, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Belajar Jahit Otodidak

 Belajar Jahit Otodidak

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi,  kursus menjahit
 Belajar Jahit Otodidak

belajar menjahit - Hai moms. ini pos pertama aku. Sengaja bikin blog baru. Niatnya mau diisi tentang pengalaman- pengalaman jadi seorang "Full Mom" at home. Hihihihi

Terkadang ditengah ngurusin anak dan rumah pasti ada rasa jenuh ya buat moms semua. Ini jugayang aku rasain. Pengin punya hobi untuk menyalurkan bakat sekaligus tetep fun. Nah akhirnya aku kepikiran tuh moms buat belajar jahit. Tapi kondisi sekarang belum memungkinkan kalo belajar jahit di tempat kursus. Jai akhirnya aku putuskan untuk belajar secara otodidak.

Ternyata belajar jahit otodidak itu juga ga segampang yang aku bayangkan. Ada beberapa hal yang dibutuhkan dalambelajar jahit secara otodidak.

1. Niat dan Tekad yang Kuat.

Moms, sebelum belajar jahit mendingan dimantepin dulu deh. Apakah bener2 serius atau cuma keinginan sesaat. Yang namanya belajar jahit itu ga segampang membalikan telapak tangan. Ditengah jalan pasti kita nemuin kesulitan2. Nah, disini moms harus selalu yakin untuk mengatasi kesulitan tsb. hindari pikiran "Ko susah ya gambar polanya", "Aduh jahitanku ko gini" dsb. selalu berpikir positif. "pasti bisa", "wah harus belajar lagi nih", "namanya juga proses belajar, ga ada yang ga pernah salah. Semangat Belajar lagi."

2. Tambah Ilmunya Lewat Berbagai Media

Untuk mendapat ilmu tentang menjahit ada banyak hal yang bisa dilakukan. Alhamdulillah dengan kecanggihan teknologi saya benar2 dimudahkan. Untuk teknik2 dasar menjahit saya dapatkan lewat aplikasi android (donlot di playstore ada moms), namanya 'Mari Belajar Menjahit'. Disitu ditunjukkan teknik menjahit dasar, cara mengukur dan menggambar pola.

Tapi ilmu di aplikasi tersebut menurut saya masih terbatas. Akhirnya saya beli buku judulnya "Panduan Lengkap Menjahit" karya Ibu Yogi B. Buku ini menurutku berguna banget moms. Jadi didalamnya juga ada pola-pola berbagai jenis pakaian. pola bikin rok macem2, kerah dsb. Harga bukunya sendiri kalo ga salah 50-70rban. Waktu itu aku beli di bilna.com pake voucher diskon 50% jd cm 30rban. hheheh :P

Selain itu, Youtube juga membantu banget kalo moms butuh ilmu secara visualnya. Ya Kadang Emang halyang ditulis aja kan suka bikin bingung, butuh liat sendiri gimana caranya. Pertama belajar jahit, Goal utamaku adalah bisa  bikin baju buat anak. jadi aku liat2 video di youtube gimana bikin dress buat bayi.

Nah yang sangat membantu tentu alat pencari 'google'. Kalo moms bingung tentang istilah2 jahit bisa search di google.

3. Persiapan Alat dan Bahan

Ini alat dan bahan yang perlu dipersiapkan dalam belajar menjahit otodidak: Mesin Jahit, Benang, jarum, Pendedel benang, Gunting, Meteran dan penggaris, spidol untuk mengggambar pola, kain.

MESIN JAHIT
Mesin jahit apa yang diperlukan dalam belajar jahit otodidak?
Ini pertanyaan pertama saya saat akan menyiapkan alat. Saya searching2 di google. Karena alasan ini itu, akhirnya saya putuskan membeli mesin jahit mini dengan benang double dan pedal kaki.

Seperti ini kira2 penampilannya

Gimana reviewnya? Buat saya ini Ga Recommended. Banyak blog yang membahas bahwa mesin jahit ini cocok banget buat pemula. Tapi buat saya engga. Kenapa?

Banyak kasus yang saya temukan terkait mesin jahit ini. Kasus yang sama yang juga saya alami adalah terkait benang yang kemudian tidak mau mengikat lagi dan tidak bisa digunakan untuk menjahit.  Memang tidak semua orang yang punya  mesin ini mengalaminya kejadian semacam ini. Tapi lebih baik kita tidak ambil resiko kan moms?

Ini yang saya alami. Pada saat mesin jahit saya ini benangnya tidak mengikat lagi, kemudian tidak ada jahitan yang dapat dihasilkan. Tidak tahu apaka hal semacam ini bisa diperbaiki atau tidak. Tapi dari beberapa artikel yang saya baca, salah satu kelemahan mesin jahit mini ini adalah hanya bisa menjahit secara maju dan tidak bisa jahit mundur (untuk mengunci jahiitan). Jika kita menjahit dengan mesin ini artinya ketika jahitan kita sudah selesai, kita tidak bisa menngikat mati akhir jahitan. Memang ada yang mengakali dengan membalik jahitan. Saya sudah mencoba untuk memperbaiki beberapa pakaian, tapi rasanya masih kurang afdol.

Lalu mesin jahit apa yang sebaiknya digunakan?

Ini tergantung kita sendiri. Bila ingin serius menekuni, sebaiknya pilih mesin jahit agak besar seperti singer atau merk ternama lain. Bila dana terbatas, bisa ko dimulai dengan membeli mesin jahit bekas (ini yang akhirnya saya lakukan. hihi). Bisa juga membeli mesin jahit mini yang bisa menjahit maju dan mundur. Kalau tidak salah harganya sekitar 300-500rban.

Nah, ini review terkait mesin jahit mini. Untuk perlengkapan jahit lainnya bisa dibeli di toko alat jahit terdekat. Ternyata untuk pritilan alat jahit seperti pendedel, meteran, dsb harganya murah ya, tidak sampai 5rb.

KAIN
Bahan yang wajib disiapkan adalah kain. Kain yang sebaiknya digunakan untuk pemula adalah kain katun. Nah dalam proses belajar menjahit ini sebaiknya beli kain katun kiloan yang harganya lebih murah. memang untuk motif mungkin tidak sebaik/ sesuai dengan keinginan kita. Tapi harganya jauh lebih ekonomis.

Kain katun biasa dijual dengan harga 15-30rb permeter. Saya membeli kain katun kiloan secara online di tokopedia, nama tokonya agisna shop (maklum susah mencari penjual kain kiloan di kota saya, terpaksa beli online). Kain yang dijual di toko ini sangat beragam. Mulai dari 70-95rban perkilo tergantung lebar dan panjang kain. Saya memilih kain katun dengan lebar 1,5m dan panjang menyesuaiakan (yang penting lebih dari 2m). Alasannya, saya agak sedikit takut memilih kain kecil, takut salah gambar pola. hihihi.. untuk ukuran 1,5m x 2m up, harganya 85rb ditambah ongkir 10rb total 95rb. Setelah barang sampai, kain yang saya dapatkan panjang totalnya sekitar 10m. Artinya harga kainnya kurang dari 10rb permeter. Untuk kainnya sendiri memang motifnya ya terbatas, selain itu masih ada bau pewarna bekas produksi juga. Tapi kainnya lumayan adem ko. Jadi sesuai lah sama harga.

Nah kain semacam  ini bisa untuk latihan menjahit celana atau setelan kulot dirumah moms. Nanti kalau kita sudah mulai terbiasa dan rapi, bolehlah beli kain katun meteran yang bgus dan dibuat pakaian model lain.

Nah, kira2 segitu dulu cerita dan tips tentang belajar menjahit otodidak versi saya. Kalo moms ada pengalaman berharga atau tips2 lain, boleh dong dishare di komen. :)

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang belajar menjahit

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Gambar Baju Kodok Jeans Panjang Wanita

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://fullmomworld.blogspot.co.id/2015/10/belajar-jahit-otodidak.html

0 komentar:

Post a Comment