, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

cara membuat sarung bantal tidur

cara membuat sarung bantal tidur

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
cara membuat sarung bantal tidur


Cara Membuat Sarung Bantal

2 Metode:Sarung Bantal BiasaSarung Bantal Dekoratif

cara membuat sarung bantal tidur-Apabila Anda mau belajar menjahit, membuat sarung bantal adalah cara yang bagus untuk untuk mulai belajar. Sarung bantal mudah dibuat dan bisa menjadi aksen dalam kamar tidur Anda. Pelajari cara membuat sarung bantal biasa dan bantal dekorasi menggunakan metode menggulung.


Metode 1 dari 2: Sarung Bantal Biasa

    1
    Pilih kain. Sarung bantal sering dibuat dari kain yang rasanya nyaman di kulit, seperti katun lembut, satin, flannel atau jersey knit. Pilih kain yang warnanya cocok dengan skema warna kamar tidur Anda, terutama bed cover dan seprei. Untuk membuat sarung bantal biasa, Anda memerlukan kain sepanjang 180 cm.
        Apabila Anda ingin menggunakan sarung bantal untuk tidur, pastikan Anda memilih kain yang bisa dicuci.
        Apabila Anda membuat sarung bantal untuk tujuan dekoratif, kain yang Anda pilih tidak harus lembut atau mudah dicuci. Pilih kain apa saja yang bisa mendukung skema warna kamar tidur Anda.
  
    2
    Potong kain. Untuk membuat sarung bantal biasa, gunakan gunting atau cutter untuk membuat potongan kain berukuran 112.5 cm x 90 cm. Apabila Anda menggunakan kain bermotif, potong kain agar motifnya lurus.

    3
    Lipat dua kain. Lipat kain searah panjangnya dengan bagian depan bertemu. Jadi bagian belakangnya sekarang di luar.
   
    4
    Jahit sisi panjang dan satu sisi pendek. Gunakan mesin jahit atau jahit tangan untuk menjahit bagian panjang kain. Balik kain dan terus menjadi satu sisi pendek. Setelah Anda selesai, balik kainnya dengan bagian muka keluar.
        Gunakan benang yang cocok dengan kain Anda atau benang yang warnanya kontas untuk memberi sentuhan tersendiri.
        Apabila Anda menjahit dengan tangan, jangan terburu-buru dan pastikan jahitan Anda benar-benar lurus. Anda bisa menggunakan jarum pentul untuk membantu Anda menjahit bila diperlukan.

    5
    Kelim bagian terbuka. Mulai dengan melipat bagian belakang kain untuk membuat keliman selebar 1.25 cm. Setrika kain untuk membuat lipatan. Lipat balik lagi, kali ini membuat keliman 7.5cm. setrika kain lagi dan gunakan mesin jahit atau jahit tangan untuk menjahit sekeliling keliman agar tetap pada tempatnya.

    6
    Dekorasi sarung bantal Anda. Anda bisa menambah pita, renda atau dekorasi lain untuk menghias sarung bantal. Anda bisa menjahit pita warna kontras di atas garis keliman atau dekorasi lain pada sarung bantal.
    Iklan

Metode 2 dari 2: Sarung Bantal Dekoratif

    1
    Pilih kain. Untuk metode ini, Anda perlu tiga lembar kain untuk kombinasi warna. Pilih satu lembar kain untuk menjadi bagian utama dari sarung bantal, kain kedua untuk keliman di sekeliling bukaan, dan kain ketiga untuk aksen.
        Pilih tiga kain berwarna solid atau tiga kain bermotif dengan warna serupa. Kainnya tidak harus persis cocok, tapi bila ada satu atau dua warna yang sama di ketiga akan lebih baik.
        Coba sarung bantal yang meriah sesuai dengan warna dan motif tema liburan. Sarung bantal sesuai tema akan menjadi kado yang bagus.

    2
    Potong kain. Gunakan gunting atau cutter untuk memotong kain dengan hati-hati sesuai dengan ukuran yang diperlukan. Untuk membuat sarung bantal biasa, potong kain ukuran 65cm x 110cm. potong kain kedua 30 cm x 110 cm. potong kain terakhir untuk lis 5 cm x 110 cm.

    3
    Setrika kain. Siapkan kain untuk dijahit, gunakan setrika untuk melicinkan kerutan. Setrika kain terbesar dan yang kedua rata. Lipat dua kain untuk lis sisi panjangnya dan setrika merata.
    4
    Letakkan kain. Letakkan kain kedua bagian muka ke atas di permukaan kerja Anda. Sejajarkan kain ketiga dengan tepi kain kedua sehingga tepi yang tidak rata di luar dan tepi yang di lipat di dalam. Terakhir letakkan kain pertama di atas kain kedua dan ketiga, muka kain menghadap ke bawah.
        Pastikan semua lapis kain sejajar sepanjang tepi atas.
        Tambahkan beberapa pentul di sepanjang tepi kain agar tidak berubah tempat.
    5
    Gulung kain. Gunakan jari untuk mulai menggulung kain pertama yaitu yang terbesar, ke arah pinggiran yang diberi pentul. Terus menggulung hingga beberapa cm dari pinggiran berpentul. Sekarang ambil kain kedua dan lipat ke gulungan, sejajarkan dengan tepi berpentul gunakan pentul lagi pada semua kain agar tidak bergerak.
    6
    Jahit tepinya. Gunakan mesin jahit atau jarum dan benang untuk membuat jahitan yang lurus sepanjang tepi kain yang diberi pentul. Jahitannya haru berjarak 1.3 cm dari tepi kain. Bukan jarum pentul saat menjahit.
        Pastikan jahitan menjahit semua lapisan kain.
        Pastikan jahitan selurus dan serapih mungkin. Apabila Anda perlu memulai dari awal, gunakan alat untuk membongkar jahitan, sejajarkan lagi tepi kain dan mulai menjahit lagi.
    7
    Balik gulungan kain keluar. Tarik ke belakang kain kedua untuk menunjukkan gulungan kain pertama di bawahnya. Perlahan tarik gulungan dan bali kain, kemudian ratakan di atas permukaan kerja Anda. Setrika sarung bantal agal semua komponen rata.
    8
    Jahit sekeliling tepi. Balik sarung bantal hingga bagian belakang kain menghadap keluar. Gunakan mesin jahit atau benang dan jarum untuk menjahit keliman di sekeliling tepi yang tidak rapi. Tinggalkan bagian keliman sarung bantal terbuka.
    9
    Balik sarung bantal sisi mukanya keluar. Letakkan rata dan setrika sebelum dipakaikan pada bantal.
    10
    Selesai.



Tips

    Coba katun 100%, linen atau sutra. Daur ulang kain.
    Ruang menjahit adalah kelebihan kain di luar jahitan.

sumber :http://id.wikihow.com/Membuat-Sarung-Bantal


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara membuat sarung bantal tidur

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang     cara membuat baju dari benang sulam

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment