, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Cara bijak kelola gaji

Cara bijak kelola gaji


les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit

Pengeluaran : pemasukan

Perhatikan perbandingan antara pengeluaran dan pemasukan. Yang pasti, jumlah pengeluaran kita tidak boleh sampai lebih besar dari pemasukan. Pasalnya, bila yang terjadi adalah pengeluaran lebih besar dari pemasukan, kita akan membayar sisa kebutuhan dengan cara mengambil dari tabungan atau berutang. Dua duanya adalah langkah yang tidak baik. Ayo kita buat daftar pengeluaran bulanan,pastikan pengeluaran tidak lebih besar dari penghasilan. Kalau sudah melebihi, seleksi lagi bagian mana yang harus dikurangi. Utamakan mengurangi pos utang konsumtif dan pengeluaran pribadi.

Utang 30%


Cicilan mungkin sulit dihilangkan, maka tak apa-apa bila Anda masih memiliki pengeluaran untuk membayar cicilan. Namun perlu diingat, menyicil pun harus diperhitungkan masa pembayarannya kelak. Kuncinya cicilan utang tidak boleh lebih besar dari satu per tiga gaji.

Pasalnya, bila cicilan utang kita  besar, efeknya akan berpengaruh pada kebiasaan menabung. Sebagian besar uang akan digunakan untuk membayar cicilan dan dipastikan akan sulit mengalokasikan dana untuk mendapat gaji bulanan sebesar Rp 10 juta, misalnya, maka total cicilan utang sebaiknya tidak lebih besar dari 3 juta.

Bayarlah utang saat menerima gaji, jangan terbiasa untuk menunda-nunda yang satu ini. Pasalnya, menunda pembayaran utang akan membuat kita lupa untuk membayarnya atau bahkan uangnya terpakai habis untuk keperluan lain yang tidak begitu penting. Ubahlah tanggal pembayaran kartu kredit agar mendekati tanggal pengiriman gaji, sehingga kita dengan terpaksa melunasinya segera.

Investasi 10%


Inilah kebiasaan baik yang harus mulai rutin dilakukan setiap bulan. Sisihkan dana untuk tabungan dan investasi, setidaknya sebesar 10 persen dari penghasilan bulanan. Lakukan system sisih di awal bulan atau langsung alokasikan setelah menerima gaji. Jika perlu, buatlah system debet otomatis dari rekening gai ke rekening tabungan yang lain. Dengan cara ini, praktis kita terbantu untuk menabung secara otomatis.

Selain itu, berinvestasi juga harus dilakukan. Jika Anda sudah memiliki tabungan yang tak akan terpakai sejumlah satu kali pengeluaran bulanan, mulailah alokasikan juga dana per bulan untuk investasi yang aman. Emas dan reksadana adalah contoh produk investasi yang bias dimiliki dengan mudah.

Utang Baik vs Utang Buruk


Berutang memang tak selamanya buruk, namun juga tak selamanya baik. Sebelum berutang sebaiknya pahami dulu apakah itu utang baik atau utang buruk.

Utang Baik

Utang baik akan memberikan manfaat, yaitu meningkatnya nilai asset dari barang yang kita beli dengan berutang. Membeli rumah atau apartemen adalah salah satu contoh utang baik. Sejalan dengan waktu nilai rumah dan apartemen yang kita punya akan terus naik, sehingga bias memberikan keuntungan. Membeli kendaraan yang kita sewakan dengan cara kredit, juga termasuk utang baik. Walaupun nilai kendaraaannya turun, tapi kendaraan tersebut bias menjadi asset yang memberikan penghasilan tambahan.

Utang Buruk

Sementara utang buruk adalah sebaliknya. Ia tidak memberikan manfaat bagi pengembangan nilai asset kita. Contohnya, membeli barang konsumtif, sebagian besar akan masuk dalam kategori utang buruk. Ini karena barang konsumtif umumnya memiliki nilai jual yang semakin lama semakin jatuh. Ditambah dengan bunga dari utang yang dikenakan, akan menambah besar kerugian kita. Hati-hati apabila kita berutang dengan kartu kredit. Sebaiknya lunasi segera saat jatuh tempo. Kalau tidak bunganya yang tinggi bisa merusak dompet kita.

Lakukan segera


Mengubah kebiasaan buruk menjadi baik perlu tenaga ekstra dan focus. Jangan tunggu lebih lama lagi, lakukan sekarang. Hati-hati dengan godaan yang terkadang membuat kita lupa. Ingatlah, kalau tidak dimulai sekarang, maka kerugian karena keuangan yang buruk, akan membuat kita terpuruk lebih dalam. Yuk mulai sekarang. 

0 komentar:

Post a Comment