Evaluasi Pelayanan Prima

Evaluasi Pelayanan Prima 

"Evaluasi Pelayanan Prima "

SOAL  PILIHAN  GANDA

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih jawaban yang paling tepat !

1. Pekataan komunikasi berasal dari bahasa latin Communicare yang artinya
a. memberitahukan d. mengerjakan
b. memerintahkan e. menuruh
c. meminjamkan

2. Dalam berkomunikasi yang paling penting adalah bahwa orang yang  menjadi sasaran komunikasi memahami
a. jabatannya d. kedudukannya
b. waktu dan tempat e. waktunya
c. informasi ang disampaikan

3. Dalam berkomunikasi dibutuhkan kemampuan untuk menyampaikan pendapat  atau aspirasi melalui
a. keramah-tamaha d. bicara, menulis, dan lambang    
b. pakaian yang sopan e. kesabaran
c. kemarahan

4. Seseorang yang menyampaikan pesan atau informasi disebut
a. komunikasi d. respon
b. message e. komunikator
c. pesan

5. Suatu tindakan berbicara dari seseorang kepada orang lain yang dilakukan
secara langsung terhadap sesuatu hal guna mendapatkan informasi disebut
a. wawancara d. sidang
b.diskusi e. rapat akbar
c. rapat

6. Agar terjadi suatu proses komunikasi diperlukan pesan dan lambang.
    Pesan adalah pikiran, sedangkan lambang adalah
a. pikiran d. sikap
b. bahasa e. komunikator
c. respon

7. Agar komunikasi dengan pola berpikir positif mencapai hasil dari sudut komunikator, maka diperlukan dua factor yaitu
a. kepercayaan dan daya tarik kounikator
b. kepercayaan dan daya tarik komunikan
c. kepercayaan komunikator
        d. kelangsungan message
  e. daya refleks

8. Yang menjadi komunikan dalam sebuah toko adalah
a. pramuniaga d. pemasok barang
b. pemilik took e. kepala gudang
c. pembeli

9. Komunikasi dengan cara berpikir positif adalah proses berkomunikasi yang menekankan penggunaan cara berpikir
a. manusiawi        d. analisis
b. sehat dan logis e. komunikatif
c. etis

10. Bersifat menilai (evaluatif) suka atau tidak suka terhadap barang atau Jasa termasuk dalan kategori        
a. sikap d. etos kerja
b. perilaku e. semangat
c. sopan santun

11. Komunikasi yang menimbulkan keinginan terhadap barang atau jasa yang ditawarkan termasuk dalam konsep
a. attention d. attitude
b. action e. pelayanan prima
c. customer

12. Suatu pelayanan yang berupa merealisasikan kebutuhan pelanggan/pembeli termasuk dalam
a. konsep attitude d. konsep progressive
b. konsep attention e. konsep relasi
c. konsep active

13. Jika kita mendapati pembeli yang tidak sabar dan mudah marah, maka sikap kita sebagai penjual adalah
a. tidak menanggapi kemarahannya d. melapor ke pihak keamanan
b. mendiamkan saja e. menurut kemauannya
c. bersabar dan tidak terpancing kemarahannya

14. Pelanggan yang paling diharapkan adalah pelanggan yang
a. berstatus ekonomi menengah keatas
b. jika dikecewakan tidak marah
c. belanjanya tidak mau pindah ke tempat lain
d. suka minta discount/potongan harga
e. melakukan transaksi lewat telpon

15. “Pelayanan Prima“ harus menyadari bahwa yang diharapkan oleh pelanggan adalah.
a. harga barang murah d. adanya kepuasan
b. barangnya berkualitas        e. memperoleh bonus
c. memperoleh bonus

16. Yang menjadi kunci pokok keinginan pelanggan adalah
a. harga memuaskan d. pelayanan memuaskan
b. barang memuaskan e. harapan terpenuhi
c. transportasi memuaskan

17. Orang yang memiliki perawakan tubuh tinggi agak kurus akan lebih serasi berpakaian kaos dengan tipe
a. bergaris tegak d. bergaris tegak hitam
b. bergaris melintang e. bergaris tegak diagonal
c. bergaris diagonal

18. Dalam pelayanan prima sebenarnya yang kita jual adalah
a. dagangan selera konsumen d. dagangan selera perusahaan
b. jasa pelayanan professional e. jasa pelayanan sederhana
c. jasa dan barang yang bagus

19. Karyawan atau tenaga professional biasanya memiliki sikap yang
a. kurang bertanggung jawab d. bimbang
b. bergantung pada orang lain e. labil
c. mandiri

20. Pelayanan terhadap pelanggan harus dilakukan dengan rasa ikhlas, karena pelanggan merupakan
a. asset perusahaan d. penyuplai
b. katup pengaman e. keluarga
c. karyawan

SOAL ESSAY

1.Jelaskan cara berpakaian yang serasi!
2.Bagaimanakah seseorang dikatakan memiliki penampilan yang serasi? \
3.Jelaskan usaha-usaha apa sajakah yang dapat dilakukan sebagai langkah awal supaya penampilan jadi menarik!
4.Sebutkan empat contoh pelayanan yang ramah yang dapat ditunjukkan kepada pelanggan!
5.Sebutkan bentuk-bentuk pelayanan berdasarkan konsep attitude (sikap).

KUNCI  JAWABAN

I. Pilihan Ganda
1. a 10. a
2. c 11. a
3. d 12. c
4. e 13. e
5. a 14. c
6. b 15. d
7. a 16. d
8. c 17. b
9. b 18. c
10. a


II. Essay
1.
a. Pakailah busana sesuai dengan bentuk tubuh anda
b. Pakailah busana sesuai dengan warna tubuh anda
c. Busana harus kita sesuaikan dengan tempat dimana Anda bekerja

2.Apabila  cara berbusananya yang serasi,riasan wajah yang menarik, assesoris yang dikenakan wajar,serta memiliki sikap posisi tubuh  yang
baik

3.
a. Memperhatikan sikap
b. Ekspresi muka
c. Kesehatan
d. Kebersihan dan kerapian

4.
a. Biasakan diri tersenyum dalam menghadapi siapapun
b.Melakukan tegur sapa dengan pelanggan secara akrab
c.Menanyakan kabar sebagai basa-basi adat timur
d.Jika sibuk, utarakan ungkapan yang dapat digunakan
e.Membantu membawa barang dengan ikhlas
f.Biasakan menggunakan kata-kata yang baik

5.
a. Pelayanan berpenampilan serasi
b. Pelayanan dengan berpikir positif
c. Pelayanan dengan sikap menghargai

1 comment: