, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tutorial dan Pola Flanel |Membuat Kreasi Kain Flanel

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Tutorial dan Pola Flanel |Membuat Kreasi Kain Flanel
 keuntungan menggunakan pola dalam membuat kerajinan kain flanel - cara membuat flanel, kreasi kain flanel, kerajinan flanel
 Tutorial Cara Membuat Kreasi Kain Flanel Menjadi Aneka Kreasi Flanel yang Menarik dan Bernilai Jual Tinggi
Ebook berisi tutorial cara membuat ribuan kreasi kain flanel, yang dapat menginspirasimu dalam berkreasi.
Ebook atau Buku Elektronik tutorial kreasi kain flanel ini dikemas dalam CD berisi file PDF dan JPG sehingga praktis dalam pengiriman maupun dalam penyimpanan.
Ebook ini cocok dimiliki oleh pemula maupun bagi tingkat mahir. Beberapa kasus para pengrajin kain flanel, setelah mereka menguasai teknik dasar kreasi flanel, masalah selanjutnya adalah kehabisan ide untuk pola kreasi kain flanel. Maka Ebook ini sangat cocok dimiliki, karena anda tidak akan kehabisan ide. Di dalam ebook ini tersedia ribuan pola kreasi kain flanel. Tutorial yang tersedia antara lain seperti kreasi boneka flanel, gantungan kunci flanel, hiasan rambut flanel, bros flanel, tempat pensil flanel, tas, mainan edukasi flanel, dan masih banyak lagi :D
Puluhan Ebook Mancanegara berbahasa Jepang dan Cina berisi beragam kreasi kain flanel yang sangat unik dan eksklusif. Dengan gambar tutorial yang Step by Step serta singkat, padat dan jelas, tutorial ini sangat mudah dipraktekan oleh pemula sekalipun. Belajar cara membuat kreasi kain flanel menjadi semakin menyenangkan.

Dilengkapi juga dengan pola kain flanel yang sudah siap pakai, akan mendukung hasil kreasimu. Karena pola merupakan kunci utama kreasi kain flanel. Namun tidak perlu kuatir, kamu tidak perlu repot menggambar pola untuk kreasimu, karena di e-book ini tersedia ribuan inspirasi kreasi kain flanel yang sekaligus dilengkapi dengan pola flanel.
Hasil Kreasi Kain Flanel :
Dapakai Sendiri = OK
Dijual = OK Banget !!!
Karena kreasi kain flanel bernilai jual tinggi dan sangat diminati. Minimal keuntungan 200% dari modal !!

Contoh perhitungan laba bisnis kreasi kain flanel:
Produk yang dijual : Sandal Boneka Flanel dijual dengan harga Rp 50.000

Modalnya cuma :
Harga Sandal Jepit Polos : Rp10.000
Biaya untuk hiasan (Boneka Flanel) : Rp 2.000

Nah dengan modal Rp 12.000 saja kamu dah untung Rp 38.000,-
Kalau dalam 1 bulan laku Sandal Boneka Flanel 200 pcs saja, kamu bisa untung Rp 7.600.000,- / bulan. Bisa Kan??

Ayo ! Tunggu apa lagi ? Rasakan Manisnya Bisnis Kresi Kain Flanel. Temukan Rahasianya!!


Ebook Tutorial + Pola Flanel ini sudah tersebar ke berbagai wilayah di Nusantara loh ^_^ 
Ayo jangan sampai kehabisan ya ? :D
Testi Testi…

================================================================
Selly – Medan : Aku udah terima ebooknya, makasih ya say …
Trias – Cilacap : Aku sudah buka cd ebooknya. Bagus, keren, cantik…. Walau bahasa tutorialnya mandarin gitu tapi mudah dipahami step by step nya.
Laila – Jaksel : Ebooknya OK, Kalau ada yang keren-keren lagi tar aku mo beli dah.
Harini – Semarang : Ebook nya dah aku terima sist, cepet banget nyampe. Makasih ya :D
Ina – Surakarta : Ebook nya dah nyampe nih sist, cepet banget ? Kalau ada ebook baru lagi, kabarin ya? Aku mau pesen lagi.

