Tips dan Trik Menjahit Kain Kaos

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Tips dan Trik Menjahit Kain Kaos


cara menjahit t shirt - Menjahit kain berbahan kaos (stretch) itu bagi saya bagaikan jinak-jinak merpati. Karena bahannya yang lentur dengan tingkat elastisitas yang berbeda-beda pada setiap jenis kain stretch, maka kita harus benar-benar mengerti sela dan triknya agar hasil jahitan bisa menjadi rapi seperti menggunakan mesin jahit high speed maupun overdeck.

Awalnya, saya kira setelah mempunyai mesin jahit portable rumahan maka saya bisa dengan mudah menjahit bahan apa saja sesuka hati. Ternyata saya salah besar. Karena pada saat saya mencoba untuk menjahit jilbab menggunakan kain berbahan spandex ternyata hasil jahitannya lumayan, ya lumayan kacau. Akhirnya pada saat dapat orderan jadi kelabakan deh setengah mati. Hiks, sedihnya itu di sini loh, di lubuk hatiku yang terdalam. :(

Permasalahan yang seringkali terjadi saat menjahit kain kaos yaitu :
1. Jahitan loncat-loncat, sehingga jarak antar jahitan terlihat tidak rapi.
2. Tidak terjahit, biasanya terjadi pada kain stretch yang licin seperti lycra, spandex sutra, dll.
3. Jahitan renggang, sehingga jahitan benang terlihat tidak rapat.
4. Benang mudah putus

Pasti kalian juga pernah mengalami kendala yang sama seperti yang disebutkan di atas saat menjahit kain yang berbahan dasar stretch. Berbagai usaha saya coba baik bertanya melalui si mbah Google bahkan sampai saya bela-belain keliling toko perlengkapan jahit, cerita lengkapnya lihat di sini.

Berdasarkan info yang saya dapat dari si mbah Google dan mantengin si mbakYou-tube, ternyata ada mesin jahit khusus untuk menjahit kain kaos yaitu mesin jahit overlock. Namun mesin jahit ini lebih dikhususkan untuk menjahit pakaian, karena memang biasa disebut sebagai mesin obras kaos. Jadi jahitan yang dihasilkan adalah menjahit sekaligus mengobras kampuh kain seperti yang ada di t-shirt itu. Nah kalau sekedar untuk menjahit saja misalnya membuat kelim tindas seperti pada jilbab berbahan kaos, terutama berbentuk pashmina instan, mesin jahit overlock ini tidak begitu dibutuhkan. Cukup menggunakan mesin jahit industri (high speed), dengan dinamonya yang besar sehingga menjahit dengan kecepatan tinggi maka akan membuat hasil jahitan pada kain kaos tetap stabil dan rapi.
- mesin jahit kaos



Lalu bagaimana dengan nasib si mesin jahit rumahan saya, apa harus ganti mesin jahit high speed? Eits tenang, kita masih bisa loh menjahit kain kaos menggunakan mesin jahit portable. Berikut adalah beberapa tips dan trik dalam menjahit kain kaos menggunakan mesin jahit rumahan :

Gunakan ballpoint needle / jarum khusus
Ini adalah tips yang paling ampuh untuk menjahit kain kaos agar terlihat rapi dan bebas dari jahitan loncat-loncat. Jenis jarum ballpoint needle / jersey needle ini termasuk jenis jarum khusus, dimana jarum ini memang diproduksi khusus untuk menjahit bahan kain yang bersifat stretch/elastis misalnya bahan untuk membuat kaos seperti cotton combed, maupun bahan untuk membuat jilbab seperti rayon spandex dan jersey.
- menjahit kaos sendiri
Karena jenisnya bukan bersifat universal maka jarum ini akan sedikit susah didapatkan di toko offline, sehingga kita lebih mudah mendapatkannya di beberapa toko online dan tersedia dalam berbagai merk. Karena merupakan jenis jarum khusus maka harga ballpoint needle ini cukup mahal jika dibanding dengan jarum universal pada umumnya.

cara menjahit kaos dengan mesin jahit biasa

Beri alas kertas pada kain kaos
Karena harga ballpoint needle yang relatif mahal dan susah didapatkan, namun jangan khawatir karena masih ada tips yang satu ini. Meskipun terbilang kurang efektif dan sedikit ribet, akan tetapi cara ini masih sering digunakan.
Kita masih tetap bisa menggunakan jarum jahit biasa (universal) untuk menjahit kain kaos namun dengan cara memberi alas kertas pada bagian bawah kain kaos yang akan dijahit. Letakkan kertas yang tidak terlalu tebal tepat di area jalur jahitan pada bagian bawah kain, sehingga nantinya kertas alas ini juga ikut terjahit. Dan setelah jahitan telah selesai, maka lepaskan kertas tersebut dari jahitan dengan cara disobek secara perlahan agar tidak merusak tekstur jahitan. Untuk menjahit kain kaos dengan cara ini umumnya menggunakan jarum jahit nomor 14.

- tutorial menjahit untuk pemula
Regangkan kain kaos saat menjahit
Selagi menjahit, kita juga perlu memegang kain kaos sekaligus sedikit meregangkan dengan cara tangan kanan agak menarik kain kaos berlawanan dengan arah jahitan ( ke arah belakang/penjahit). Tips ini perlu dilakukan agar kain kaos yang terjahit masih bisa meregang dan tidak terlalu terikat oleh jahitan benang. Sehingga jika kain kaos meregang saat dipakai maka jahitan juga ikut meregang dan tidak putus.


Atur tension/tegangan benang
Biasanya hal yang saya lakukan saat menjahit kain kaos terutama yang berbahan dasar spandex adalah dengan menambahkan setingan tension benang. Lakukan percobaan pada kain kaos perca terlebih dahulu. Naikkan tegangan benang beberapa digit, cobalah sesuaikan hingga jahitan benang pada bagian atas terlihat tidak terlalu renggang.
- cara membuat pola kaos

Atur tekanan sepatu mesin jahit
Selain itu tekanan sepatu mesin jahit juga berpengaruh pada kualitas jahitan kain kaos. Atur tekanan sepatu mesin jahit agar tidak terlalu kuat menekan kain kaos, selain itu juga sesuaikan dengan tingkat kelenturan kain. Karena semakin elastis tingkat kelenturan kain, maka kain kaos akan semakin licin (mudah bergerak ke kanan/kiri) untuk dijahit jika tekanan sepatu mesin jahit terlalu kuat.
- cara membuat kaos

Pakai benang jahit yang berkualitas
Tips yang satu ini perlu dilakukan agar benang tidak mudah putus. Benang yang berkualitas tingkat ketegangannya lebih lentur sehingga bisa menyesuaikan pada jenis kain yang dijahit. Selain itu benang yang baik juga teksturnya lebih rata dan tidak banyak serabut sehingga lebih kuat. Karena berdasarkan pengalaman setelah mengganti benang yang lebih bagus, bukan hanya benang yang menjadi tidak mudah putus saat menjahit kain kaos namun hasil jahitan juga lebih rapi dan rapat.
- cara menjahit kaos oblong

Hasil jahitan pada kain rayon spandeks, jadi rapi kan? :)
- cara menjahit bahan jersey
Kurang lebih begitulah tips dan trik yang dapat dilakukan untuk memudahkan dalam menjahit kain kaos menggunakan mesin jahit rumahan agar jahitan menjadi bagus. Cara ini tidak hanya dapat digunakan di mesin jahit portable (multifungsi), namun juga dapat dilakukan pada mesin jahit hitam (manual). Tentunya cara di atas saya jabarkan berdasarkan pengalaman dan informasi yang saya dapatkan. Semoga membantu ya. :)

Happy sewing... ^^



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara menjahit t shirt

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang cara memasang dan menggunakan alat lubang kancing 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://jemariayumna.blogspot.co.id/2016/01/tips-dan-trik-menjahit-kain-kaos.html

cara memasang dan menggunakan alat lubang kancing

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
cara memasang dan menggunakan alat lubang kancing


cara membuat lobang kancing secara manual di mesin jahit kain - Alat pelubang kancing atau button holler merupakan aksesoris tambahan pada mesin jahit, dengan memasang alat ini maka mesin jahit bisa di fungsikan untuk membuat lubang kancing. Anda bisa membeli alat ini di toko peralatan menjahit atau di toko mesin jahit, untuk harga bervariasi biasanya tergantung pedagang dan merk nya.
- cara membuat lubang kancing dengan mesin jahit butterfly
Jika saat ini Anda  tidak mempunyai mesin khusus untuk membuat lubang kancing,  maka membeli alat ini merupakan pilihan yang tepat, karena di samping harganya yang terbilang murah yaitu hanya sekitar 100 ribuan, lubang kancing yang di hasilkan nya juga bagus, kekurangan dari alat ini adalah mudah rusak, biasanya di akibatkan dari pemasangan dan pemakaian yang tidak benar. Jika pemasangan dan pemakaiannya benar maka alat ini bisa awet juga, seperti alat lubang kancing yang saya miliki sudah berumur sekitar 6 tahun.





