, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Baju Cele Khas Ambon

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Baju Cele Khas Ambon
  baju cele terbuat dari - Ada yang pernah dengar baju Cele ? Yak, itu adalah pakaian khas dari kota Ambon, Maluku . Namanya unik, yah!

Baju Cele bermotif garis-garis geometris atau berkotak-kotak kecil. Biasanya, baju Cele  dikombinasikan dengan kain sarung yang warnanya tidak terlalu jauh berbeda, yang penting harus seimbang dan serasi.

Kapan masyarakat Ambon menggunakan baju adat itu? Baju cele  dipakai dalam upacara-upacara adat (acara pelantikan raja, acara cuci negeri, acara pesta negeri, acara panas pela, dan lain-lain.).

 
Supaya lebih terlihat serasi, baju Cele  pun dikombinasi dengan kain pelekat yang dinamakan disalele. Pemakaian sarung ini ada di luar dan melapisi baju yang ada di dalamnya.

Sarung dipakai sampai batas lutut dan menggunakan lenso, yaitu sapu tangan yang diletakan di pundak. Biasanya pakaian ini digunakan tanpa alas kaki tapi ada juga masyarakat yang menggunakan selop sebagai gantinya.

Baju CeleEnggak ketinggalan, bagi wanita, biar lebih cantik, rambut pun dikonde. Konde atau sanggul yang digunakan yaitu konde bulan yang diperkuat lagi dengan tusukan konde yang disebut haspel. Tusuk konde itu benar-benar spesial karena terbuat dari emas atau perak.

Nah, apakah diantara kamu yang ingin menggunakan baju cele ?


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang baju cele terbuat dari

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang     BAHAN AJAR

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://www.kidnesia.com/Kidnesia2014/Indonesiaku/Teropong-Daerah/Maluku/Seni-Budaya/Baju-Cele-Khas-Ambon

0 komentar:

Post a Comment