, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Beragam Kerajinan Bahan Lunak yang Menjanjikan

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Beragam Kerajinan Bahan Lunak yang Menjanjikan
 menganalisis kerajinan dari bahan lunak - Bagi Anda yang memiliki jiwa seni tinggi, keahlian mengolah materi, dan punya segudang ide, tak ada salahnya Anda mencoba membangun usaha kerajinan. Ada banyak sekali jenis kerajinan yang bisa Anda coba. Semua tergantung keahlian dan kemampuan Anda menguasainya. Salah satunya menghasilkan produk kerajinan bahan lunak.

Produk kerajinan bahan lunak memanfaatkan bahan-bahan dasar bersifat lunak. Bahan lunak ini terbagi menjadi dua, yakni bahan lunak buatan dan bahan lunak alami. Bahan lunak buatan merupakan bahan-bahan yang diolah menjadi lunak, misalnya bubur kertas, gips, lilin, sabun, dan sebagainya. Sedangkan bahan lunak alami merupakan bahan-bahan lunak yang didapatkan dari alam, misalnya serat alam, kulit, dan tanah liat.

Produk kerajinan bahan lunak bisa dimanfaatkan oleh konsumen Anda sebagai benda pakai dan benda hias. Sebagai benda pakai, misalnya wadah dan busana. Sedangkan untuk benda hias dimaksudkan sebagai pajangan saja.

Serat alam


Kerajinan bahan lunak yang pertama adalah kerajinan dari serat alam. Mayoritas kerajinan serta alam dilakukan dengan metode menganyam. Produk yang dihasilkan, di antaranya tempat lampu, topi, tas, taplak meja, dan lain-lain.


Lilin


Membuat kerajinan dari bahan lilin dilakukan dengan cara mengukir dan mencairkan lilin. Sifat lilin yang mudah dibentuk. Pembuatannya pun terbilang cepat. Contoh produk dari bahan lilin, yakni lilin hias, hiasan dinding, dan boneka.

Sabun

Selain untuk mandi, sabun bisa dimanfaatkan untuk kerajinan tangan yang menghasilkan uang. Sabun dapat diolah dengan cara mengukir dan membentuknya. Produk yang dihasilkan, di antaranya boneka dan aksesori cantik.

Kulit

Kerajinan bahan lunak yang menjanjikan lainnya adalah kerajinan dari bahan kulit. Kerajinan ini dihasilkan dari kulit yang sudah disamak, kulit sintesis atau mentah. Harga produk kerajinan dari kulit juga terbilang mahal. Kulit yang bisa dimanfaatkan berasal dari sapi, kerbau, ular, buaya, dan kambing. Produk kerajinan dari kulit, di antaranya jaket, dompet, sepatu, dan tas.

Gips

Gips adalah bahan mineral yang tak larut di air dalam waktu lama. Gips mengandung zat hiodrat kalsium sulfat. Dalam membuat kerajinan dari gips, harus dicairkan terlebih dahulu untuk membentuknya. Dibandingkan keramik, gips lebih mudah diolah, karena tak memerlukan proses pembakaran. Produk dari gips yang bisa Anda jual, di antaranya frame foto, boneka, celengan, dan aneka suvenir.

Tanah liat


Kerajinan bahan lunak terakhir adalah tanah liat. Kerajinan ini sangat populer di tanah air, sehingga ada kota yang memiliki ciri khas kerajinan ini, sebut saja Plered di Purwakarta. Ada tiga cara membuat produk kerajinan dari bahan tanah liat. Pertama, tanah liat bisa dibentuk dengan menggunakan tangan, caranya memijat-mijat tanah liat itu. Kedua, tanah liat dibentuk dengan cara mencungkil menggunakan alat tertentu. Ketiga, dengan alat putaran. Di negeri kita, kerajinan dari tanah liat ini dikenal pula kerajinan keramik. Kerajinan ini juga bisa dibuat lebih menarik lagi, dengan menambahkan ragam hias. Contoh produk dari tanah liat, di antaranya vas bunga, asbak, guci, piring, mangkuk, gerabah, gelas, dan aneka pajangan.

Untuk melihat apakah usaha kerajinan bahan lunak Anda sukses atau tidak, Anda perlu menetapkan kelayakan usaha, yang meliputi analisis kelayakan teknis, analisis peluang pasar, jumlah pembelian potensial tiap segmen pasar, sumber informasi pasar, dan uji coba pasar. Bagaimana, Anda tertarik usaha kerajinan bahan lunak?


Menganalisis unsur estetika dan ergonomis karya kerajinan dari bahan lunak [download]

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang menganalisis kerajinan dari bahan lunak

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Kain Tenun Tradisional Tidak kalah Menarik Dengan Kain Modern

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://www.seputarukm.com/beragam-kerajinan-bahan-lunak-yang-menjanjikan/

0 komentar:

Post a Comment