Pemasangan alat ini sendiri terbilang mudah untuk di lakukan, kita cukup membuka beberapa bagian pada mesin jahit yaitu sepatu mesin, kemudian memasangnya maka selanjutnya alat ini sudah bisa di gunakan membuat lubang kancing, ukuran panjang dari lubang kancing yang di hasilkan bisa di rubah sesuai dengan kebutuhan, tersedia 6 buah cetakan berbeda ukuran, dari mulai dari ukuran paling kecil yaitu 1 cm dan paling besar 2.4 cm, untuk ukuran 1 cm biasanya untuk kancing kemeja kecil yang ada pada daun kerah, ukuran 1.2 cm untuk kancing kemeja bagian depan,  ukuran 1.6 cm untuk kancing celana dan ukuran 2.4 cm untuk kancing jas.
 

- membuat lubang kancing menggunakan tusuk

Jika ingin merubah ukuran cetakan lubang kancing yang dihasilkan, maka yang harus kita lakukan adalah dengan mengeluarkan cetakan lama yang masih ada di dalam alat ini dengan cara menyodok bagian belakang alat ini menggunakan sendok gepeng yang sudah di sediakan sampai terdengar bunyi  lalu tarik keluar.




Selanjutnya pasang cetakan lubang kancing dengan ukuran lainnya dengan cara memasukannya sampai terdengar bunyi juga. Pada saat tidak ada cetakan di dalam alat ini jangan memutar kenop yang berada di bagian atas alat ini, karena posisi gigi di bagian dalamnya akan bergeser dan tidak akan bisa di pasangi cetakan.
- cara membuat lubang kancing dengan mesin janome
Sedangkan untuk proses pemasangan alat ini pada mesin jahit, langkah-langkah pengerjaannya adalah sebagai berikut:
- mesin lubang kancing portable
•    Pertama masukan besi tutup runner sampai menutupi runner dengan sempurna, pastikan lubang jarum terlihat dan tidak tertutupi oleh besi tersebut.

 


cara membuat lubang kancing dengan tangan
•    Masukan bagian depan alat lubang kancing ke alu-alu dan besi sepatu pada mesin jahit

 

•    Pasang baut pada besi sepatu untuk mengunci agar tidak berubah posisinya saat alat ini di jalankan
- cara memperbaiki mesin lubang kancing



•    Putar tombol yang berada di bagian atas alat lubang kancing untuk mengatur posisi mulai pelubangan. Biasanya pada posisi paling atas.
- mesin itik kancing




•    Selanjutnya turunkan besi sepatu dan mulai jalankan mesin jahit tanpa perlu memegangi nya, secara otomatis mesin ini akan berjalan sendiri membuat lubang kancing

 

•    Dan hasil akhir dari pelubangan akan tampak seperti gambar berikut ini.

 


- mesin lubang kancing ys star

Selanjutnya tinggal sobek kain bagian dalam dari lubang kancing yang sudah di hasilkan dengan menggunakan pendedel, gunting atau pun silet dan proses pengerjaan pun selesai.



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara membuat lobang kancing secara manual di mesin jahit kain

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Tutorial Cara Membuat Rok Kerut dengan pinggang karet 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://penjahitgoblog.blogspot.co.id/2016/06/cara-memasang-dan-menggunakan-alat.html

 Tutorial Cara Membuat Rok Kerut dengan pinggang karet

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Tutorial Cara Membuat Rok Kerut dengan pinggang karet

cara bikin rok payung bayi - Cara membuat rok kerut dengan benang karet ini gak terlalu susah kok, termasuk untuk penjahit pemula (kaya aku). Yuk mari kita buat. Pertama-tama kita siapkan bahannya yaitu kain untuk bagian luar dan kain untuk lapisan bagian dalam. Aku make masing-masing satu meter.
Ukur dulu bagian pinggangnya pake meteran. Punyaku ini sizenya 84 cm (gede yah! yah maklum abis melahirkan *cari alasan*) trus ukur juga mau panjangnya berapa. Aku suka roknya pas selutut jadinya 54cm. Lalu potong kainnya sesuai ukuran tadi. - cara membuat pola rok rempel Punyaku jadinya 84 cm x 54 cm.Potong masing-masing 2 pcs untuk bagian depan dan belakang. Jadi ada 4 potongan. 2 potong kain bagian depan dan 2 potong kain untuk lapisan dalam. Jangan lupa ditambahin 1,5 cm untuk jahitan. Dan kain bagian dalamnya juga dipendekin 10 cm, gak mau dong nanti kain bagian dalamnya "balapan" ama luarnya hehehe..
Oya buat yang nanya kok potong kainnya 2 x 84 cm kan jadinya gede banget nanti.. hmmm aku memang sengaja buat begitu supaya kainnya jadi 2 kali lipat dan nantinya akan mengkerut jadi setengahnya setelah dijahit.
- cara membuat rok panjang sendiri
Lalu sambung masing-masing kain sehingga didapat kain yang panjangnya 2 kali lipat ukuran pinggang. Habis itu jahit jadi satu bagian dalam dan luarnya. Dan jangan lupa jahit juga bagian bawah rok supaya ujung-ujung kainnya gak keliatan kalau mau dineci juga boleh.

Siapkan benang karet. Ada 2 jenis benang karet dijual dipasar. ada yang keci ukurannya 0.5 mm dan ada juga yang besar ukuran 1mm. Seperti foto dibawah ini. Aku pake yang ukuran 1 mm warna item biar lebih mantap kerutannya :-)
Untuk menjahit dengan benang karet, kita harus ngegulung sendiri benangnya dispool, jadi jangan digulung mesin. Kenapa? gak tau juga ya, kalo digulung mesin suka gak bisa :-(
Jadinya kaya foto diatas, dan tinggal dipasang aja seperti masang benang jahit biasa di mesin jahitnya
Setelah itu jahit dibagian atas roknya dengan kain bagian luar menghadap keatas. Jangan lupa ujung2nya dijahit maju mundur dikit supaya karetnya gak cepet lepas.

Nah seperti foto diatas, bagian yang sudah dijahit akan berkerut-kerut. Terus aja jahit sampai ujung, kemudian buat jahitan baru lagi dibawah jahitan yang tadi.

