama ukuran yang ditetapkan.

Hasil kriya kulit nanti dapat berbentuk sepatu, tas, baju (jaket), wayang kulit, dompet, tempat HP, ikat pinggang, alat musik rebana serta sebagian type olahan benda yang lain.

Daerah penghasil kriya kulit santreo yang paling dikenal diantaranya Garut, Yogyakarta, serta Bali.
9. Kriya Batu
Seni Kriya Batu
Seni Kriya Batu
kendarikreatif.com

Nyatanya batu juga mempunyai karya seni yang mempunyai nila tinggi. Dari teksturnya yang keras serta condong kaku untuk dibuat, nyatanya bisa di proses jadi satu seni karya yang indah.

Satu diantara kerajinannya datang dari daerah Sukaraja, Sukabumi. Di daerah ini bisa di temui beragam material batu yang telah di proses jadi hiasan dekorasi tempat tinggal.

Terdapat beberapa jenis bentuk kerajinan dari batu-batu itu, salah satunya batu fosil, jesper, akik serta batu-batu permata yang lain yang dibuat jadi hiasan dengan motif flora serta fauna.

Pada saat lain kita bakal coba membagikan dengan cara lebih detil (terang) satu persatu dari beragam type contoh seni kriya diatas, mudah-mudahan ada peluang hingga dapat bersua lagi di lain waktu.

Terimakasih atas kunjungan, mudah-mudahan berguna


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  seni kriya

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang 20 Model Baju Batik Guru Terbaru 2017. Modis & Cantik! 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.lahiya.com/pengertian-seni-kriya/

0 komentar:

Post a Comment