, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Mesin Jahit Umum

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Mesin Jahit Umum

Mesin Jahit Umum

Mesin jahit umum biasanya sering dijumpai di rumah-rumah yang dimiliki oleh ibu rumag tangga. Mesin jahit ini pada dasarnya hanya dapat membuat jahitan lurus. Bila ditambahkan alat-alat tertentu, maka mesin jahit ini dapat digunakan untuk membuat tusuk kelok (zig-zag), lubang kancing, membordir, mengelim kecil, dan sebagainya.Mesin jahit ini dapat digerakkan dengan pemutar engkol tangan, injakan kaki, dan motor listrik.

Mesin jahit khusus

Mesin jahit khusus adalah mesin jahit yang hanya dapat dipergunakan untuk menjahit satu jenis pekerjaan tertentu, misalnya : Mesin jahit kulit, mesin jahit terpal, mesin obras, mesin obras halus, mesin over deck (untuk menjahit kaos). Pada umumnya mesin jahit seperti ini dimiliki oleh perysahaan atau industri tertentu, misalnya : Perusahaan pembuatan sepatu, perusahaan pembuatan jok kendaraan atau kap mobil, perusahaan obras dan lain-lain.
3. Mesin Jahit Serbaguna
Mesin jahit serbaguna pada hakekatnya adalah mesin jahit umum yang dilengkapi dengan berbagai alat yang sudah terpasang langsung di dalam mesin secara tetap, sehingga dapat bekerja secara otomatis. Mesin jahit ini memiliki tombol pemutar dan pelat (cam) sepatu untuk menjahit berbagai tusuk jahitan, misalnya jahit tusuk lurus, zigzag, lubang kancing, dan berbagai macam tusuk hias. Mesin jahit srbaguna ini ada yang semi otomatis dan otomatis.
Bagian –Bagian Mesin Jahit
Bagian-bagian mesin jahit yang paling banyak diperhatikan pada mesin jahit umum adalah sebagai berikut :
1. Badan Mesin Jahit
Badan mesin jahit dibuat dari baja tuang, berbentuk menyerupai huruf G. Badan mesin jahit meliputi :
a. Badan mesin bagian bawah yang berbentuk pelat yang bertugas sebagai landasan jahit. Pada pelat badan terpasang engsel, sehingga bagian-bagian mesin yang terletak di bawah pelt badan, dapat dibersihkan dan diperbaiki dengan mudah.
b. Badan mesin bagian atas berongga sebagai tempat bagian-bagian mesin yang mengubah dan meneruskan gerakan putar menjadi gerakan bagian-bagian mesin yang lain.
Pada badan mesin jahit terdapat beberapa lubang yang digunakan untuk meneteskan minyak pelumas, sehingga mesin jahit dapat berjalan dengan lancar ketika digunakan.
Badan mesin jahit dan bagian-bagiannya :
Keterangan gambar :
1. Batang pengatur tekanan 9. Pelat jarum
2. Tutup bagian depan 10.Tiang kumparan
3. Pengungkit 11. Pengatur basar kecil tusukan
4. Pegas tempat benang 12. Pemutar sepul
5. Cakram penekan 13. Roda pengembang
6. Penunjuk benang tutup bagian depan 14. Tempat jarum
7. Kaki penekan 15. Sekrup penekan jarum
8. Penutup luncur 16. Jarum

Kepala Mesin Jahit
Kepala mesin jahit dibuat dari besi tuang. Kepala mesin jahit ini berbentuk roda yang terpasang di bagian kana atas pada badan mesin jahit. Kepala mesin berfungsi sebagai roda penerus tenaga penggerak mesin dan meneruskan gerakan putar itu ke semua bagian mesin lain yang harus bergerak. Gerak putar dari kepala

mesin diubah menjadi bentuk gerakan yang berlainan yaitu gerak bolak balik atau naik turun dari jarum jahit, lengan penarik benang, gigi penarik, sakoci dan lain-lain. Pada kepala mesin terdapat puli, ialar roda tempat tali pemutar mesin, sehingga kepala mesin tersebut dapat diputar dengan injakan kaki atau dengan motor listrik.

3. Alat-alat Penggerak Mesin Jahit

Mesin jahit dapat digerakan dengan tiga cara yaitu :
a. Dengan pemutar engkol yang diputar oleh tangan
b. Dengan pemutar injakan kaki
Mesin jahit yang menggunakan injakan kaki, selalu punya kaki mesin. Pada kaki mesin terpasang rangka injakan kaki dan puli (roda) pemutar mesin. Puli pemutar pada kaki mesin dibuat dengan ukuran lima kali ukuran puli kepala mesin, sehingga satukali putaran puli memutar akan menyebabkan lima kali putaran puli kepala mesin. Tali pemutar biasanya digunakan kulit tebal yang disayat tipis dan dibulatkan. Agar tali dapat bekerja baik, harus diusahakan supaya tali selalu kering. Tali yang basah oleh minyak atau air akan licin dan kurang baik memindahkan gaya putar, karena selip

0 komentar:

Post a Comment