Karena kainnya sekarang sudah berkerut, untuk jahitan kedua mesti agak ditarik supaya kerutannya gak ikut kejait. Supaya rapi sih bisa dibuat garis-garis dulu kali ya, tapi karna aku agak males, aku cuma pake panduan ujung sepatu mesin jahit disamping jahitan yang pertama, seperti foto diatas.
- cara membuat pola rok lebar
Silahkan diulangi proses menjahit ini sampe nemu jumlah kerutan yang pas sesuai kesukaan masing-masing kali ya. Aku ngebuat sekitar 8 baris supaya agak tebal. - pola rok setengah lingkaran
Semakin banyak baris jahitan yang dibuat semakin agak susah ngelurusin pas ngejahitnya karena kerutannya sudah semakin banyak.  Tapi jangan menyerah ya, pelan-pelan aja n kalo ada yang gak rapi gapapa karna nantinya akan berkerut jadi gak terlalu keliatan.
- cara membuat pola rok kembang payung
Taraaaa. kalo sudah jadi bentuknya kaya gini
Tampak Depan

Tampak Belakang
Close up kerutannya dari depan

close up kerutannya bagian dalam
- cara membuat pola rok panjang wanita Kalau sudah selesai bikin kerutan, jangan lupa ganti benang yang di spoolnya dengan benang biasa, lalu sambung bagian samping rok supaya jadi rok. bisa juga diobras bagian jahitannya biar rapi, atau dijait zigzag pinggirnya.
Selesai.. roknya sudah jadi, gak terlalu sulit kan...
- cara membuat pola rok klok Sekarang waktunya jalan jalan pake rok baru. Yay!




Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara bikin rok payung bayi

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Jenis Jenis Limbah dan Daur Ulang Limbah Serta Manfaatnya 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://myutary.blogspot.co.id/2011/09/tutorial-cara-membuat-rok-kerut-dengan.html#.WIMC-7lKLIU

 Jenis Jenis Limbah dan Daur Ulang Limbah Serta Manfaatnya

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Jenis Jenis Limbah dan Daur Ulang Limbah Serta Manfaatnya


produk limbah dan fungsi kegunaannya - PENGERTIAN LIMBAH.

    Limbah adalah benda yang dibuang, baik berasal dari alam ataupun dari hasil proses teknologi. Limbah dapat berupa tumpukan barang bekas, sisa kotoran hewan, tanaman, atau sayuran.

    Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga, yang lebih dikenal sebagai sampah), yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis.

Karakteristik Limbah :

    Berukuran mikro
    Dinamis
    Berdampak luan (penyebarannya)
    Berdampak jangka panjang (antar generasi)

Faktor yang mempengaruhi kualitas limbah adalah :

    Volume limbah
    Kandungan bahan pencemar
    Frekuensi pembuangan limbah

JENIS-JENIS LIMBAH
- aneka karya kerajinan limbah tekstil dan fungsinya
Berdasarkan sumbernya limbah digolongkan menjadi :
1.    Limbah Organik yang mudah busuk.
Misainya , sisa sayuran, sisa makanan, dedaunan, potongan rumput, dan kotoran hewan
2.    Limbah Organik yang tidak mudah membusuk.
Misalnya , kertas dan kayu
3.    Limbah Anorganik.
Misainya, plastik, pecahan kaca, karet, kaca, botol, dan besi.
4.    Limbah berbahaya.
Misalnya, paku, bekas lampu neon, sisa racun tikus atau serangga, obat kadaluarsa dan batu baterai bekas.
Berdasarkan sifatnya, limbah dibedakan menjadi dua golongan :
contoh kerajinan limbah tekstil dan cara membuatnya
    Limbah yang dapat mengalami perubahan secara alami (degradable waste = mudah terurai). Yaitu limbah yang dapat mengalami dekomposisi oleh bakteri dan jamur, seperti daun-daun, sisa makanan, kotoran, dan lain-lain.
    Limbah yang tidak akan / sangat lambat mengalami perubahan secara alami (nondegradable waste = tidak dapat terurai). Misalnya, plastik, kaca, kaleng, dan sampah sejenisnya.

Berdasarkan karakteristiknya, limbah dapat digolongkan menjadi 4 macam, yaitu :
- fungsi karya kerajinan tekstil
    Limbah cair
    Limbah padat
    Limbah gas dan partikel
    Limbah B3 (Bahan Brebahaya dan Beracun)
- fungsi kerajinan limbah tekstil
Limbah cair
Limbah cair adalah sisa dari suatu hasil usaha atau kegiatan yang berwujud cair (PP 82 thn. 2001).
Jenis-jenis limbah cair dapat digolongkan berdasarkan pada :
1.    Sifat Fisika dan sifat Agregat.
Keasaman sebagai salah satu contoh sifat limbah dapat diukur dengan menggunakan metoda Titrimetrik.
2.    Parameter logam.
Contohnya, Arsenik (As) dengan metoda SSA
3.    Anorganik non Metelik.
Contohnya, Amonia (NH3-N) dengan metoda Biru Indofenol
4.    Organik Agregat.
Contohnya, Biological Oxygen Demand (BOD)
5.    Mikroorganisme contohnya E coli dengan metoda MPN
6.    Sifat khusus contohnya Asam Borat (H3BO3) dengan metoda Titrimetrik
7.    Air laut contohnya Tembaga (Cu) dengan metoda SPR-IDA-SSA
Limbah gas partikel
Polusi udara adalah tercemarnya udara oleh beberapa partikulat zat (limbah) yang mengandung partikel (asap dan jelaga), hidrokarbon, sulfur dioksida, nitrogen oksida, ozon (asap kabut kimiawi), karbon monoksida dan timah.
Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)
Suatu limbah digolongkan sebagai limbah B3 bila mengandung bahan berbahaya atau beracun yang sifat dan konsentrasinya, baik langsung maupun tidak langsung, dapat merusak atau mencemarkan lingkungan hidup atau membahayakan kesehatan manusia. Yang termasuk limbah B3 antara lain adalah bahan baku yang berbahaya dan beracun yang tidak digunakan lagi karena rusak, sisa kemasan, tumpahan, sisa proses, dan oli bekas kapal yang memerlukan penanganan dan pengolahan khusus. Bahan-bahan ini termasuk limbah B3 bila memiliki salah satu atau lebih karakteristik berikut : mudah meledak, mudah terbakar, bersifat reaktif, beracun, menyebabkan infeksi, bersifat korosif, dan lain-lain, yang bila diuji dengan toksikologi dapat diketahui termasuk limbah B3.

Berdasarkan sumbernya, limbah B3 dapat diklasifikasikan menjadi :

    Primary sludge, yaitu limbah yang berasal dari tangki sedimentasi pada pemisahan awal dan banyak mengandung biomassa senyawa organik yang stabil dan mudah menguap.
    Chemical sludge, yaitu limbah yang dihasilkan dari proses koagulasi dan flokulasi.
    Excess activated sludge, yaitu limbah yang berasal dari proses pengolahan dengan lumpur aktif sehingga banyak mengandung padatan organik berupa lumpur dari hasil proses tersebut.
    Digested sludge, yaitu limbah yang berasal dari pengolahan biologi dengan digested aerobicdi mana padatan/lumpur yang dihasilkan cukup stabil dan banyak mengandung padatan organik.

Macam Macam Limbah Beracun

    Limbah  mudah meledak, adalah limbah yang melalui reaksi kimia dapat menghasilkan gas dengan suhu dan tekanan tinggi yang dengan cepat dapat merusak lingkungan.
    Limbah mudah terbakar adalah limbah yang bila berdekatan dengan api, percikan api, gesekan atau sumber nyala lain akan mudah menyala atau terbakar dan bila telah menyala akan terus terbakar hebat dalam waktu lama.
    Limbah reaktif, adalah limbah yang menyebabkan kebakaran karena melepaskan atau menerima oksigen atau limbah organik peroksida yang tidak stabil dalam suhu tinggi.
    Limbah beracun, adalah limbah yang mengandung racun yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Limbah B3 dapat menimbulkan kematian atau sakit bila masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan, kulit atau mulut.
    Limbah yang menyebabkan infeksi adalah limbah laboratorium yang terinfeksi penyakit atau limbah yang mengandung kuman penyakit, seperti bagian tubuh manusia yang diamputasi dan cairan tubuh manusia yang terkena infeksi.
    Limbah yang bersifat korosif adalah limbah yang menyebabkan iritasi pada kulit atau mengkorosi baja, yaitu memiliki pH sama atau kurang dari 2,0 untuk limbah yang bersifat asam dan lebih besar dari 12,5 untuk yang bersifat basa.

