, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

SULAMAN MINNAGKABAU

SULAMAN MINNAGKABAU

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
SULAMAN MINNAGKABAU

 gambar sulaman serta penjelasan - BAB I PENDAHULUANSEJARAH SULAMAN

Bordir / Sulam dahulu dianggap sebagai seni kerajinan ketrampilan tangan bagimasyarakat yang ditemukan pada sekitar 600 –1225 tahun yang lalu.Dari tinjauan sejarah disebutkan bahwa pengaruh terbesar budaya tradisi cita kainyang terbuat dari serat halus di Asia Tenggara adalah karena adanya jalur perdagangan lautdari daratan Cina menuju India, Madagaskar dan terus ke benua Eropa. Selain melewatiJalur Sutera dari daratan Cina menuju Eropa lewat Persia dan Konstatinopel.

Pengaruh bordiran / sulaman dari Cina mulai terus meluas hingga ke Yunani danRomawi ( Benua Eropa ), Siberia ( Asia Tenggah ), Palmira dan dan Siria. Denganberjalannya zaman, bordiran dan sulaman semakin menyebar ke penjuru duni, hinggamenghasilkan bordiran / sulaman dengan ciri masing –masing dari tiap negara.Selat Malaka merupakan jalur terpenting dalam perjalanan penyebaran bordir / sulamkarena banyak Kerjaaan maupun Kesultanan berada dijalur tersebut. Mulai dari arah utaraada Kerajaan Kampuche, Kerajaan Siam, turun ke selatan ada Kerajaan Sriwijaya hingganaik kembali ke arah barat ada kesultanan Deli dan Samudera Pasai di Aceh.Pengaruh tersebut sedemikian besar yang tercermin dari kekayaan ragam maupunmotif. Cita kain yang berkembang ditiap kerajaan maupun kesultanan tersebut dimasalampau terlebih di wilayah Indonesia bagian barat khususnya Pulau Sumatera.Tepatnya pada abad ke 7 –14 sulaman mulai masuk ke dalam Indonesia ketika Cinadan India berdagang rempah –rempah dengan suku Minangkabau. Saat itu sukuMinangkabau yangterletak di Sumatera Barat, memiliki lokasi Strategis untuk berdagang.Berasal dari situasi tersebut pula terjadilah ikatan kebudayaan dan agama anatra negaraberkembang dengan Minangkabau.


Di daerah Minangkabau yang dahulu dikenal dengan Kerajaan Pagaruyung,perkembangan tradisi cita kain yang sangat erat melekat dengan tradisi busana adatistiadat setempat dimana yang hingga saat ini masih dikenal seperti kain tenun Silungkang,Tenun Pandai Sikek dan masih banyak lainnya.Kain dan benang yang dipakai untuk sulaman berbeda-beda menurut tempat dannegara. Sejak ribuan tahun yang lalu, kain atau bedang dari wol, linen, dan sutra sudahdipakai untuk membuat sulaman. Selain benang dari wol, linen, dan sutra, sulaman modernmenggunakan benang sulam dari katun atau rayon.

 Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang gambar sulaman serta penjelasan

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang APA ITU PRAKARYA ?

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://id.scribd.com/doc/134878179/SULAMAN-MINNAGKABAU#scribd

0 komentar:

Post a Comment