, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

cara membuat pola kemeja lengan panjang pria

cara membuat pola kemeja lengan panjang pria

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
cara membuat pola kemeja lengan panjang pria

CARA MEMBUAT GAMBAR POLA KEMEJA PRIA

1. Menentukan garis dada, garis pinggang dan garis pinggul.


cara membuat pola kemeja lengan panjang pria-Tentukan titik A lalu buatlah garis vertikal dan horisontal yang saling berpotongan di titik A tersebut.
Dibawah A tentukan titik B dimana AB = panjang punggung.
Buatlah garis horisontal yang melalui titik B dan garis  itu disebut garis dada.
Dibawah B tentukan titik C dimana AC = panjang pinggang.
Buatlah garis horisontal yang melalui titik C dan garis  itu disebut garis pinggang.
Dibawah C tentukan titik D dimana AD = panjang pinggul.
Buatlah garis horisontal yang melalui titik D dan garis  itu disebut garis pinggul.
Dibawah D tentukan titik lalu buatlah garis horisontal yang merupakan batas bawah panjang kemeja pria.



2. Kemeja pria dipakai masuk celana bawahan (model jahitan samping lurus).
 Khusus untuk model jahitan samping lurus, yaitu kemeja pria yang semestinya ketika dipakai selalu masuk celana yang sedang dipakai, seperti kemeja seragam sekolah, kemeja untuk kerja baik di kantor maupun sales yang perlu berpakaian rapi, dan sebagainya.

2.a. Menggambar pola dasar bagian depan.



Sebelah kanan A ada titik E dimana AE = setengah dari lebar leher, atau bila yang diukur lingkar leher, maka
AE = seperenam dari lingkar leher.
Diatas B tentukan titik F, dimana BF = kontrol kemiringan bahu.
Sebelah kanan F tentukan titik G.
FG = setengah dari lebar punggung.
Sebelah kanan B ada titik H.
BH = seperempat lingkar dada ditambah 1 cm, karena pola depan lebih lebar dibanding pola belakang
Hubungkan E dan G dengan garis lurus, EG = lebar bahu.
Buat kerung lengan dari titik G, mula-mula garis lurus yang siku-siku tegak lurus dengan EG, setelah mendekati H dibuat garis lengkung.
Buat kerung leher  depan dimulai dari titik E, mula-mula garis lurus yang tegak lurus EG, setelah 2 cm membentuk lengkung lingkaran dengan jari-jari setengah dari lebar leher, atau dapat juga jari-jarinya = seperenam dari lingkar leher.
Dari titik H tarik garis lurus ke bawah sampai K yaitu batas bawah panjang kemeja yang akan dibuat. Pada bagian depan, ujung kerung leher ke bawah dilebarkan 1 cm, untuk tumpukan kain tempat pasang kancing baju. Dari kiri maju 1 cm dan dari kanan juga maju 1 cm, maka lebar tumpukan untuk pasang kancing baju menjadi 2 cm.
Supaya pundak tampak lebih bidang maka jahitan antara pola depan dan pola belakang di posisi pundak diturunkan 3 cm ke arah depan, jadi garis lipatan lengan nantinya tidak ketemu dengan jahitan pundak, tetapi posisi garis lipatan lengan berada 3 cm di belakang jahitan pundak.  Karena itu, dibawah EG, dibuat garis sejajar EG dan berjarak 3 cm dari EG.
Jadi, jahitan pada bahu maju ke pola depan 3 cm dari pola aslinya, dan gambaran pola depan kemeja pria tapak seperti gambar diatas.
Kemeja pria model jahitan samping lurus, tidak membutuhkan ukuran lingkar pinggang dan lingkar pinggul, karena semua dianggap sama dengan lingkar dadanya.

2.b. Menggambar pola dasar bagian belakang.


Supaya jelas dan mudah dipahami, berikut adalah perbedaan pokok antara gambar pola depan dan gambar pola belakang pada pola dasar kemeja pria model lurus samping,
Pada posisi garis dada,
pola depan = seperempat lingkar dada ditambah 1cm, sedangkan pola belakang = seperempat lingkar dada dikurangi 1cm.
Jadi pada garis dada, pola belakang lebih kecil 2 cm dibanding pola depan.
Buat garis vertikal yang berjarak 2 cm pada garis samping.
Pada posisi kerung leher belakang, lengkungannya jauh lebih datar dibanding kerung leher depan, hanya 1,5 cm dibawah titik A.
Posisi tengah belakang tidak ada tumpukan untuk pasang kancing, karena itu tidak perlu ditambah 1 cm seperti pada pola depan. Pola belakang dibuat pas pada posisi garis vertikal yang melalui titik A.
Pada posisi garis bahu atau pundak, gambar pola depan dikurangi 3 cm dari garis bahu yang asli, sedang gambar pola belakang ditambah 3 cm dari garis bahu yang asli. Jadi, pada posisi garis bahu, gambar pola belakang lebih tinggi 6 cm dibanding gambar pola depan.
Pada posisi kerung lengan belakang, lengkungannya lebih datar dibanding kerung lengan yang depan, karena lebar punggung memang lebih kecil dari lebar dadanya.
Dari kelima perbedaan yang telah diuraikan tadi, maka gambar pola belakang dapat dilihat pada gambar diatas, yang langsung bisa dibandingkan dengan gambar pola depannya yang digambarkan dengan garis titik-titik.
 