Sesuai dengan kriteria yang tercantum dalam peraturan pemerintah No.18 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun, limbah B3 terbagi atas dua macam yaitu yang spesifik dan yang tidak spesifik.

Perbedaan pokok antara limbah B3 spesifik dan tidak spesifik terletak pada cara penggolongannya. Pada limbah spesifik digolongkan kedalam jenis industri, sumber pencemaran, asal limbah, dan pencemaran utama sedangkan pada limbah tidak spesifik penggolongannya atas dasar kategori dan bahan pencemar.

Limbah padat atau sampah
Untuk menanggulangi pencemaran tanah akibat penumpukan sampah itu dapat dilakukan melalui berbagai cara seperti melalui program 3 R yaitu Reduce, Reuse, Recycle.
DAUR ULANG LIMBAH DAN PEMANFAATAN ULANG LIMBAH

Daur ulang adalah penggunaan kembali material atau barang yang sudah tidak digunakan, menjadi bentuk lain.
A.    Tujuan Daur Ulang dan Pemanfaatan Ulang
Daur  ulang dan pemanfatan ulang mempunyai beberapa tujuan, antara lain sebagai berikut :
- contoh kerajinan limbah tekstil dari kain perca
    Mengurangi jumlah limbah untuk mengurangi pencemaran atau kerusakan lingkungan.
    Mengurangi penggunaan bahan atau sumber daya alam.
    Mendapatkan penghasilan karena dapat dijual ke masyarakat .
    Melestarikan kehidupan makhluk yang terdapat di suatu lingkungan tertentu.
    Menjaga keseimbangan ekosistem makhluk hidup yang terdapat di dalam lingkungan.
    Mengurangi sampah anorganik karena sampah anorganik ada yang dapat bertahan hingga 300 tahun ke depan.

B.    Langkah Daur Ulang atau Pemanfaatan Ulang
Untuk memudahkan proses daur ulang dan pemanfaatan ulang, langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut,
1.    Pemisahan
Limbah yang akan didaur ulang atau dimanfaatkan ulang dipisahkan dengan limbah yang harus dibuang ke tempat pembuangan.
2.    Penyimpanan
Limbah yang sudah dipisahkan tadi disimpan dalam kotak yang tertutup. Usahakan setiap kotak yang tertutup hanya berisi satu jenis material limbah tertentu, misalnya kertas bekas atau botol bekas.
3.    Pengiriman atau penjualan
Barang-barang yang sudah terkumpul dapat dijual ke pabrik yang membutuhkan material bekas sebagai bahan baku atau dapat dijual atau diberikan ke pemulung.
C.    Macam-macam limbah yang dapat didaur ulang

Berikut adalah beberapa jenis limbah atau material yang dapat dimanfaatkan melalui daur ulang.

    Kertas. Semuajenis kertas dapat didaur ulang, seperti kertas koran dan kardus.
    Gelas. Botol kecap, botol sirup, dan gelas / piring pecah dapat digunakan untuk membuat botol, gelas, atau piring yang baru.
    Aluminium. Kaleng bekas makanan dan minuman dapat dimanfaatkan kembali sebagai kaleng pengemas.
    Baja. Baja sisa kontruksi bangunan akan berguna sebagai bahan baku pembuatan baja baru.
    Plastik. Limbah plastik dapat dilarutkan dan diproses lagi menjadi bahan pembungkus (pengepakan) untuk berbagai keperluan. Misalnya, dijadikan tas, botol minyak pelumas, botol minuman, dan botol sampo.

D.    Macam-macam limbah yang dapat dimanfaatkan tanpa proses daur ulang
- contoh aneka karya kerajinan limbah tekstil
Beberapa jenis limbah ada yang dapat dimanfaatkan secara langsung atau pun dilakukan melalui proses daur ulang. Berikut ini beberapa macam limbah yang dapat dirasakan atau dimanfaatkan secara langsung.
1.    Ampas tahu
Ampas tahu bisa digunakan untuk bahan makanan ternak. Limbah tersebut biasanya mengandung gizi tinggi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan hewan ternak.
2.    Eceng gondok
Eceng gondok dapat menjadi limbah perairan jika populasinya terlalu banyak. Eceng gondok dapat dimanfaatkan untuk membuat barang kerajinan, seperti tas.
3.    Sampah organik
Contohnya daun-daunan dan kotoran ternak. Kedua jenis sampah itu dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Keuntungan menggunakan pupuk organik yaitu tidak merusak kesuburan tanah.
E.    Mengurangi Limbah dalam Kehidupan Sehari-hari

1.    Reuse
Memanfaatkan ulang (reuse), yaitu menggunakan kembali barang bekas tanpa pengolahan bahan, untuk tujuan yang sama atau berbeda dari tujuan asalnya.
Contohnya, penggunaan bahan-bahan plastik / kertas bekas untuk benda-benda souvenir, bekas ban untuk tempat pot atau kursi taman, botol-botol minuman yang telah kosong diisi kembali dan sebagainya.

2.    Recycle
Mengolah kembali (recycle), yaitu kegiatan yang memanfaatkan barang bekas dengan cara mengolah materinya untuk digunakan lebih lanjut.
Contohnya, kertas atau sampah bekas, pecahan-pecahan gelas atau kaca, besi atau logam bekas dan sampah organik yang berasal dari dapur atau pasar dapat didaur ulang menjadi kompos (pupuk).
Proses daur ulang ini juga dapat mengubah sampah menjadi energi panas yang dikenal dengan proses insenerasi. Insenerasi sederhana sudah ada yang melakukan oleh beberapa industri misal di Jakarta, yaitu menggunakan limbah padat dalam bentuk lumpur hasil akhir pengolahan air limbahnya tidak dibuang ke tanah tetapi digunakan sebagai bahan bakar setelah mengalami pengeringan.
- 30 contoh aneka kerajinan limbah tekstil
3.    Reduce
Mengurangi (reduce), adalah semua bentuk kegiatan atau perilaku yang dapat mengurangi produksi sampah.
Misalnya, ibu-ibu rumah tangga kembali kepola lama yaitu membawa keranjang belanja ke pasar. Dengan demikian jumlah kantong plastik yang di bawa ke rumah akan berkurang (terreduksi). Selain itu bila setiap orang menggunakan saputangan daripada tissue, di samping akan mengurangi sampahnya, dengan tidak menggunakan tissue dapat terjadi penghematan terhadap bahan baku untuk tissue, yang tidak lain adalah kayu dari hutan. Kalau setiap orang melakukan hal tersebut beberapa ton sampah yang akan terreduksi per bulan dan beberapa hasil hutan dapat terselamatkan.

4.    Replace
Menggantikan dengan bahan yang bisa dipakai ulang (replace), adalah upaya mengubah kebiasaan yang dapat mempercepat produksi sampah, terutama sampah yang mempunyai sifat sukar diolah dan berbahaya.

5.    Refill
Refill artinya mengisi kembali wadah-wadah produk yang dipakai.

6.    Repair
Repair artinya melakukan pemeliharaan atau perawatan agat tidak menambah produksi limbah.


LATIHAN
Jawablah Pertanyaan di bawah ini dengan benar !!!

    Apa yang anda ketahui dengan limbah ? Jelaskan !
    Tuliskan ciri-ciri limbah !
    Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas limbah !
    Berdasarkan karakteristiknya limbah dibedakan menjadi 4 macam, sebutkan dan jelaskan
    Jelaskan penggolongan jenis-jenis limbah cair !
    Apa yang anda ketahui tentang limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) ?
    Jelaskan dan berikan contohnya macam-macam limbah berdasarkan sumbernya ?
    Jelaskan penggolongan limbah B3 berdasarkan sumbernya !
    Tuliskan tujuan daur ulang dan pemanfaatan ulang limbah !
    Bagaimana langkah-langkah yang dilakukan untuk memudahkan proses daur ulang dan pemanfatan ulang limbah !
    Berikan contoh beberapa jenis limbah yang dapat dimanfaatkan melalui daur ulang !
    Sebutkan dan jelaskan macam-macam limbah beracun !
    Berikan contoh macam-macam limbah yang dapat  dimanfaatkan tanpa proses daur ulang, dan jelaskan pula kegunaannya !
    Bagaimana cara / usaha-usaha untuk mengurangi limbah dalam kehidupan sehari-hari ?
    Jelaskan macam-macam limbah berdasarkan sifatnya !

Jenis Jenis Limbah dan Daur Ulang Limbah Serta Manfaatnya

Daftar Pustaka
- aneka kerajinan tekstil dan fungsinya
Drs. Saktiyono, M.si, 2008, SERIBU PENA BIOLOGI JILID 1, Penerbit Erlangga, Jakarta

Teti Suryati, 2009, BIJAK DAN CERDAS MENGOLAH SAMPAH, Penerbit PT Agromedia Pustaka, Jakarta




Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  produk limbah dan fungsi kegunaannya

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang MODUL PERKULIAHAN 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://sistem-pertanian-terpadu.blogspot.co.id/2013/01/jenis-jenis-limbah-dan-daur-ulang.html



MODUL PERKULIAHAN

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 MODUL PERKULIAHAN






 pola kaos oblong - Tes Intelegensi







Pengantar



- pola kaos oblong lengan panjang







Fakultas
Program Studi
Tatap Muka
Kode MK
Disusun Oleh


Fakultas Psikologi
Psikologi
01

Karisma Riskinanti, M.Psi., Psi.

- pola kaos anak



Abstract
Kompetensi


Penjelasan tentang definisi Inteligensi; Sejarah Tes Psikologi, dan Faktor yang Mempengaruhi Intelegensi
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang definisi Inteligensi; Sejarah Tes Psikologi, dan Faktor yang Mempengaruhi Intelegensi

- rumus pola kaos


Kontrak Belajar
• Datang tepat waktu (Toleransi keterlambatan 15 menit)
• Pakaian formal
• Tidak diperkenankan memakai kaos oblong dan sandal
• Praktikum wajib memakai kemeja + celana/rok kain
• HP harap di silent selama perkuliahan berlangsung
• Kesempatan absen 5x (termasuk sakit)


cara membuat pola kaos distro



Bobot Penilaian   
       
Kehadiran        :     10 %
Presentasi        :           20 %
Praktikum        :     30 %
UTS            :     20 %
UAS            :     20 %





Definisi IQ
Alfred Binet



David Weschler
Kumpulan dan totalitas kemampuan seseorang untuk bertindak:
* dengan tujuan tertentu,
* berfikir rasional,
* menghadapi lingkungannya dengan   efektif



Pendekatan dalam Memahami Hakikat Intelegensi

 - pola kaos raglan

Pendekatan learning theory
• Memusatkan perhatian pada perilaku tampak dan bukan pada pengertian mengenai konsep mental dari inteligensi itu sendiri
• Suatu perilaku inteligen adl perilaku yg berisi proses belajar (learning process) pada level fungsional tingkat tinggi dan merupakan respon khusus thd tuntutan dari luar
• Inteligensi bukanlah trait akan tetapi kualitas hasil belajar yg telah terjadi

Pendekatan Neurobiologis
• Intelligensi memiliki dasar anatomis dan biologis
• Riset yang dilakukan adl pada kaitan antara inteligensi pada aspek-aspek anatomi, elektrokimia, atau fisiologi

Pendekatan Psikometris
• Inteligensi merupakan suatu konstrak atau sifat (trait) psikologis yang berbeda-beda kadarnya pada masing-masing orang
• Ahli psikometri lebih tertarik pada pengukuran psikologis --> klasifikasi dan prediksi berdasarkan hasil pengukuran tsb
• Pendekatan inilah yang melahirkan berbagai skala-skala pengukuran inteligensi yg mjd awal skala inteligensi yg banyak dikenal sekarang
Pendekatan Teori Perkembangan
• Memusatkan pada masalah perkembangan inteligensi secara kualitatif dalam kaitannya dengan tahap-tahap perkembangan biologis individu
• Jean piaget --> melihat pada respon2 yg salah yg dilakukan oleh anak2 dalam tes inteligensi --> terdapat pola respon tertentu yg ada kaitannya dgn tingkatan usia tertentu pula (terdapat perbedaan cara berfikir masing-masing anak menurut kelompok usia)
- cara membuat pola kaos wanita 

Perdebatan Nature vs Nurture
- jual pola kaos





? Hereditas menetapkan batas perkembangan yg dapat dilakukan oleh lingkungan
? Lingkungan dpt memodifikasi efek hereditas
? Lingkungan dan hereditas berinteraksi dlm mempengaruhi perilaku --> Hereditas menentukan apa yg dapat dilakukan, lingkungan menentukan apa yg akan dilakukan
? Herediter --> faktor fisik dan tingkat intelektual, lingkungan --> karakteristik kepribadian
?

Intelligence Quotient

? Salah satu cara yang sering digunakan untuk menyatakan tinggi rendahnya tingkat inteligensi adl menerjemahkan hasil tes inteligensi ke dalam angka yg dpt menjadi petunjuk mengenai kedudukan tingkat kecerdasan seseorang jika dibandingkan secara relatif thd suatu norma

 - pola ukuran kaos anak


Daftar Pustaka

Anastasi, A., & Urbina, S. (2006). Tes Psikologi (edisi ketujuh). Jakarta: Indeks
Azwar, Saifudin. (2003). Psikologi Inteligensi.  Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Polhoupessy, Leonard F, Drs.,  2003, Bahan Ajar Mata Kuliah Psikodiagnostika II, Universitas Padjadjaran, Bandung
Zubaidi, Ahmad. (2009). Tes Inteligensi. Jakarta: Mitra Wacana Media


2015
3
Tes Intelegensi
Pusat Bahan Ajar dan eLearning



Karisma Riskinanti, M.Psi., psi.
http://www.mercubuana.ac.id







 Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  pola kaos oblong

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Membuat Produk Kerajinan dari Bahan Lunak 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : modul.mercubuana.ac.id/.../Modul%20Tes%20Intelegensi%20%5BTM1%5D

Teknik Menyulam Sederhana

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Teknik Menyulam Sederhana


langkah membiat kerajinan sulam - 1. Siapkan kain/benda yang akan disulam - cara membuat kerajinan sulam benang (kain sulaman, baju sulaman)

2. Gambar/jiplaklah pola pada kain
proses pembuatan sulaman
3. Pasang pemidangan dengan memastikan gambar desain ada

4. Siapkan pita dan benang lalu pasang pada jarum

5. Sulamlah sesuai dengan desain.- sebutkan 3 tujuan pengolahan dan pengawetan bahan pangan Usahakan gambar desain tertutup oleh pita agar hasil sulaman tersebut bersih dan rapi Ada berbagai macam cara membuat tusuk untuk melakukan sulaman pita/sulam pita,  - apa yang dimaksud dengan bahan pangan hewani   tetapi yang akan ditampilkan di sini hanya 6 macam tusuk. - tahapan proses tenun

- cara membuat sulaman aplikasi Beberapa tusuk sulaman yang biasa digunakan pada sulaman benang juga dapat dipakai untuk sulaman pita seperti tusuk tangkai, tusuk rantai, tusuk jelujur dan lain- lain.- cara membuat sulaman fantasi Dengan menggunakan jenis dan ukuran pita yang berbeda, satu tusuk dalam sulam pita dapat menghasilkan beberapa macam jenis bunga. - langkah langkah menyulam Dengan menambahkan payet, manik-manik dan beberapa macam tusuk sulaman dengan benang sulam seperti untuk tangkai, daun, benang sari dan sebagainya akan menghasilkan desain bunga yang berbeda dan lebih indah.



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  langkah membiat kerajinan sulam

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang TEKNIK MUDAH MENJAHIT BUSANA BERFURING 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://rofhiah.blogspot.co.id/2013/01/teknik-menyulam-sederhana.html

 Membuat Produk Kerajinan dari Bahan Lunak

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Membuat Produk Kerajinan dari Bahan Lunak


kemasan untuk produk kerajinan dari bahan buatan - Setelah Anda mempelajari dan mengerjakan latihan kerja pada materi produksi kerajinan tanah liat dan materi produksi kerajinan busana dari bahan alami, maka diharapkan anda dapat mempraktikkan pengetahuan tersebut pada sebuah produk kerajinan.
1. Membuat produk kerajinan dari tanah liat

contoh kemasan produk kerajinan
Pada materi produksi kerajinan dari tanah liat, kamu telah mempelajari proses pembuatan karya kerajinan tanah liat berupa keramik. Pada materi kali ini, kamu diharapkan dapat membuat produk kerajinan dari tanah liat berupa benda keramik atau benda kerajinan lainnya yang sejenis. Apabila bahan dan alat yang dibutuhkan tidak terdapat di daerahmu, bersama guru diharapkan mencari alternatif lain sehingga kompetensi membuat produk kerajinan dari bahan lunak tanah liat atau yang sejenis dapat terlaksana dengan baik.
- desain produk aneka produk kerajinan dari bahan limbah sebagai fungsi hias
a. Membuat produk kerajinan teknik cetak tekan
Buatlah produk kerajinan dari tanah liat dengan menggunakan teknik cetak tekan. Sebaiknya kamu membuat sendiri benda modelnya, namun apabila tidak memungkinkan, kamu dapat menggunakan karya atau benda lain untuk model (misalnya topeng kayu atau relief kayu yang ada di sekitarmu).

Lakukan langkah-langkah sesui prosedur berikut ini.

    Buatlah sketsa/rancangan karya yang akan dibuat.
    Siapkan tempat, peralatan, dan bahan.
    Gunakan peralatan keselamatan kerja.
    Operasikan peralatan sesuai prosedur.
    Lakukan pembuatan model, atau mengambil karya atau benda lain yang sudah ada.
    Lakukan pembuatan cetakan.
    Lakukan proses pencetakan.
    Lakukan finishing terhadap karya tersebut.
    Bersihkan ruang dan peralatan.
- jenis kemasan produk kerajinan bahan keras

b. Membuat produk kerajinan teknik cetak tuang
Buatlah sebuah produk kerajinan dari bahan tanah liat dengan proses pembentukan teknik cetak tuang.

    Manfaatkanlah informasi dari hasil observasi dan wawancara atau berdasarkan hasil pengamatan sumber/referensi yang kamu dapatkan, dalam mendesain karya.
    Siapkan benda model yang akan dicetak (benda model dapat dibuat sendiri atau mengambil benda model yang sudah jadi).
    Perhatikan karakteristik bentuk dan teknik pembuatannya.
    Siapkan peralatan dan bahan untuk praktik mencetak.
    Gunakan peralatan keselamatan kerja sesuai prosedur kerja.
    Lakukan pembuatan karya.
    Buatlah portofolio yang memuat semua tugas meliputi sketsa-sketsa karya, foto-foto proses berkaryamu yang bisa dijadikan sebagai sebuah buku kerja yang menarik dan artistik.
    Buatlah laporan proses berkarya secara lengkap mencakup: perencanaan, pelaksanaan, dan penyelesaian proses berkarya.

2. Membuat produk kerajinan busana dari bahan alami

Pada materi produksi kerajinan busana dari bahan alami, kamu telah mempelajari proses pembuatan karya kerajinan busana dari bahan alami berupa rompi. Pada materi kali ini, kamu diharapkan dapat membuat produk kerajinan dari bahan alami berupa pakaian atau busana lainnya disesuaikan dengan ciri khas daerah masing-masing. Apabila bahan dan alat yang dibutuhkan tidak terdapat di daerahmu, bersama guru diharapkan mencari alternatif lain sehingga kompetensi membuat produk kerajinan busana dari bahan alami dapat terlaksana dengan baik.
- pengemasan produk kerajinan dari bahan lunak
Buatlah produk kerajinan busana dari bahan alami dengan langkah-langkah berikut ini.

    Buatlah desain terlebih dahulu.
    Tentukan dan siapkan bahan yang digunakan.
    Tentukan dan siapkan alat yang akan digunakan.
    Siapkan tempat, peralatan, dan bahan.
    Gunakan peralatan keselamatan kerja.
    Operasikan peralatan sesuai prosedur.
    Siapkan pola gambar.
    Lakukan proses kerja sesuai prosedur.
    Buatlah hiasan supaya lebih menarik.
    Bersihkan ruang dan peralatan.
- cara membuat kemasan produk kerajinan
3. Membuat kemasan produk kerajinan
Setelah karya kerajinan dari bahan lunak selesai kamu buat, langkah selanjutnya adalah membuat kemasan untuk produk tersebut.

Lakukan langkah-langkah membuat kemasan:

    Buatlah desain terlebih dahulu.
    Tentukan dan siapkan bahan yang digunakan.
    Tentukan dan siapkan alat yang akan digunakan.
    Siapkan tempat, peralatan, dan bahan.
    Gunakan peralatan keselamatan kerja.
    Lakukan proses kerja sesuai prosedur.
    Bersihkan ruang dan peralatan.
- tahapan proses pengolahan kerajinan bahan limbah organik
Rangkuman Kerajinan Bahan Lunak dan Wirausaha

    Produk kerajinan dapat dibagi menjadi dua, yaitu produk kerajinan dari bahan lunak dan produk kerajinan dari bahan keras.
    Bahan produk kerajinan dibagi menjadi dua, yaitu bahan alami dan bahan buatan.
    Fungsi karya kerajinan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu karya kerajinan sebagai benda murni dan karya kerajinan sebagai benda pakai.
    Kerajinan dari bahan lunak merupakan produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar yang bersifat lunak.
    Bahan lunak alami adalah bahan lunak yang diperolah dari alam sekitar dan cara pengolahannya juga secara alami tidak dicampur maupun dikombinasi dengan bahan buatan.
    Bahan lunak buatan adalah bahan untuk karya kerajinan yang diolah menjadi lunak. Beragam karya kerajinan dari bahan lunak buatan dapat dibuat berdasarkan bahan yang digunakan.
    Kerajinan keramik adalah karya kerajinan yang menggunakan bahan baku dari tanah liat yang melalui proses sedemikian rupa (dipijit, butsir, pilin, pembakaran dan glasir) sehingga menghasilkan barang atau benda pakai dan benda hias yang indah.
    Bahan-bahan serat alam dapat. menghasilkan kerajinan tangan yang beraneka ragam, misalnya tas, dompet, topi, alas meja, tempat lampu, dan Iain-lain. Teknik pembuatan kerajinan dari serat alam ini sebagian besar dibuat dengan cara menganyam.
    Kerajinan kulit adalah kerajinan yang menggunakan bahan baku dari kulit yang sudah dimasak, kulit mentah atau kulit sintetis. Contohnya: tas, sepatu, wayang, dompet, dan jaket.
    Nilai-nilai keindahan (estetik) selaiu dikaitkan dengan kualitas karya seni yang mengandung unsur: kesatuan {unity), keselarasan (harmoni), keseimbangan (balance), dan kontras (contrast) sehingga menimbulkan perasaan haru, nyaman, nikmat, bahagia, agung, ataupun rasa senang.
    Motif merupakan unsur pokok sebuah ragam hias. Melalui motif, tema atau ide dasar sebuah ragam hias dapat dikenali.
    Motif realis ialah motif yang dibuat berdasarkan bentuk-bentuk nyata yang ada di alam sekitar seperti bentuk tumbuh-tumbuhan, bentuk hewan atau binatang, bentuk batu-batuan, bentuk awan, matahari, bintang, bentuk pemandangan alam dan Iain-lain.
    Motif geometris ialah motif yang mempunyai bentuk teratur dan dapat diukur menggunakan alat ukur. Contoh: bentuk segi empat, segitiga, lingkaran, kerucut, dan silinder.
    Pengertian dekoratif adalah menggambar dengan tujuan mengolah suatu permukaan benda menjadi lebih indah. Gambar dekoratif berupa gambar hiasan yang dalam perwujudannya tampak rata, tidak ada kesan ruang jarak jauh dekat atau gelap terang tidak terialu ditonjolkan.
    Motif abstrak merupakan motif yang tidak dikenali kembali objek asal yang digambarkan atau memang benar-benar abstrak karena tidak menggambarkan objek-objek yang terdapat di alam maupun objek khayalan gubahan objek alam serta tidak menggunakan unsur tulisan yang terbaca.
    Teknik yang dapat digunakan untuk membuat karya kerajinan dari bahan lunak antara lain membentuk, menganyam, menenun, dan mengukir.
    Kemasan dapat diartikan sebagai wadah atau pembungkus yang berguna mencegah atau mengurangi terjadinya kerusakan-kerusakan pada bahan yang dikemas atau yang dibungkusnya.
    Dalam perencanaan proses produksi, diperlukan pengelolaan yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan/industri. Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan/industri dapat dikategorikan atas enam tipe sumber daya (6M).
    Pembentukan benda keramik dapat dilakukan dengan tangan langsung (handbuilt) atau dengan bantuan alat lain seperti alat putar, jigger-jolley, dan alat cetak.
    Proses pembuatan kerajinan rompi'dari bahan alami merupakan alternate dalam berkarya kerajinan busana. Prosedurnya meliputi: menentukan bahan, menentukan alat, membuat desain, keselamatan kerja, dan proses kerja.
    Produk karya kerajinan yang step dipasarkan sebaiknya dikemas dengan baik agar terlihat lebih menarik dan tahan lama.
    Wirausaha yang kreatif adalah wirausaha yang cepat menangkap peluang yang muncul dari suatu kondisi lingkungan di sekitarnya. Orang yang kreatif akan memandang barang yang oleh orang kebanyakan dianggap tidak berguna, menjadi sangat berguna dan mempunyai nilai jual.

- menganalisis kemasan produksi kerajinan dari bahan lunak

 Fungsi kemasan untuk produk kerajinan dari bahan buatan
- modifikasi produk kerajinan dari bahan limbah organik

Agar barang tidak cepat rusak
terliat lebih menarik


Agar barang tersebut lebih awet dan dari nilai estetikanya adalah supaya terlihat menarik dan rapi.




Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  kemasan untuk produk kerajinan dari bahan buatan

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Cara Menggunakan Mesin Jahit Mini Portable S2 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.senikary.com/2016/09/membuat-produk-kerajinan-dari-bahan.html

 Cara Menggunakan Mesin Jahit Mini Portable S2

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Cara Menggunakan Mesin Jahit Mini Portable S2





cara memasang sekoci di mesin jahit portable  - Assaalamu'alaykum sobat, gimana puasa hari ini lancar? mudah-mudahan puasa kita lancar ya sobat sampe 1 bulan full. Jangan sia-siakan bulan yang penuh berkah ini sobat :). Oh iya kalo ga salah bulan puasa ini bertepatan dengan hari libur sekolah ya? Haduh pasti bosan ya kalo di rumah cuma tidur, nonton TV dan begitu terus pasti lemes...hehe. Gimana kalo belajar jahit sambil ngabuburit? Bisa jahit ga sobat? Saya juga awam banget sobat soal jahit menjahit. Saya belajar jahit secara otodidak loo.

Jadi ceritanya beberapa hari yang lalu suami saya pengen beli mesin cukur rambut, saya yang disuruh cari di online. Nah, pas liat-liat di tokopedia dapet tuh mesin cukur rambut yang bagus. Aku searching-searching ternyata banyak banget yang dijual, ga sengaja saya tertarik untuk mencari mesin jahit portable. Dan lebih tertariknya lagi sama harganya sobat, dengan tipe seperti di bawah ini harganya cuma 175rb rupiah saja. Saya akhirnya beli, hehe..



- cara menggunakan mesin jahit mini sewing
Sebagai orang yang sangat ga ngerti jahit menjahit (kecuali manual), saya pun berusaha mengartikan buku petunjuknya yang notabene pake bahasa inggris. Saya bolak-balik itu buku..ga ngerti2. Mau searching waktu itu pulsa modem saya habis. Tapi saya ga putus semangat, saya coba-coba aja (trial and error). Terutama  saya berkali-kali gagal waktu pake 'mata nenek' buat masukin benang ke dalam jarum. Parah banget deh sobat pokoke, bener-bener belajar sendiri. Alhamdulillah akhirnya setelah saya utek-utek tuh mesin jahit akhirnya bisa jalan juga. Jahitan saya pun masih miring-miring ga mau lurus. Terus setelah saya berhasil jahit lurus dalam sebuah kain flanel (*bangga) eh ga tahunya sekoci saya rusak..:((
- cara memasang benang pada mesin jahit mini spring come
Semalaman saya hanya pegang tuh mesin jahit, saya bingung dia kok ga mau muter ya?. Kalo ga salah saya perbaikinya mulai dari jam 7 malam sampe jam 12 malam (uda plus makan n sholat lo yaa). Malam itupun saya menyerah sama si bantal, :D. Esok paginya saya masih penasaran sama nih mesin jahit alias sedih soalnya baru aja beli. Ternyata eh ternyata saya cuma salah taruh tempat sekoci. Jadi pesen saya sama sobat kalo belajar jahit sekocinya jangan dimainin deh. Kalo lepas bisa pusing tuh...Setelah letak sekocinya bener, mesin jahitnya bisa jalan lagi (asiiik). Setelah ada modem, saya merasa ada cara saya yang salah dalam menjahit. Makanya saya pikir kok benang jahitnya ga bisa ngiket ya?. Nah supaya sobat-sobat ga keliru/tersesat dalam menggunakan mesin jahit portable ini ada baiknya kita lihat tutorial yang saya share dari youtube. Yuk yuk...



Cara memasang tempat spull untuk yang susah masang yaitu lihat tempat spull, disana terdapat 4 cekungan. Jika kita ga ngerti (seperti saya dulu), maka saya akan tertipu untuk memasukkan bagian dalam yang menjorok di cekungan pertama. Tips 1: Di foto yang saya ambil, sobat bisa lihat hanya ada 2 cekungan yang terpakai supaya tempat spull bisa terpasang dengan benar yaitu cekungan nomor 2 dan cekungan no 4. Silahkan dipraktekan....^_^




TIPS 2: Lebihkan panjang benang atas maupun bawah +- 10cm agar benang bisa naik dan jahitan tidak lepas.


Kalau video ini penjelasannya lebih panjang dan rinci:



Nah, kalo liat videonya jadi berasa gampang banget kan? oke sobat, let's try at home...^_~ O ya sobat ngabuburitnya jangan lupa sambil ngaji ea..hehe

Teman-temaanz..

Ini post saya yang kedua mengenai mesin jahit mini portable..kali ini saya akan sedikit menjelaskan tahapan-tahapan agar bisa menjahit menggunakan mesin jahit mini ini. Oke dicek ya...



cara memperbaiki sekoci mesin jahit mini
1. Letakkan benang hitam (optional) di atas tempat benang. Kemudian masukkan benang ke dalam lubang nomor 1. Anda juga bisa menggunakan spull atas (benang putih) di sebelah kanan untuk menjahit dengan meletakkannya terlebih dahulu ke putaran ungu baru ke lubang nomor 1. Ini sama saja tergantung selera anda mau pakai benang yang lebih besar atau cukup spull saja karena caranya sama. TIPS 3: Jangan lupa dimasukkan ke dalam kumparan (supaya benang tidak menggulung di bawah). Lalu setelah itu, masukkan benang ke lubang nomor 2 (atas).



2. Turunkan benang, kemudian masukkan ke lubang nomor 3 yang berada tepat di bawah lubang nomor 2. Kemudian masukkan ke lubang nomor 4.



3. Ini gambar lebih jelasnya setelah benang dimasukkan di lubang nomor 4. Benang putih yang di bawah diabaikan saja karena itu benang yang berasal dari tempat sekoci.



4. Langkah keempat adalah memasukkan benang ke dalam lubang jarum jahit. Disini sobat bisa menggunakan 'mata nenek' untuk memasukkannya dengan posisi seperti di atas yaitu benang dari kiri ke kanan.


- cara menggulung benang pada mesin jahit mini
5. Ini gambar setelah benang dimasukkan ke dalam lubang jarum. TIPS 4: Ingat ya benang dimasukkan dari kiri ke kanan kemudian ditaruh di bawah sepatu (Kanan Sepatu) sebab jika terbalik maka kain tidak akan terjahit.



6. Langkah keenam adalah benang yang sudah dimasukkan ke dalam jarum arahkan ke bawah sepatu kemudian tarik ke sebelah kanan. Sebelah kanan ya sobat (lihat nomor 6).................



7. Untuk benang pada spull di sekoci (benang putih). Sobat letakkan benangnya ke dalam sekat pada nomor 7.


- cara memasang benang mesin jahit mini staples
8. Tutup tempat sekoci.

- cara menggulung benang pada sekoci

9. Masukkan kain, turunkan sepatu. Kemudian sobat bisa menghidupkan mesin jahitnya jangan lupa pedalnya juga dipasang (buat di kaki). Kemudian sobat tekan pedal dengan kaki dan mesin jahit akan menjahit seperti gambar di atas. Oh iya mesin jahit ini memang tidak bisa mengunci jahitan, jadi sobat jahit dulu sekitar 3 cm kemudian kainnya dibalik (naikkan dulu sepatunya) terus dibalik lagi, baru jahitannya akan terkunci.
- cara memasang sekoci mesin jahit singer
Gerakan benang pada mesin jahit mini portable S2:



- benang sekoci tidak mau naik

Itu tadi tips-tips dari saya, semoga membantu sobat yang mengalami permasalahan yang mirip dengan saya. Mesin jahit ini memang sangat berguna bagi para newbie seperti saya yang belum pernah make mesin jahit sebelumnya. Alhamdulillah setelah mahir menjalankan si mesin jahit mini ini saya sekarang sudah bisa mengoperasikan mesin jahit portable yang besar. Nantikan postingan saya selanjutnya dengan my new sewing machine ya sobat...see u...



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara memasang sekoci di mesin jahit portable

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang 23 Koleksi Baju Gamis Batik Terbaru 2016 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://moniceoktavina.blogspot.com/2014/06/cara-menggunakan-mesin-jahit-mini.html

23 Koleksi Baju Gamis Batik Terbaru 2016

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
23 Koleksi Baju Gamis Batik Terbaru 2016


 baju gamis jahit model sekarang – Saat ini sudah semakin banyak wanita yang tampil dengan mengenakan hijab untuk bermacam kesempatan sehari-hari, baik itu kala ingin pergi ke kantor atau menghadiri acara lainnya. Tampil cantik dengan mengenakan baju yang syar’I sebetulnya bukan merupakan hal yang sulit karena saat ini di pasaran kita bisa dengan mudah memilih model baju muslimah yang sesuai selera.
Desain baju gamis batik
Desain baju gamis batik
Desain baju gamis batik
- model gamis brokat kombinasi satin
Gamis, dress, dan gaun banyak menjadi pilihan wanita berhijab untuk dikenakan sehari-hari karena cukup praktis, nyaman, dan yang paling penting mencukupi beberapa syarat yang sudah ditentukan oleh syariat islam.
Desain baju batik gamis
Desain baju batik gamis
Desain baju batik gamis
- model gamis terbaru dian pelangi
Jika kamu menginkan bahan kain batik sebagai baju muslim gamis Anda tidak harus mengfungsikan kain batik pada semua kain gaun tapi pada sebagai aksen atau dapat menggabungkannya dengan bahan kain yang lain.

Model gamis seperti ini banyak disebut sebagai gamis kombinasi yang merupakan style baju gamis batik terbaru. Menggunakan bahan kain yang polos justru dapat menonjolkan motif batik yang Anda pilih sebagai bahan gamis. Berikut ini adalah beberapa style yang dapat saja menjadi inspirasi bagi Anda.

Inspirasi Model Baju Gamis Batik Kombinasi
Baju gamis batik
Baju gamis batik
Baju gamis batik
Baju gamis batik terbaru
Baju gamis batik terbaru
Baju gamis batik terbaru
- model baju gamis sifon

Gamis kombinasi kain satin
Untuk menghadiri acara pesta Anda dapat menggunakan model baju gamis batik kombinasi motif sekar jagad plus bahan satin dan cerruti. Kedua bahan kain ini sebetulnya motif bahan yang banyak dipilih untuk gaun pesta karena memberi tambahan kesan anggun dan elegan. Sebagai tambahannya adalah aksen kerah tumpuk dengan obi berenda yang dihias dengan payet.
- model baju gamis terbaru lebaran
Gamis katun yang nyaman
Model gamis kombinasi yang selanjutnya adalah bahan batik katun yang nyaman bercorak flora kecil dengan aksen dari bahan kain cerruti dan berdesain layering. Untuk berikan tambahan kesan feminin, beri tambahan aksesori berwujud ikat pinggang berenda.
- model gamis batik kombinasi blazer
Gamis two piece modern
Selain gamis terusan Anda juga bisa memilih jenis dan desain baju gamis two piece berbahan batik print katun yang sejuk dan menyerap keringat. Kombinasi yang dimaksud adalah luaran polos dengan warna yang tidak sama sehingga akan muncul kontras tapi selalu tampak selalu cantik. Detail pita mungil pada lengan dapat memberikan tambahan kesan unik dan modern, demikian juga termasuk aplikasi pada anggota dada yang cantik.
- model baju gamis pesta Koleksi Baju Gamis Batik
Model baju gamis batik modern
Model baju gamis batik modern
Model baju gamis batik terbaru
Model baju gamis batik terbaru
Model baju gamis batik trendy
Model baju gamis batik trendy
Model baju gamis batik
Model baju gamis batik
Model gamis baju batik
Model gamis baju batik
Baju batik couple gamis
Baju batik couple gamis
Baju batik gamis modern
Baju batik gamis modern
Baju batik gamis
Baju batik gamis
Baju gamis batik modern
Baju gamis batik modern
Baju gamis batik pasangan
Baju gamis batik pasangan
Baju gamis modern batik
Baju gamis modern batik
Contoh baju batik gamis
Contoh baju batik gamis
Contoh baju gamis batik
Contoh baju gamis batik
Contoh model baju gamis batik
Contoh model baju gamis batik
Gambar baju batik gamis
Gambar baju batik gamis
Gambar baju gamis batik
Gambar baju gamis batik
Model baju batik gamis modern
Model baju batik gamis modern
Model baju batik gamis terbaru
Model baju batik gamis terbaru
Model baju batik gamis

- model gamis brokat
Demikianlah beberapa style baju gamis batik 2016 yang dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang sedang mencari style baju gamis yang sedang jadi trend. Semoga membawa manfaat.



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  baju gamis jahit model sekarang

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Sebutkan 5 aneka karya kerajinan limbah tekstil,serta jelaska fungsinya masing-masing 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://bajumodelbaru.biz/baju-gamis-batik.html
Copyright © 2016 Kursus Menjahit.