Arifa – Pekalongan : Ebook nya bagus, langsung praktek nih. hehe
Yuli – Palembang : Makasih ya sist, banyak bonusnya.


KARYA ILMIAH-ANEKA MACAM KREASI DARI KAIN FLANEL MERAMBAH BISNIS UKM


BAB I

PENDAHULUAN

1. A. Latar Belakang Masalah


Hiasan merupakan suatu yang dapat mempercantik barang yang lain atau benda lain. Hal itu berarti ada keterkaitan antara benda yang satu dengan benda yang lain, dan sangat jelas terlihat bila kita lihat misalnya antara tas pastinya dapat lebih menarik jika kita memberikan hiasan seperti gantungan kunci pada resletingnya. Hiasan seperi gantungan juga dapat dipakai sebagai gantungan kunci.

Dengan adanya kreativitaslah yang dapat menjadikan hiasan cantik menjadi unik, dan banyak orang yang ingin mengetahui bagaimana cara menjadikan barang yang mereka punya dapat terlihat lebih menarik. Oleh karena itu biasanya orang-orang mencari solusi dengan berbagai cara, salah satunya dengan bahan yang sederhana saja dapat dijadikan hiasan menarik seperti gantungan kunci kain flanel atau kan felt. Selain itu gantungan kain flanel juga banyak di pesan sebagai souvenir pernikahan, hadiah ataupun koleksi.

Seiring dengan banyaknya kebutuhan untuk mengkoleksi ataupun menjadikan souvenir, maka munculah pula bisnis yang menawarkan jasa pembuatan pernak-pernik dan souvenir lucu dari kain flannel.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan dilihat dari latar belakang tersebut dapat dirumuskan permasalah sebagai berikut :

1. Mengapa banyak orang yang tertarik dengan hiasan ataupun pernak-pernik dari kain flanel?

2. Apa yang di butuhkan untuk membuat gantungan dari kain flanel?

3. Berapa kisaran harga pada souvenir dari kain flanel?

4. Sasaran pasar yang bagaimanakah yang tepat untuk bisnis souvenir kain flanel?

5. Apa manfaat yang dapat diambil dari konsumen dan produsen?

C. Tujuan

Berdasarkan masalah diatas, karya tulis ilmiah ini di buat dengan tujuan :

1. Memberikan informasi kepada masyarakat untuk tetap mengembangkan dan melestarikan kreativitas yang dapat bermanfaat dalam bisnis UKM terutama dalam bisnis souvenir dari kain flanel.
2. Memberikan pengetahuan untuk memulai usaha UKM dalam bidang kreativitas melalui aneka souvenir dari kain flanel.
3. Memberikan ide – ide kreativ dalam mengembangkan usaha dengan kreativitas terutama dalam pembuatan souvenir dari kain flanel.

D. Maanfaat Penelitian

Manfaat dari karya tulis ilmiah ini adalah :

1. Memberikan pengetahuan kepada masyarakat, untuk memulai usaha bukan hanya dari yang besar.
2. Memberikan informasi dalam mengembangkan usaha melalui sebuah kreativitas yang sederhana.
3. Memberikan informasi apa saja yang dibutuhkan untuk membuka usaha kreativitas dari kain flanel.
4. Manfaat yang diperoleh penulis yaitu sebagai pembelajaran awal dalam menyusun karya tulis yang selanjutnya.

