, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

PERLENGKAPAN BATIK CAP

PERLENGKAPAN BATIK CAP

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
PERLENGKAPAN BATIK CAP
    
alat yang digunakan untuk membuat batik cap - Batik tidak lepas dengan perkembangan daya piker manusia dan juga teknologi. Dalama pembuatannya pun mulai mengenai nilai ekonomis yakni dengan munculnya teknik pembuatan menggunakan cap. Pembuatan batik dengan teknik ini sekilas tampak sama dengan batik tulis namun jika dilihat lebih lanjut sangant berbeda dari batik produksi tangan langsung (handmade). Walaupun begitu dalam kesempatan ini saya mencoba menyampaikan beberapa peralatan yang dibutuhkan dalam mebuat batik cap.

a. Kasur (Bantalan)

Bantalan Kasur ini terbuat dari kapas yang dibungkus dengan kain, berfungsi sebagai lapisan bantalan kain mori yang akan dicap.

b. Taplak


Taplak ini terbuat dari kain katun yang berfungsi untuk lapisan kasur

c. Kompor

Tebuat dari besi dengan menggunakan sumbu, berfungsi untuk perapian saat melelehkan lilin malam

d. Anglo Besar

Anglo ini terbuat dari gerabah yang berfungi untuk tungku yang didalamnya diletakkan kompor untuk perapian. Penggunaan Anglo ini untuk melindungi api dari angin sehingga api dapat menyala lebih tenang.

e. Meja

Meja ini terbuat dari kayu yang berfungsi untuk meletakkan kasur bantalan.

f. Loyang

Loyang terbuat dari besi dan berbentuk seperti wajan dengan dasar datar dan berdiameter 40 cm, loyang ini berfungsi untuk tempat lilin malam saat dipanaskan.

g. Angsang

Angsang ini terbuat dari tembaga dengan permukaan berupa anyaman strimin yang diletakkan pada loyang. Angsang ini berfungsi untuk lapisan dasar pada permukaan loyang.

h. Serak Kasar dan Serak Halus

Serak kasar dan serak halus ini terbuat dari kain katun dengan bentuk seperti kain kasa berfungsi sebagai lapisan diatas angsang untuk meletakkan cap saat pengambilan lilin malam yang sudah meleleh.

i. Londo

Berupa jambangan kecil yang berisi air dan abu yang berfungsi untuk dipergunakan membasahi kasur agar tetap basah saat akan dipergunakan untuk meletakkan mori saat akan dicap.

j. Alat Cap


Alat cap ini terbuat dari tembaga dengan kombinasi besi dengan pemukaan untuk berupa motif batik. Cap ini berfungsi untuk meletakkan lilin malam
dengan motif batik pada permukaan kain mori

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang alat yang digunakan untuk membuat batik cap

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Sulaman Bayangan, Terbaik se-Asean

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : https://cantingbatik.wordpress.com/2008/05/28/perlengkapan-batik-cap/

0 komentar:

Post a Comment