, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

LIPIT


LIPIT

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
LIPIT


 PENGERTIAN LIPIT

Lipit yaitu lipatan pada baju yang berperan juga sebagai hiasan, menaikkan kelonggaran serta untuk sesuaikan bentuk badan.
Beberapa macam lipit :
lipit dibagi jadi 2 yakni :
1. Lipit Mati
2. Lipit Hidup
Lipit Mati
Lipit mati yaitu lipit yang berperan juga sebagai hiasan ataupun untuk bentuk badan.
Macam-Macam Lipit Mati :
a. lipit Jarum
Lipit jarum yaitu lipitan-lipitan kecil di buat menurut arah benang tenunan serta disetik di bagian luar bahan. Jarak lipit sesuai jenisnya atau sesuai sama selera, dalamnya lipit 2-3 mm.
b. Lipit jarum berkelompok
Lipit jarum berkelompok yaitu lipitan-lipitan kecil yang disetik di bagian luar bahan serta di buat senantiasa dalam grup. Jarak lipit sesuai jenisnya atau sesuai sama selera, dalamnya lipit 2-3 mm.
Lipit jarum variasi
Lipit jarum variasi yaitu lipit yang mirip lipit jarum rata namun disetik dengan cara vertical serta horizontal dengan jarak lipitan teratur.
Lipit mati biasa
Lipit mati umum yaitu lipit yang mirip lipit jarum rata namun lebarnya 1-3 cm. Lipit ini biasanya di buat grup, dalam lipitnya lebih lebar 0, 5 cm/sesuai sama jenis, jarak lipitan teratur.
Lipit mati variasi
Lipit mati variasi yaitu lipit mati dengan lebar 0, 5 cm disetik di bagian luar bahan serta di buat senantiasa dalam grup lalu di bagian lipit itu dujahit dengan lipitan menghadap ke kanan lalu dengan jarak 2 cm atau lebih di bawahnya, lipit itu dijahit kembali dengan lipit menghadap ke kiri. Demikian selanjutnya sampai jumlah yang dikehendaki.

Lipit opnaisel kerang

Lipit opnaisel kerang/kerut yakni adalah lipit mati (opnaisel) yang lalu di bagian lipit tersebut di ikat dengan benang dengan jarak spesifik.
Lipit Hidup
Lipit hidup yaitu lipitnyang berperan juga sebagai hiasan ataupun untuk menaikkan kelonggaran bentuk tubuh.
Beberapa macam lipit hidup :
a. Lipit searah pipih
Yakni satu lipit yang dilipat juga sebagai hiasan atau untuk menaikkan kelonggaran di bagian bawah rok. Satu lipit terbagi dalam 3 sisi : dalam lipit, yakni bahan yang tersimpan didalam. Lebar lipit yang memastikan dalamnya lipit yang satu dengan garis lipit yang lain.
b. Lipit Plisse
Lipit ini nyaris sama juga dengan lipit pipih searah dengan jarak lipit sama juga dengan lebar lipit. lipit ini biasanya kecil-kecil.
c. Lipit Sungkup
Lipit sungkup yaitu lipit yang terdiri dua lipit pipih/floi yang bertemu namun sama-sama bertolak belakang. Umumnya dipakai pada rok/di bagian punggung saku. Berperan juga sebagai kelonggaran.
d. Lipit Hadap
Lipit hadap yaitu lipit yang terbagi dalam dua lipit/floi yang letaknya bertemu. Umumnya dipakai pada rok serta baju sisi punggung. Lipit ini berperan juga sebagai hiasan serta kelonggaran.
e. Lipit kipas
Lipit kipas yaitu satu tumpukan lipit-lipit searah yang sisi atasnya adalah satu lipit serta sisi bawah terdiri dam sebagian lipit pipih
f. Godet
Godet yaitu satu sisi dibawah rok yang ditambah dengan satu guntingan bahan untuk manambah lebar bawah rok/hiasi bawah rok. Penambahan kain ini bisa berbentuk beberapa dari lingkaran/kain serong/bahan yang dilipat, bisa sewarna/dengan kain yang tidak sama.


PENYELESAIAN TEPI KAIN


Rompok
Penyelesaian pinggir kerap diberi nama dengan bies, yang di buat dari kain serong, tajur yang digunting berbahan 450 serong rompok ini digunakan juga sebagai penyelesaian hiasan (berwarna, bermotif). Lebar kumai serong 2 cm.
Langkah pembuatannya : Pada baju tak diperlukan kampuh, kumaiserong serta baju disetik 1 kali-kira 0, 5 cm dari pinggir. Sisi yang sama-sama bertemu. kumaiserong di balik ke sisi jelek dilipat serta di jahit pada setikan pertama. Hasil 0, 5 cm dibagian baik serta jelek.
Depun
Pinggir kain yang dikerjakan dengan kumaiserong juga sebagai depun selebar 3-4 cm, yakni yang di bagian jelek baju selebar 1 cm kurang.
Langkah pembuatannya : Pada baju diperlukan 1-0, 5 cm kampuh. Kumeiserong serta baju disetik keliling sesuai sama bentuk dengan sisi baik bertemu. Kumeiserong dilipat di bagian dalam. Sisi pinggir kumeiserong dilipat kebagian jelek dengan melipat keluar pinggir baju 1 mm serta disetik sisi dalam. Sisi pinggir kumeiserong dilipat 1-0, 5 cm lalu dikelim ke baju.
Serip
Penyelesaian ini kebalikan dari depun. Serip ini dapatlah juga sebagai hiasan yang bisa di buat dari kumeiserong atau menurut bentuk. Namun pinggir serip diselesaian dengan disetik pada baju.

Kelim

Penyelesaian sisi yang dilipat dengan tehnik spesifik.
a. Kelim Biasa
Kelim dikerjakan lewat cara tiras kampuh dengan lebar 2-4 cm dilipat 0, 5 cm serta dilipat lagi sesuai sama batas kampuh serta dijahit tangan dengan tusuk kelim sisi baik di ambil 1-2 serat saja.
b. Kelim Sungsang
Kelim ini diselesaiakan seperti kelim umum sisi baik tampak tusuk datar serat 1-2 serat. Namun penyelesaian sisi jelek tampak serta dikerjakan dengan tusuk balut.
c. Kelim Rompok
Kelim ini dipakai untuk merampungkan baju yang terbuat dari kain tidak tipis. Langkah penyelesaiannya : Pinggir kampuh yang bakal dikelim, dirompok serta dilipat sesuai sama batas kampuh lantas di selesaiakan dengan jahit tangan yakni tusuk kelim.
d. Kelim Konfeksi
Kelim ini umum dipakai disuatu konfeksi lantaran termasuk juga penyelesaian pinggir yang cukup simple serta cepat.
Langkah penyelesaiannya : Tiras kampuh dengan lebar 2-4 cm dilipat 0, 5 cm serta dilipat lagi sesuai sama batasan kampuh serta diselesaiakn dengan disetik segera ke baju.
e. Kelim Obras
Kelim ini dikerjakan dengan mengobras sisi pinggir kampuh yang bakal dikelim serta melipatnya sesuai sama batas kelim lalu diselesaiakan dengan jahit tangan yakni tusuk flanel.
f. Kelim Rol
Kelim ini umum dipakai untuk baju yang terbuat dari kain tembus jelas.
Langkah penyelesaiannya dengan dipilin sedikit untuk sedikit sisi pinggir kain (baju), lalu diselesaiakan dengan dijahit tangan yakni tusuk kelim dengan jarak 0, 5-1 cm.

0 komentar:

Post a Comment