BAB II

LANDASAN TEORI

1. Awal Mula Bisnis Kreasi dari Kain Flanel

Berkreasi tidak hanya dapat dilakukan dengan barang yang rumit dan sulit didapat. Tetapi hanya dengan bahan yang sederhana dapat dijadikan hasil kreasi yang memuaskan bahkan dapat mendatangkan keuntungan. Kreasi juga bias dating dari sekedar hobi, hobi ternyata bisa mendatangkan keuntungan. Dari tangan-tangan kreatif, sebuah hobi bisa mendatangkan tambahan penghasilan dalam jumlah yang lumayan. Hal utama yang diperlukan dalam mengembangkan bisnis adalah komitmen. Aneka kreasi Anda bisa dijadikan souvenir/cinderamata. Salah satu krativitas yang bisa dijadikan souvenir adalah kain flanel. Kain flannel tidak hanya mengandalkan kretivitas tetapi juga harus dibarengi oleh keterampilah menjahit. Untuk itu bagi anda yang sangat tertarik dengan pernik dari kain flannel, jika ingin membuat sendiri harus memiliki keteram
pilan menjahit.

Hiasan ataupun souvenir ini banyak diminati oleh anak-anak, remaja ataupun orang dewasa. Bentuknya yang unik dan lucu sesuai pemintaan membuat orang menyukai souvenir tersebut. Kegunaan kerajinan ini adalah sebagai souvenir ulang tahun, koleksi, souvenir pernikahan, hadiah ulang tahun, dll.

Bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan yang mudah didapat dan murah. Hal yang diperlukan dalam membuat kerajinan adalah kreatif. Dengan kreativitas, akan tercipta bentuk-bentuk yang unik dan lucu. Harga untuk bahan bakunyapun relative murah. Kemudian bahan – bahan lainnya seperti ring gantungan dan benang sangat mudah didapat serta mudah dijangkau.

BAB III

METODE PENELITIAN

A. Waktu dan Tempat Penelitian

Bekasi Timur, Perumnas 3 pada hari Senin, 23 November 2009

B. Sumber Penelitian

Pemilik Rumah Industri Kecil, sebagian pegawai dan konsumen

C. Metode yang di Ambil untuk Penelitian

1. Survei.

2. Wawancara

BAB IV

HASIL PENELITIAN

A. Informasi yang dapat diberikan Sebagai Ketertarikan Konsumen

Sesuatu yang dibuat dengan cara sederhana tetapi memiliki daya terik dan keunikan tentu saja dapat membuat sebagian orang menjadi penasaran. Seperti pada halnya kreasi yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar kain flanel ini dapat menarik masyarakan untuk mengkoleksi ataupun untuk dijadikan sebagai souvenir.

Dalam pembuatan kreasi pernak-pernik dari kain flanel ini bukan hanya kretivitas yang dibutuhkan tetapi juga keterampilan menjahit, karena biasanya dalam pembuatanya yang biasa dipesan harus sesuai dengan permintaan si konsumen.

B. Alat dan Bahan yang Dibutuhkan dalam Pembuatan Kreasi dari Kain Flanel

Dalam pembuatan pernak-pernik dari kain flanel tentu saja harus menggunakan alat dan bahan. Alat dan bahan yang digunakan sangat sederhana dan mudah didapat, seperti :

1. Kain flanel dengan ukuran sesuai selera
2. Gunting kain
3. Benang woll
4. Lem ( jika diperlukan)

5. resleting (jika diperlukan)
6. dakron
7. ring gantungan (jika diperlukan)

Alat dan bahan tersebut dapat digunakan sesuai dengan bentuk dan motiv yang diinginkan. Bentuk bentuknya juga bervariasi seperti bentuk buah-buahan, kepala binatang dan dengan berbagai fungsi seperti untuk gantungan, tempat HP, tempat pensil, taktakn gelas, pembatas buku, dompet koin dan lain-lain.

C. Kisaran Harga untuk Souvenir Kain Flanel

Pernak-pernik dari kain flannel ini tersedia dengan berbagai ukuran dan harganyapun bervariatif, di sesuaikan dengan ukuran dan tingkat kesulitan dalam pembuatannya. berbagai macam aksesoris flanel seperti dompet koin, gantungan kunci, dll. Semua kerajinan dikerjakan dengan jahit tangan (hand made).

