, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Cara Membuat Baju Boneka Barbie

 Cara Membuat Baju Boneka Barbie


cara membuat baju barbie - 3 Metode:Membuat Gaun dari Lengan Kaus LamaMembuat Baju dari Kaus Kaki Lama Membuat Rok dari Kain



Harga baju boneka barbie mungkin saja mahal, tetapi hal ini adalah kebutuhan bagi anak-anak yang menyayangi bonekanya. Baju yang berukuran sangat kecil ini juga sangat mudah dihilangkan oleh anak-anak dan sering kali harus diganti dengan yang baru. Untuk menghemat sedikit pengeluaran Anda serta mengurangi frekuensi kunjungan ke toko mainan, berikut ini adalah beberapa cara membuat baju barbie yang bisa Anda lakukan sendiri!

Metode 1 dari 3: Membuat Gaun dari Lengan Kaus Lama

 

    1
    Carilah lengan kaus lama. Bagian ini akan menjadi bahan gaun boneka, jadi pilihlah pola/kain apa pun yang Anda mau. Potong lengan di tempat pertemuannya dengan badan kaus.
 

    2
    Buatlah bentuk gaun. Mulailah dari bagian atas tempat potongan berbentuk diagonal sudah terbentuk (karena cara menjahitkan lengan kaus ke badannya), balik lengan dari dalam keluar, dan lipatkan sehingga ada bagian sekitar 2,5 cm yang tumpang tindih di satu sisi, serta 5-7,5 cm bagian yang tumpang tindih di sisi lain (karena adanya potongan berbentuk diagonal).

    3
    Pasangkan karet elastis di bagian atas gaun. Letakkan selembar karet elastis sejauh 1,2 cm dari ujung atas gaun. Tarik erat mengelilingi gaun, dan potong sepanjang yang
Anda inginkan, rekatkan kedua ujung karet dengan lem kain. Lipat sisa kain di atas karet elastis dan jahit bagian bawah karet untuk membuat selubungnya.
        Anda juga bisa membuat kerut-kerut   kain di bagian atas gaun untuk membuatnya semakin bergaya.
    4
    Berikan sentuhan akhir. Potongan berbentuk diagonal pada gaun (karena bentuk asli dari lengan kaus) akan memberikan tampilan gaun panjang dengan ujung diagonal. Tambahkan kalung yang manis untuk melengkapi tampilannya.


Metode 2 dari 3: Membuat Baju dari Kaus Kaki Lama


    1
    Buatlah celana. Baju ini bisa dikenakan baik oleh boneka pria maupun wanita, bergantung pada pola yang Anda gunakan.
        Carilah kaus kaki lama (kaus kaki separuh betis adalah pilihan yang paling tepat), dan potong bagian telapak kakinya. Buang bagian telapak kaki, dan balik sisanya dari dalam keluar. Dimulai dari bawah, potong bagian tengahnya hingga sekitar 3,7 cm dari ujung atasnya.
        Jahitkan potongan yang baru Anda buat menjadi dua bagian terpisah. Untuk mencegah kain kaus kaki berjumbai, gunakanlah jahitan pola berbiku-biku yang disebut dengan serging.[3][4] Jahitan ini akan membuat dua kaki celana yang berbeda. Balik celana dari dalam keluar untuk mendapatkan celana yang selesai terjahit dan rapi untuk boneka barbie Anda. Pinggang karet secara alami akan terbentuk dari karet di ujung atas kaus kaki.
   

    2
    Buatlah kaus atau gaun. Cara ini bisa digunakan untuk kedua jenis baju (baik kaus maupun gaun); perbedaannya adalah panjang kaus kaki.
        Pilihlah kaus kaki Anda (gunakanlah kaus kaki anak-anak, dan jangan kaus kaki dewasa), kemudian potong sesuai dengan rancangan baju Anda. Jika Anda membuat gaun, potong kaus kaki beberapa cm di atas bagian telapaknya. Jika Anda membuat kaus, potong 7,5 - 10 cm dari ujung atasnya.
        Buatlah lubang lengan dengan membuat lubang berbentuk V di setiap sisi kaus kaki, tepat di bawah karet elastis kaus kaki.
 

    3
    Buatlah rok. Cara ini sangat cocok untuk mengganti baju barbie yang hilang dengan mudah dalam waktu singkat.
        Cara ini membuat rok barbie ini sangat sederhana dan cepat. Carilah kaus kaki anak-anak atau balita, dan potong sesuai panjang yang diinginkan. Panjang ini tentu saja tergantung pada seberapa panjang atau pendek rok yang Anda inginkan (antara 5 hingga 10 cm). Bahan kaus kaki yang bisa merenggang akan memungkinkan ukuran rok pas dengan tubuh boneka barbie Anda tanpa membutuhkan langkah lainnya.


Metode 3 dari 3: Membuat Rok dari Kain


    1
    Potong kain. Tentukan apakah Anda ingin menggunakan selembar atau dua lembar kain untuk tampilan yang lebih unik. Seluruh kain (baik satu atau dua lembar kain) harus memiliki lebar antara 5 hingga 10 cm, tergantung pada panjang akhir rok yang Anda inginkan, dan panjang sekitar 17,5-20 cm (untuk mengelilingi boneka barbie). Ukur kain di sekitar tubuh boneka barbie dan buang kelebihannya. Berikut ini adalah panduan cara untuk menyelesaikan langkah ini.[5]
   

    2
    Jahitkan kain menjadi satu. Jika Anda memilih menggunakan dua lembar kain, letakkan keduanya mengarah ke bawah dan jahitkan menjadi satu. Anda bisa menggunakan mesin jahit, atau menjahit garis lurus dengan jarum dan benang pada langkah ini.
   

    3
    Pasangkan karet elastis.[6] Letakkan selembar karet elastis di belakang kain sekitar 1,2 cm dari ujung atas rok. Lipatkan kain ke atas karet elastis dan jahitkan hingga erat.[7] Bagian ini akan menjadi pinggang karet elastis pada rok. Potong sisa karet elastis dari setiap sisinya.
   

    4
    Jahit kelim rok. Balik kain ke arah Anda dan lipat menjadi separuhnya sehingga rok akan tampak "terbalik" dan Anda bisa menjahit tepinya (dengan cara serging). Kemudian balik kembali rok ke arah Anda, dan rok boneka Anda siap!
   

    5
    Selesai.


Tips

    Saat menjahit atau memotong kain, cobalah melakukannya dalam satu garis lurus. Hal ini akan membuat baju boneka barbie buatan Anda tampak lebih profesional.


Peringatan

    Pilihlah kaus kaki dengan ukuran yang tepat. Kaus kaki setinggi lutut tidak akan sesuai untuk boneka barbie, dan kaus kaki anak-anak biasanya lebih cocok untuk boneka barbie dibandingkan dengan kaus kaki dewasa.

Hal yang Anda Butuhkan

    Kaus kaki
    Jarum
    Benang
    Gunting
    Lem kain
    Lengan kaus
    Karet elastis

    Mesin jahit (pilihan)
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Cara Membuat Baju Boneka Barbie

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara membuat baju barbie


, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Cara Membuat Pola Dasar Pakaian Wanita

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://id.wikihow.com/Membuat-Baju-Boneka-Barbie

0 komentar:

Post a Comment