Unsur-unsur Desain Corak Pada Bahan Tekstil

Unsur-unsur Desain Corak Pada Bahan Tekstil


"Unsur-unsur Desain Corak Pada Bahan Tekstil"



(1)Corak

Pada umumnya bahan tekstil bercorak searah dan dua arah. Untuk bahan polos sama dengan corak dua arah, kecuali bahan-bahan yang berkilau (seperti: satin) dan bahan berbulu (seperti: beledu dan cordoroy). Bahan-bahan berkilau dan berbulu harus cermat penanganannya. Terutama ketika akan meletakkan bahan (layout) semua pola harus terletak pada satu arah, ke atas atau ke bawah saja. Sehingga hasil akhirnya motif/corak berkesinambungan.

(1)Searah

Corak bahan mengarah hanya pada satu sisi. Sangat erat kaitannya dengan cara meletakkan bahan. Motif pola searah diantaranya: garis-garis, kotak-kotak, anyaman-anyaman dan motif alam yang mengarah ke satu sisi.

Dalam pembuatan busana, jika menggunakan pola searah membutuhkan bahan yang lebih karena harus memperhatikan kesinambungan motif bahan. Akan sangat tidak serasi jika bagian-bagian busana arah motif berbeda antara satu dengan yang lain.

(2) Corak dua arah

Corak bahan mengarah pada semua sisi, lebih mudah dalam meletakkan pola pada bahan. Pada waktu meletakkan pola di atas bahan Anda hanya memperhatikan arah serat (grain line) dan efisiensi penggunaan bahan.






0 komentar:

Post a Comment