Manfaat Bisa Jahit Baju Sendiri

Manfaat Bisa Jahit Baju Sendiri

"Manfaat Bisa Jahit Baju Sendiri"

Saya sangat senang ketika ada seorang wanita lajang (cewek) datang ke tempat kursus menjahit saya dan langsung mengambil kelas menjahit. Apalagi ia masih sekolah.

Betapa tidak, menjahit bagi wanita adalah sebuah keterampilan yang menurut saya sangat mutlak dimiliki oleh seorang wanita, terlebih lagi ketika telah menikah, dan lebih-lebih lagi ketika mendapati perekonomian keluarga berada dalam kondisi menengah kebawah.

Namun sayangnya kebanyakan wanita lajang di kota saya baru akan menyadari kebutuhan itu ketika telah menikah, sedangkan ketika itu, kesempatan belajar sudah semakin sulit karena alasan anak, waktu, dan keuangan.

Padahal bila kita memiliki keterampilan menjahit baju akan banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh darinya.

Manfaat bisa jahit baju sendiri yang secara langsung saya rasakan adalah baju yang saya buat akan sesuai dengan ukuran badan saya sendiri, mengingat ukuran standar yang biasa digunakan konfeksi baju siap pakai tidak ada yang pas dengan ukuran badan saya. Kalau tidak kebesaran ya kependekan.

Belum lagi model yang tidak sesuai dengan selera saya, bila saja ada model baju yang sesuai dengan selera saya, pasti harganya yang tidak sesuai dengan kantong saya…. Hehehe

Sebab itulah keterampilan menjahit yang saya miliki sangat membantu semua masalah saya mengenai pakaian. Dengan bisa jahit baju sendiri kita dapat membuat baju yang Cuma ada 1 di dunia ini, tidak ada kata kembar kecuali Anda sendiri yang sengaja membuatnya kembar.

Manfaat lainnya yang sangat saya suka adalah dapat membahagiakan orang lain.

Loh kok bisa ???

Ya tentu saja bisa, dengan bisa jahit baju sendiri kita bisa membuat baju untuk orang lain sebagai hadiah. Apakah itu anak, saudara, suami, ataupun kekasih Anda. Bisa bayangkan bagaimana senangnya orang yang Anda sayangi itu menerima sebuah baju yang Anda buatkan sendiri KHUSUS untuknya ?

Pastilah hadiah baju yang Anda buatkan itu akan menjadi hadiah yang sangat berharga dan berarti untuknya.

Manfaat berikutnya yang lebih-lebih saya suka adalah bisa menghasilkan uang dan menghemat pengeluaran. Kalau yang ini saya rasa Anda tahu apa maksud saya…

Yah, jadikan keahlian Anda itu bisnis menjahit. Percayalah, untuk memulai bisnis ini Anda tidak perlu memiliki keahlian menjahit tingkat tinggi. Sebagai awal cukup dengan Anda menguasai permak baju dan keberanian.

Sesederhana itukah ?



Jawaban saya —- ya ——-

Hanya dengan Anda menguasai permak baju Anda bisa menghasilkan uang tambahan. Mengapa saya berani mengatakan demikian, karena itulah yang dilakukan peserta kursus ditempat saya.

Sambil belajar sambil bisnis. Malahan kadang saya yang membayar mereka karena membantu saya menyelesaikan order permak-permak baju yang menumpuk.

Dan tahukah Anda, mereka sama sekali belum selesai kursus jahit tingkat dasar.

Hanya butuh ilmu permak dan berani kata mereka….. ilmu ini justru murid saya yang mengajarkannya…

Saya sangat senang ketika mereka bercerita baru mendapatkan uang dari menjahit atau merasa puas karena bisa menghemat ratusan ribu rupiah hanya dengan bisa jahit baju sendiri.

Saat web ini akan dibuka pada bulan ini mei 2011, saya berikan mereka kebebasan menjahit baju lebaran sendiri dengan catatan bukan model yang biasa – biasa, harus baju yang belum pernah di jahit sebelumnya dan tidak keluar dari materi tingkat dasar.

Dari tantangan itu ada sebagian yang sudah jadi dalam waktu 1 minggu pertemuan dan apa kata mereka….

“ mbak, saya habiskan uang untuk membeli semua bahan baju ini tidak sampai 100rb, sedangkan kalau saya beli disini dengan model cantik seperti ini bisa sampai 200rb lebih”

Ceritanya dengan senyum lebar, bagaimana tidak. Ia memiliki beberapa anak perempuan yang semuanya butuh baju lebaran… belum lagi anak laki2nya…

Kemudian saya iseng bertanya….

“ Apa rugi kursus jahit ? “

Sambil tertawa mereka jawab,

“ sangat tidak rugi mbak ? “

Lalu saya tanyakan lagi…

“apa mahal biaya kursus jahit 175rb perbulan ? “

Dengan senyum mereka pun menjawab….

“ sangat tidak mahal mbak “

Kali ini saya pun tersenyum lebar…. Rasanya mau menaikkan saja biaya kursusnya… hehehe

Memang tidak rugi dan tidak mahal kursus menjahit atau belajar menjahit itu. Dapat ilmu yang selamanya akan jadi Milik Anda + dapat baju baru hasil karya sendiri + hemat uang jahit baju + bahagiakan diri sendiri dan orang lain.

Apa lagi yang kurang ?

Selain manfaat dari menjahit baju di atas ada beberapa manfaat lainnya lagi, tapi cukup 3 hal yang saya anggap penting di atas itulah yang saya bahas.

semoga bermanfaat yaaaa….

sumber : http://belajarjahitbaju.wordpress.com/tag/kursus-online/

0 komentar:

Post a Comment