Sebagai sample harga sebagai berikut :

* Dompet Koin Strawberry Rp. 6.000,- (ukuran 11 x 11 cm)
* Dompet Koin Aneka Binatang Rp. 5.000,- (ukuran rata-rata 10 x 10 cm) Kecuali Dompet Koin Sapi Rp. 6.000,-
* Kantong HP Rp. 5.000,- (ukuran 7 x 16 cm)
* Gantungan Kunci/HP Rp. 3.000,- (ukuran 5 x 5 cm)
* Magnet Binatang Rp.3.000,- (ukuran 5 x 5 cm)
* Pembatas Buku Rp.2.000,- (ukuran 3,5 x 14 cm)
* Tatakan Gelas Rp. 1.500,- (ukuran 7 x 7 cm)
* Aneka Gantungan/Magnet Huruf Rp. 1.500,- (ukuran 5 x 5 cm)

Dan sebagai sample, ini salah satu langkah dasar kreasi kain flannel:

* Persiapkanlah bahan dan alat yang digunakan seperti: kain flanel aneka warna, benang sulam & benang jahit, jarum, gunting, manik-manik hitam, ritsleting, tali, dan lem serbaguna.
* Buatlah pola kreasi yang diinginkan pada kertas karton, gunting lalu pindahkanlah pola tersebut pada kain flanel dengan menggunakan pensil/pulpen gel (untuk kain flanel berwarna cerah) atau kapur jahit (untuk kain flanel berwarna gelap).
* Gunakanlah kain flanel yang bersih dan tidak memiliki bekas lipatan. Untuk merapikan kain flanel yang memiliki bekas lipatan, seterikalah dengan hati-hati dan suhu seterika jangan terlalu panas.
* Untuk memudahkan menjahit risleting, jelujurlah terlebih dahulu atau berilah sedikit lem.
* Gunakanlah benang sulam untuk menjahit kain flanel, warnanya disesuaikan dengan warna kain flanel.
* Ada beberapa jenis teknik tusuk jahit dan tusuk hias, diantaranya tusuk feston, tikam jejak, jeruji dan tusuk pipih. Yang paling sering digunakan adalah tusuk feston karena selain memperindah bentuk kreasi yang dihasilkan, tusuk feston ini berguna untuk merapikan pinggiran kain flanel, menggabungkan 2 lembar kain yang memiliki bentuk dan ukuran yang sama, serta untuk menjahit ritsleting pada kain.

Bab V

PENUTUP

A. Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat di simpulkan sebagai berikut :

1. Kita dapat memulai usaha tidak hanya dengan biaya yang besar dan cara yang rumit, tetapi hanya dengan kreativitas yang perlu ditingkatkan dapat menghasilkan peluang bisnis yang menguntungkan.

2. Dalam menjalankan bisnis yang membutuhkan kreativitas, harus lebih ditingkatkan pada keunikan sehingga barang yang dihasilkan memiliki daya tarik tersendiri.

B. Saran

Bagi para pengusaha pemula, dapat dilihat saran sebagai berikut :

1. Mulailah usaha dengan modal yang memadai. Serta pastikan modal tersebut dikelola dengan baik dan benar.

2. Pilihlah tempat pemasaran yang sesuai usaha anda dengan tepat. Tempat dengan sasaran pasar.

3. Pastikan promosi dilakukan secra maksimal untuk memperkenalkn bisnis towel cake anda yang telah di jalankan, dapat melalui media cetak maupun face to face atau dengan demo.

4. Tampilkan kreativitas – kreativitas baru yang unik, menarik agar dapat menarik hati para konsumen.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang keuntungan menggunakan pola dalam membuat kerajinan kain flanel

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Pola macam macam bentuk model rok

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://caramembuatflanel.blogspot.co.id/2013/05/caramembuatflanel.html
http://www.faqih.org/karya-ilmiah-aneka-macam-kreasi-dari-kain-flanel-merambah-bisnis-ukm/

0 komentar:

Post a Comment