, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Teknik Menjahit Depun, Serip dan Rompok

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Teknik Menjahit Depun, Serip dan Rompok

 Teknik Menjahit Depun, Serip dan Rompok



apa yang di maksud dengan depun serip dan rompok - Menjahit depun, serip dan rompok pada umumnya dipakai untuk penyelesaian leher, kerung lengan, dan sebagainya, antara lain:

1) Depun
 Depun yaitu lapisan menurut bentuk yang letaknya kedalam kelim depun dapat diartikan melapis/mengelim pinggiran kain dengan menggunakan kain lain yang sama bentuknya atau (sama sebangun), jika yang akan dilapisi bundar maka depaunya bundar juga, dan bila segi empat depunnya segi empat juga. Dengan lebar keliman 3 atau 4 cm atau sesuai keinginan tapi harus diseimbangkan. Caranya sebagai berikut :
a) Gunting depun sesuai dengan bentuk yang akan didepun (leher).
b) Letakan baik depun berhadapan dengan baik busana kemudian dijahitkan tepat pada garis pola dengan bantuan jarum pentul atau jelujuran
c). Rapikan tiras dan diretak-retak sampai batas jahitan dengan jarak 1 s.d 2 cm.
d). Tindih dari atas depun dan arahkan tiras ke depun.
e). Pinggir depun di som dengan mengobras terlebih dahulu atau melipatkan kedalam 2 cm

2) Serip
 Serip yaitu lapisan menurut bentuk/kain serong yang hasil lapisannya menghadap keluar. Serip berfungsi untuk penyelesaian pinggiran busana, disamping itu serip juga berfungsi untuk hiasan atau fariasi bagian busana. Serip sering dipakai pada garis leher, kerung lengan, ujung lengan, ataupun pinggir/bawah rok. Warna kain yang digunakan untuk serip, bisa kombinasi atau kain yang warnanya sepadan (serasi). Cara menjahitnya:
a) Tehnik menjahit serip sama dengan menjahit depun, tapi serip hasilnya menghadapnya keluar dan kalau depun hasilnya menghadap kedalam. Teknik meletakan bahan, waktu pemasangan serip kain bagian baik menghadap ke bagian buruk busana kemudian dijahit pada garis pola.
b) Tiras jahitan dirapikan dan digunting-gunting kecil/halus dengan menggunakan ujung gunting.
c) Kampuh dijahit dengan posisi tiras diarahkan ke luar (kampuh terjahit).
d) Dibalikan (diarahkan keluar) dan di pres dengan seterika agar rapi
e) Penyelesaian serip setelah dilipatkan kedalam lebih kurang 0.5 cm dijahit pada pinggir.

3) Rompok
 Rompok adalah penyelesain pinggir pakaian dengan menggunakan kumai serong atau bisban. Rompok sering digunakan untuk menyelesaikan lingkar kerung lengan, garis leher dan sebagainya. Besarnya hasil rompok untuk lingkar kerung lengan adalah 0.5 s.d 0.7 cm yang tampak dari bagian baik dan bagian buruk. Kumai serong didapat dengan menggunting bahan (kain) dengan arah serong (diagonal) dengan cara melipat bahan/kain dengan sudut 45 derjat dengan lebar lebih kurang 2.5 cm. Sedangkan bisban dapat dibeli di pasaran. Bisban tersedia dengan bermacam-macam warna.
a) Cara membuat kumai serong, kain dilipat dengan sudut 45 derajat, diukur sesuai dengan lebar yang diinginkan, lalu digunting sesuai dengan tanda.
b) Cara menyambung kain serong berbeda dengan kain lurus. Menyambung kain serong harus sesuai dengan arah benang.
c) Kegunaan rompok, selain untuk penyelesaian pinggiran pakaian, juga dipakai sebagai variasi atau hiasan pakaian yang biasa dipakai pada bagian leher, kerung lengan, ujung lengan, pada garis princes, garis empire atau pada kerah.
d) Cara menjahitkan rompok pada garis leher sebagai berikut :
 Tempat memasangkan rompok pas pada tanda pola
1) Jahitkan kain serong pada pinggir yang akan dirompok lebih kurang 0.6 cm dari bagian baik, bagian baik bahan berhadapan, dan rapikan bis sesuai lebar yang diinginkan
2) Dilipatkan kedalam dengan lebar yang diinginkan dan dibagian dalam tiras kain serong dilipatkan melebihi batas rompok sebesar 1 mm


 Macam-Macam Cara Penyelesaian Tepi Busana

     Penyelesaian Dengan Depun

Depun yaitu lapisan menurut bentuk yang letaknya kedalam kelim depun dapat diartikan melapis/mengelim pinggiran kain lain yang sama bentuknya atau (sama sebangun), jika yang akan dilapisi bundar maka depunnya bundar juga, dan bila persegi empat depunnya segi empat juga. Dengan lebar keliman 3 atau 4 cm atau sesuai keinginan tapi harus diseimbangkan.

