, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Cerita Kursus Menjahit #1

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit

Cerita Kursus Menjahit #1
 belajar menjahit - Udah 2 minggu lebih aku ikutan kursus menjahit. Soal kursus tata rias yang kemaren, aku udah berhenti. Aku bosan, dan nggak minat untuk urusan rias merias. Nah, awal Desember kemarin aku dikasih info sama temen kosan kalo lembaga Ratu Mode bekerjasama dengan Pemerintah buka kursus menjahit level 1 secara gratis. Kursusnya hanya 3 kali dalam seminggu selama 3 bulan. Nggak perlu mikir panjang, aku langsung daftar.

Aku udah lama banget pengen belajar jahit. Karena emang suka jahit baju boneka waktu kecil, dan punya cita-cita bisa jahit gamis sendiri. Alhamdulillah dikasih kesempatan belajar, gratis tis tis !. Bahkan alat-alat menjahit dan kain bahan-nya sudah disediakan. Tinggal duduk manis dan belajar. Kursus menjahit level 1 ini materi-nya hanya membuat rok, baju atasan, dan baju anak-anak.
kursus 2

Alat yang disediakan. Praktek membuat pola dan menjahit

Materi yang dipelajari pertama kali adalah cara mengukur badan. Selanjutnya, membuat pola patokan dan membuat pola ulang ke kertas koran. Kemudian, memotong kain sesuai dengan pola yang ada di kertas koran. Dan terakhir, mengobras dan menjahit. Ternyataaa, susah ya membuat pola. Tetap perlu matematika, dan harus teliti ngukurnya. Jangan sampe salah ukur nanti baju-nya bisa kesempitan atau kebesaran. Dalam menggambar pola untuk orang amatiran macam aku, paling susah buat lingkar ketiak / lengan. Fhiiuh ~~

Sekarang aku udah masuk ke tahap menjahit rok. Selama ini aku nggak pernah sekalipun megang mesin jahit. Jadi dari kemarin yang kupelajari adalah menggoyang mesin jahit manual, dan latihan menjahit di kain perca. Yuhuuuu susaaah. Maunya jahit maju ini malah jahitnya mundur-mundur. Kakiku nggak jago nih goyang mesinnya. Putaran mesinnya balik-balik melulu. Nggak keitung berapa kali bolak-balik masukin benang ke jarum gegara putus dan  lepas. Dan berkali-kali bongkar sekoci gegara banyak benang yang bundet-bundet di dalam. Huhuhu aku serasa mau bilang STRESS !. Tapi malu ah sama ibu-ibu disana yang semangatnya 45 !.

kursus 1
Mesin jahit manual, belajar jahit perca, dan sukses macet gegara benang skocinya bundet-bundet (T_T) *hiks

Berkali-kali juga ibu-ibu disana ngajarin aku caranya goyang mesin biar singkron, tetep aja kakiku nggak singkron. Hey kaki, plis lah jangan bikin malu, masak goyang mesin aja gak bisa-bisa. Huhuhu. Dan gak berapa lama kemudian, akhirnya mereka nyerah ngajarin aku. Give up !. Sepertinya, mereka belum pernah bertemu dengan makhluk se-bebal aku sebelumnya.  So sad man… Semakin sedih, karena beberapa rekan kursus rok dan baju-nya udah hampir jadi, nah akuuu ? masih berkutat goyangin mesin dan ngejahit perca aja. Tetiba aku ngerasa aku bodoh dan nggak punya bakat disini. *pengen nangis guling-guling.

Suka^^4657
Jahitan rok mereka udah hampir jadiiii… Huhuhu. *Bukan iri tapi envy, hehe *Peace yo !

Aku belajar dari jam 2 – 5 sore, tetep aja aku belum bisa goyang mesin dengan benar. Yah, aku akui… ada rasa ragu-ragu, gugup, takut salah, sampe takut ketusuk jarum, mungkin karena itu aku nggak bisa-bisa. Maybe it takes a long time to go… Dan, karena ngeliat mukaku yang nelongso dari kemaren duduk di depan mesin jahit tapi gak ada hasil, Bu Ita pemilik lembaga menawarkan aku nyoba mesin jahit dinamo.  Huahahaha enak ternyata, gak pake goyang tinggal injek pedal, jahitan pun meluncur mulus !.

Ckckck, gak tau nih harus seneng atau sedih. Seneng ternyata ada solusi untuk kakiku yang gak bisa singkron dengan pake mesin jahit manual Tapi sedihnya, masak pake mesin manual aja ga bisa. Bukannya yang manual itu dasarnya. Ntar kalo mamakku nanya, “Kak Opik, mana hasilnya kursus jahit tu ?”, “Cobaklah mamak tes dulu pake mesin jahit tante belakang rumah ?”… Mengango-lah aku, gigit jari, secara mesin jahitnya tante tetangga kan manual. Huhu.  Tapi, ya sudahlah yang penting aku udah nemuin solusi yang memudahkankan. Nah, mamak kalo mau lihat kakak udah bisa jahit atau belum, belikan-lah kakak mesin jahit dinamo. Hahaha *ketawa ngelunjak.

Yo mesin jahit manual dan dinamo, mari bersahabat denganku !.

Note : Jadwal ujian seminar akhir (munaqasah) skripsi udah keluar, InsyaAllah aku ujian tanggal 23 Desember. Wish me luck !


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang belajar menjahit

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang pengukuran lingkar lengan,dada,kepala (tumbang)

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : https://ekaazzahra.wordpress.com/2013/12/17/cerita-kursus-menjahit-1/

0 komentar:

Post a Comment