3. Kemeja pria dipakai diluar celana bawahan (model jahitan samping lengkung)
Bila kemeja pria model lurus samping dipakai diluar celana, tampaknya kemeja tadi tidak mapan ditubuh pemakainya, karena memang kemeja tersebut dirancang untuk dipakai didalam celana. Supaya kalau dipakai diluar celana kemeja tadi bisa tampak lebih mapan di tubuh pemakainya, maka gambar polanya harus memperhitungkan lingkar pinggang dan lingkar pinggulnya, bukan hanya memperhatikan lingkar dada saja.
Jenis kemeja pria yang dirancang untuk selalu dipakai diluar celana biasanya ditandai dengan kantong di kiri dan kanan bawah bagian depan. Misalnya pada baju kemeja batik, baju koko dan baju muslim yang selalu dipakai diluar celana atau kain sarung sebagai baju bawahnya.

Gambar pola kemeja pria yang dirancang khusus untuk selalu dipakai diluar celana bawahan adalah sebagai berikut:


Pada prinsipnya relatif sama dengan pola kemeja pria model jahitan samping lurus, kecuali perbedaan pada jahitan samping yang dibuat melengkung mengikuti bentuk tubuh calon pemakainya, yaitu:
•    Posisi garis dada, pola depan = seperempat lingkar dada ditambah 1 cm, sedangkan pola belakang = seperempat lingkar dada dikurangi 1 cm.   Jadi, pada posisi garis dada, lebar pola belakang = lebar pola depan dikurangi 2 cm.
•    Posisi garis pinggang, pola depan = seperempat lingkar pinggang ditambah 1 cm, sedangkan pola belakang = seperempat lingkar pinggang dikurangi 1 cm.   Jadi, pada posisi garis pinggang, lebar pola belakang = lebar pola depan dikurangi 2 cm.
•    Posisi garis pinggul, pola depan = seperempat lingkar pinggul ditambah 1 cm, sedangkan pola belakang = seperempat lingkar pinggul dikurangi 1 cm.   Jadi, pada posisi garis pinggul, lebar pola belakang = lebar pola depan dikurangi 2 cm.
Sementara posisi pada bagian lain relatif sama dengan pola kemeja pria model jahitan samping lurus yang telah dijelaskan sebelumnya.

4. Kemeja pria bisa dipakai dimasukkan maupun diluar celana bawahan
Pada prinsipnya relatif sama dengan pola kemeja pria model jahitan samping lurus, kecuali perbedaan pada jahitan samping yang dibuat melengkung mengikuti bentuk tubuh calon pemakainya, yaitu:


•    Posisi garis dada, bagian depan = seperempat lingkar dada ditambah 1 cm, sedangkan bagian belakang = seperempat lingkar dada dikurangi 1 cm.   Jadi, pada posisi garis dada, lebar pola belakang = lebar pola depan dikurangi 2 cm.
•    Posisi garis pinggang dibuat lengkungan sedikit, antara 1cm sampai 2 cm saja.  Pada posisi garis pinggang, lebar pola belakang = lebar pola depan dikurangi 2 cm.
•    Posisi batas bawah baju, lebarnya dibuat sama dengan lebar pada posisi garis dada.   Lebar pola belakang = lebar pola depan dikurangi 2 cm.
•    Sementara posisi pada bagian lain relatif sama dengan pola kemeja pria model jahitan samping lurus yang telah dijelaskan sebelumnya.



Busana Kemeja Pria | Menggambar Pola Busana

Pada posting sebelumnya telah kita bahas cara mengambil ukuran badan pria dewasa, dan saya harapkan penjahit sekalian sudah mempraktekkannya. Dalam menjahit busana, untuk menghasilkan busana yang sesuai dengan keinginan maka setiap proses harus dilakukan dengan seksama dan berurutan. Metode apapun yang kita gunakan dalam menjahit busana, bukanlah suatu masalah namun hanya perbedaan cara saja. Yang terpenting, adalah hasil akhir yang kita peroleh sesuai dengan harapan dan keinginan. Dalam pekerjaan menjahit metode apapun boleh digunakan, yang penting kita bisa menghasilkan busana yang sempurna sesuai keinginan kita.

Setelah kita bisa melakukan pengukuran untuk busana kemeja pria, selanjutnya mari kita pelajari cara menggambar pola busana dari hasil pengukuran yang telah kita lakukan. Untuk menggambar pola busana yang baik, diperlukan kesabaran dan pemahaman yang mendalam. Jika menemukan kesulitan dalam menggambar pola busana, silahkan penjahit sekalian meninggalkan komentar di blog ini, saya janji aka saya bantu sebisa mungkin. Toh, adanya blog ini memang bertujuan untuk berbagi ilmu, dan saling mengajarkan, jadi jangan khawatir, saya yakin pasti akan ada banyak orang yang mau membantu.

Sebelum mulai menggambar pola busana, harus kita persiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk menggambar. Berikut di bawah ini adalah alat dan bahan yang biasa saya gunakan untuk menggambar pola busana :
1.    Pensil dua warna, biasanya berwarna biru dan merah. Pensil ini bisa kita beli di toko peralatan menjahit maupun di toko alat-alat tulis.
2.    Kertas karton atau manila warna putih, namun jika kita ingin berhemat bisa kita gunakan kertas koran bekas.
3.    Spidol atau ballpoint.
4.    Penggaris lurus, saya biasa menggunakan penggaris dengan panjang 60 cm.
5.    Gunting, untuk menggunting pola busana yang sudah jadi.
6.    Lem kertas / isolasi, untuk menyambung kertas pola busana, jika kurang besar / panjang.
Jika semua alat dan bahan sudah kita siapkan, maka saatnya bagi kita mulai menggambar pola busana kemeja pria yang akan kita jahit nantinya. Berikut di bawah ini akan saya jelaskan cara menggambar pola kemeja pria. Untuk pedoman ukuran yang saya pakai adalah kemeja dengan ukuran “M”.
Ukuran :
1.    Panjang kemeja        : 67 cm.
2.    Lingkar badan        : 86 cm.
3.    Lebar pundak        : 44 cm.
4.    Lebar bahu            : 15 cm.
5.    Panjang lengan         : 26 cm.
6.    Lingkar ujung lengan      : 36 cm.
7.    Lingkar leher             : 42 cm.


 A.   POLA DASAR.

Semua pola busana digambar dari pola dasar. Pola dasar sendiri adalah gambar pola dari ukuran asli badan si pemakai busana. Dari pola dasar ini, nantinya akan kita kembangkan menjadi pola depan dan pola belakang busana yang akan kita jahit. Di bawah ini adalah urutan cara menggambar pola dasar busana kemeja pria.
1.    A-C        : Panjang kemeja = 67 cm.
2.    A-B = C-D    : ¼ Lingkar badan + kelonggaran + 1,5 cm (untuk tempat kancing).
: 86/4 + (+ 5 cm) + 1,5 cm = 28 cm.
3.    A-E = B-F = ½ pundak + kelonggaran (+ 3 cm)
            =  44/2 + 3 = 25 cm.
4.    A-A1 = B-B1 = turun bahu = + 4 cm.
5.    E-G = F-H = ½ E-C naik 3 cm.
6.    A-I : ke kanan 1,5 cm untuk garis kancing.

B.   Pola muka.

Dari pola dasar di atas, kita lanjutkan menggambar pola depan kemeja sesuai dengan urutan di bawah ini.
1.    -       A-1 = A-2 = 1/6 lingkar leher + 1,5 cm = 8,5 cm.
2.    -       Hubungkan titik 2 dengan garis kancing lurus titik 1 (titik x di tengah-tengahnya).
3.    -       Gambar titik x1 dari titik x dengan jarak 1 ¼ cm.
4.    -       2-3 = lebar bahu = 15 cm, gambar melewati garis A1-B1.
5.    -       3-4 tegak lurus dengan E-F.
6.    -       Titik S di tengah-tengah 3-4 lalu turun 1 cm.
7.    -       S-S1 ke arah kiri kurang lebih 1 ¾ cm.
8.    -       E-E1 naik kurang lebih 4,5 cm untuk garis saku.
9.    -       Catatan : bagian kiri saku agak dinaikkan sedikit kurang lebih 2 mm bertujuan untuk menghasilkan kesan lurus pada saku.
C.  Pola Belakang.
Jika pola depan kemeja sudah selesai, maka selanjutnya kita gambar pola belakang kemeja sesuai urutan di bawah ini.
1.    -       I-K  naik kurang lebih 5 cm.
2.    -       Gambar titik L di tengah-tengah I – K.
3.    -       K-5 = 1/6 lingkar leher = 42/6 = 7 cm.
4.    -       5 – 6 sejajar dengan 2 – 3 = lebar bahu = 15 cm.
Supaya lebih jelas, di bawah ini saya beri contoh gambar pola busana sesuai dengan ukuran pola busana di atas.


 
Nah, itu tadi cara menggambar pola depan dan pola belakang pada busana kemeja pria, pada artikel selanjutnya kita akan coba bahas cara menggambar pola lengan dan pola kerah pada kemeja. Semoga bermanfaat.


Busana Kemeja Pria | Metode Pengukuran



Pada artikel kali ini akan membahas tentang metode pengukuran busana kemeja pria. Dulu, waktu masih kursus menjahit, kemeja pria adalah materi praktek busana yang pertama kali saya dapatkan. Untuk busana ini termasuk paling mudah dalam pengerjaannya, dibandingkan dengan blous atau kemeja untuk wanita. Hal ini dikarenakan metode pengukuran pada badan pria lebih simpel daripada pengukuran untuk badan wanita. Bagi penjahit sekalian yang masih belajar cara menjahit, bisa mulai praktek dengan materi ini. Untuk bahan kain kemeja silahkan dipilih sesuai selera masing-masing, dan tidak perlu membeli bahan kain yang terlalu mahal harganya, karena toh ini masih dalam tahap belajar.

Pengukuran badan nantinya akan digunakan untuk pedoman menggambar pola kemeja yang akan kita jahit. Dengan melakukan praktek pengukuran kita bisa lebih mengerti dan memahami bagaimana busana yang baik dibuat. Metode pengukuran yang saya sampaikan ini, hanyalah berdasarkan pengalaman saya selama ini. Jika pembaca sekalian memiliki metode lain dalam pengukuran akan lebih baik lagi. Saya kira untuk metode pengukuran pada prinsipnya sama, jadi tinggal bagaimana kreatifitas membimbing kita.


I.    Persiapan.

•    Siapkan alat ukur yang akan digunakan, dalam hal ini pita ukur standard dengan panjang 150 cm.
•    Cari subjek / orang yang akan kita ukur badannya, bisa teman, saudara, tetangga, atau orang lain.
•    Putuskan terlebih dahulu model kemeja yang akan kita buat. Apakah itu kemeja lengan pendek, atau kemeja lengan panjang. Hal ini bisa kita lakukan dengan mencari referensi baik lewat media cetak dan elektronik, atau model kemeja yang trend yang pernah kita lihat di toko-toko di tempat kita.
•    Untuk pedoman ukuran bisa kita gunakan tabel di bawah ini.


Poin Pengukuran        S    M    L    XL
Panjang kemeja        62    67    75    80
A - B            25    27    30    33
Pundak            42    44    48    50
Bahu            13    15    17    19
Lengan            24    26    27    28
Lingkar Ujung Lengan    32    36    40    42
Leher            40    42    45    48
Lingkar Badan        80    86    90    94

Catatan:
-     ukuran di atas berdasarkan pada standard ukuran badan pria dewasa.
-    Ukuran lengan adalah untuk kemeja lengan pendek.
-    Ukuran dalam cm.
-    Tips : untuk ukuran yang lebih akurat, saya sarankan kita lakukan pengukuran sendiri pada badan orang yang akan kita buatkan kemeja, ini bertujuan agar kita lebih handal dalam melakukan pengukuran dan bisa menentukan hasil akhir dari busana yang akan kita jahit.


II.    Cara Pengukuran Kemeja Pria.

Berikut adalah item dan urutan, serta langkah - langkah pengukuran kemeja pria. 

1.    Panjang kemeja : di ukur pada pangkal leher samping ke bawah sampai dengan panjang yang dikehendaki.
2.    Lingkar badan : diukur melingkar pada badan yang terbesar melewati bawah ketiak.
3.    Lebar pundak : diukur dari batas bahu belakang kiri sampai dengan bahu belakang kanan dengan turun dari pangkal leher belakang kurang lebih 8 cm.
4.    Lebar bahu : diukur dari batas leher samping sampai dengan batas bahu.
5.    Panjang lengan (untuk kemeja lengan pendek) : diukur dari batas bahu sampai dengan panjang yang dikehendaki (kurang lebih 4-5 cm di atas siku).
6.    Panjang lengan (untuk kemeja lengan panjang) : diukur dari batas bahu sampai dengan panjang yang dikehendaki.
7.    Lingkar ujung lengan : -diukur melingkar pada batas ujung lengan kemeja, untuk lengan pendek.
-    Diukur melingkar pada batas ujung lengan kemeja + 2 cm.
8.    Lingkar leher : diukur melingkar pada leher dengan turun pada lekuk leher depan + 6 cm.

 sumber : https://www.academia.edu/8677803/CARA_MEMBUAT_GAMBAR_POLA_KEMEJA_PRIA


Nah, demikian metode pengukuran busana kemeja pria. Semoga bermanfaat

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara membuat pola kemeja lengan panjang pria

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang cara membuat pola dasar kemben

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment