, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

POLA LENGAN BLAZER

POLA LENGAN BLAZER

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
POLA LENGAN BLAZER


Pola lengan blazer tak sama juga dengan pola lengan baju atau lengan pakaian biasanya. Ketidaksamaannya diantaranya :
Lengan blazer di buat lebih ramping serta resmi, lengkungan pola di pangkal lengan lebih panjang di banding pola lengan baju.
Jahitan pada lengan blazer ada dua, yakni jahitan depan serta belakang, sedang jahitan pada lengan baju cuma satu ada di bawah lewat ketiak.
Panjang pola lengan blazer lebih pendek 2 cm apabila dibanding pola lengan baju.
Bentuk pola lengan blazer sedikit bengkok kedepan ikuti lekukan siku saat enjoy, sedang bentuk pola lengan baju yaitu lurus

Langkah bikin pola lengan blazer bisa diterangkan seperti berikut :



Langkah Pertama
Tetapkan batasan ruang untuk menggambar pola lengan blazer, berbentuk suatu kotak, sebut saja suatu nama :
“kotak ruang pola lengan blazer”.

Ukuran kotak itu yaitu :
Lebar sama juga dengan lingkar lengan dikurangi 3 cm. Pengurangan 3 cm mempunyai tujuan agar kelak panjang lengkungan di pangkal lengan dapat kembali sama juga dengan ukuran lingkar lengan aslinya.
Tinggi sama juga dengan ukuran panjang lengan yang bakal di buat.
Saat bikin pola lengan blazer, bentuk lengkungannya mesti lebih panjang dari pola lengan umum. Maksudnya yaitu agar lengan blazer dapat tegak dipundak, hingga dada terlihat lebih lega. Tinggi lengkungan pola lengan blazer yaitu 17 cm dari garis ketiak.

Pada pola lengan sisi belakang di buat garis vertikal berjarak 8 cm dari pinggir kotak ruang pola lengan blazer. Pada pola lengan sisi depan di buat garis vertikal berjarak 5 cm dari pinggir kotak ruang pola lengan blazer.

Sesudah langkah pertama usai dipraktekkan, bakal didapat gambar awal pola lengan blazer seperti pada gambar samping.


Langkah Ke-2.
Memisah pola lengan belakang

Pada posisi garis vertikal yang berjarak 8 cm dari batas pinggir kotak ruang pola lengan blazer, lakukan :
Pertebal garis vertikal itu dari mulai awal kerung lengan hingga posisi garis ketiak.
Mulai posisi garis ketiak kerjakan pencabangan garis simetris ke kiri serta kanan, hingga pada garis mendatar posisi siku didapat lebar pencabangan ke kiri = 1 cm serta ke kanan = 1 cm juga.
Teruskan pencabangan garis simetris ke kiri serta kanan hingga ujung lengan.
Pada posisi ujung lengan lebar pencabangan ke kiri = 4 cm serta ke kanan = 4 cm juga.

Langkah Ketiga.
Memisah pola lengan depan.
Pada posisi garis vertikal yang berjarak 5 cm dari batas pinggir kotak ruang pola lengan blazer, lakukan :
Pertebal garis vertikal itu dari mulai awal kerung lengan hingga posisi garis ketiak.
Mulai posisi garis ketiak kerjakan pencabangan garis simetris ke kiri serta kanan, hingga pada garis mendatar posisi siku didapat lebar pencabangan ke kiri = 1 cm serta ke kanan = 1 cm juga.
Teruskan pencabangan garis simetris ke kiri serta kanan hingga ujung lengan, lewat cara menarik garis vertikal ke bawah dari ke-2 titik itu.
Sesudah langkah ke-2 serta ketiga usai dipraktekkan, bakal didapat gambar pembelahan pola lengan blazer seperti pada gambar di atas.



Langkah Paling akhir.
Menggabung pola lengan bawah.
Cermati gambar di atas. Pola lengan blazer sudah dipisah jadi 3 sisi, yakni pola lengan belakang bawah, pola lengan atas serta pola lengan depan bawah.
Guntinglah pas pada garis vertikal yang berjarak 8 cm dari pinggir kotak ruang pola lengan blazer. Saat ini telah terpisah sisi pola lengan belakang bawah.

Sambung serta tempel memakai lem, pola lengan belakang bawah dengan pola lengan depan bawah dengan rapi sesuai sama tempatnya, jadi didapat gambar tersebut :

POLA LENGAN BLAZER telah jadi…


Langkah bikin pola lengan blazer ini bisa pula dipakai untuk bikin pola lengan jas pria, lantaran pada prinsipnya relatif sama juga.

Semoga tulisan ini berguna, terutama untuk mereka yang tengah latihan menjahit.

Terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment