Sikap kerja menjahit yang positif

Sikap kerja menjahit yang positif

"Sikap kerja menjahit yang positif"

Dalam mengerjakan penyelesaian busana dengan alat jahit tangan, pada waktu bekerja harus memperhatikan sikap kerja yang positif.
Cara duduk dengan benar tidak hanya membantu untuk melakukan pekerjaan dengan lebih baik, tetapi juga membuat pekerjaan lebih mudah dan mencegah kita dari rasa lelah yang muncul secara cepat. 

Sikap duduk yang baik adalah posisi duduk nyaman, tidak kaku, posisi tegak dan punggung tetap lurus.
Tempatkan kedua kaki di atas lantai, siku disamping badan, dan peganglah jahitan di atas meja, sehingga akan membawa pekerjaan pada jarak yang tepat dari mata. Posisikan tangan untuk dapat bekerja dengan nyaman di atas meja.
Apabila melakukan pekerjaan penyelesaian busana pada kain yang lebar, letakkan dan bentangkan kain diatas meja kerja seperti pada gambar dibawah ini! 

Bentangkan kain di atas meja…

… atau letakkan kain menggantung ke bawah

Pencahayaan harus cukup terang saat kita menyelesaikan jahitan. Jika mungkin cahaya datang dari arah kiri badan. Pencahayaan yang kurang terang, akan membuat mata cepat lelah. Ketika mata lelah, istirahatlah sejenak, karena mata kita jauh lebih penting dari pekerjaan.
Tangan kita harus dalam keadaan bersih saat memegang pekerjaan. Jari-jari tangan yang kotor akan mengotori pekerjaan. Oleh karena itu cuci tangan sebelum menjahit. Jika tangan menjadi basah pada waktu bekerja, cuci tangan atau taburi dengan sedikit talk.

0 komentar:

Post a Comment