    Penyelesaian Dengan Serip

        Serip yaitu lapisan menurut bentuk/kain serong yang hasil lapisannya menghadap keluar. Serip berfungsi untuk penyelesaian pinggiran busana, disamping itu serip juga berfungsi untuk hiasan atau variasi bagian busana. Serip sering digunakan pada garis leher, kerung lengan, ujung lengan ataupun pinggiran/bawah rok. Warna kain yang digunakan untuk serip, bisa kombinasi atau kain yang warnanya sepadan (serasi). Teknik menjahit serip sama dengan depun, tapi serip hasilnya menghadap keluar dan depun hasilnya menghadap kedalam.

              Penyelesaian Dengan Rompok

Rompok adalah penyelesaian pinggir pakaian dengan menggunakan kumai serong atau bisban. Rompok sering digunakan untuk menyelesaikan lingkar kerung lengan, garis leher dan sebagainya. Biasanya hasil rompok untuk kerung lengan adalah 0,5 sampai dengan 0,7 cm yang tampak dari bagian baik dan bagian buruk.
Kumai serong didapat dengan menggunting bahan (kain) dengan arah serong (diagonal) dengan cara melipat bahan/kain dengan sudut 45 derajat dengan lebar, sedangkan bisban dapat dibeli dipasaran. Bisban tersedia dengan bermacam-macam warna.

a.   Cara membuat kumai serong,kain dilipat dengan sudut 45 derajat, diukur sesuai dengan lebar yang diinginkan, lalu digunting sesuai dengan tanda.
b.   Cara menyambung kain serong berbeda dengan kain lurus. Menyambung kain serong harus sesuai dengan arah benang.
c.   Kegunaan rompok, selain untuk penyelesaian pinggiran pakaian, juga dipakai sebagai variasi atau hiasan pakaian yang biasa dipakai pada bagian leher, kerung lengan, ujung lengan, pada garis princes, garis empire atau pada kerah.
d.   Cara menjahit rompok pada garis leher sebagai berikut : tempat memasangkan rompok pas pada tanda pola.


Penyelesian Dengan Depun
Depun Pada Garis Leher
Langkah-langkahnya :
Ø Siapkan bahan yang telah dipotong sesuai dengan pola.
Ø Gunting depun sesuai dengan bentuk yang akan didepun (leher).
Ø Beri viseline pada depun.
Ø Letakkan baik depun berhadapan dengan baik busana kemudian dijahitkan tepat pada garis pola dengan bantuan jarum pentul atau jelujuran.
Ø Rapikan tiras dan diretak-retak sampai batas jahitan dengan jarak 1-2 cm.
Ø Jahit tindas dari atas depun dan arahkan tiras kedepun.
Ø Pinggir depun disom dengan mengobras terlebih dahulu atau melipatkan kedalam 2 cm.
Ø Hasil jadi depun dari bagian baik.
Depun Pada Garis Leher

Penyelesaian Dengan Serip
Serip Pada Kerung Lengan
Langkah-langkahnya :
Ø Siapkan bahan yang dipotong sesuai dengan pola.
Ø Gunting serip sesuai dengan bentuk yang (leher).
Ø Beri viseline pada serip.
Ø Letakkan bahan, waktu pemasangan serip kain bagian baik menghadap ke bagaian buruk busana kemudian dijahit pada garis pola.
Ø Tiras jahitan dirapikan dan digunting-gunting kecil/halus menggunakan ujung gunting.
Ø Kampuh dijahit dengan posisi tiras diarahkan keluar (jahit tindas).
Ø Dibalikan (diarahkan keluar) dan dipres dengan setrika agar rapi.
Ø Penyelesaian serip setelah dilipatkan kedalam lebih kurang 0,5 cm dijahit pada pinggir.

 Serip Pada Kerung Lengan

Penyelesaian Dengan Rompok
Langkah-langkahnya :
Ø Siapkan bahan yang sudah dipotong sesuai dengan pola.
Ø Gunting kain serong dengan ukuran panjang lingkar leher.
Ø Jahitkan kain serong pada pinggir yang akan dirompok lebih kurang 0,6 cm dari bagian baik, bagian baik berhadapan, dan rapikan sesuai lebar yang diinginkan.
Ø Dilipatkan ke dalam dengan lebar yang diinginkan dan dibagian dalam tiras kain serong dilipatkan melebihi batas rompok sebesar 1 mm.
Ø Hasil jadi rompok.




Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  apa yang di maksud dengan depun serip dan rompok

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Ide Kreatif Memanfaatkan Celana Jeans

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://mode.ok-rek.com/2012/12/teknik-menjahit-depun-serip-dan-rompok.html

0 komentar:

Post a Comment