, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

pola pakaian


pola pakaian

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 pola pakaian


cara buat pola baju sonsang cina  - Cara Membuat Pola
    

Ini cara mudah menggambar pola, tanpa hitungan matematis dan proses ukur-mengukur badan yang ribet. Tekniknya hanya meniru baju favorit. Lihat caranya di tutorial Sweet Verbena ini.


Sumber: So Sew Something

Pola: Tanpa pola, cek tutorial di sini.

 .
Blus Panjang-Pendek
 
flowery dress
flowery dress
Ini dress kedua yang saya buat.  Saya tidak membuat polanya, namun menggunakan pola jadi dari majalah Femina. Ini adalah pola baju tidur. Yang saya tiru hanya bagian badan, dengan sedikit perubahan di bagian depan.

Saya menggunakan bahan santung dari kios kain kiloan di Pasar Klewer Solo. Saya tambahkan pita yang sudah ada di boks bahan jahit milik ibu. Hanya butuh sehari untuk menyelesaikannya. Hasilnya, saya cukup puas.

Yang saya gunakan adalah Model II di pola ini. Ingin mencoba? Sila ambil, fotokopi saja:)



This entry was posted in Hasil Jahitan and tagged baju, buku menjahit, cara menjahit, dress, pola, pola baju, pola dress, pola pakaian.
Pola Dasar Pakaian Anak-anak dan Wanita
buku pola dasar pakaian


buku pola dasar pakaian

Judul: Pola Dasar Pakaian Anak-anak dan Wanita

Penyusun: A.J. Warnars – Smeenk cs.

Cetakan: VII

Tahun: 1981

Penerbit: Dian Rakyat

Harga Rp 3.000*)

Hai, saya mau cerita tentang temuan ini. Dari obrolan WhatsAp dengan teman sekelas di kursus menjahit, saya dipinjamkan buku ini. Buku ini adalah buku pelajaran milik ibunya yang di jaman muda pernah mengikuti kursus di Charman, lembaga yang disebut sebagai “tempat kursus menngunting dan menjahit”.  Sepertinya ini lembaga yang memiliki banyak cabang di zamannya.

Buku ini berisi pola dasar untuk pakaian anak dan perempuan. Mulai dari mengukur, menggambar pola, mengubah pola, hingga pertanyaan ujian (lho!). Namanya juga modul kursus. Nah, pola-pola yang diajarkan adalah baju bebe (?), beragam lengan dan krah, baju tidur, blus, baju Cina, celemek, kemeja, celana, kimono, cape, songkok (padahal topi ibu-ibu darah biru dari Eropa), pakaian bayi, gurita, sepatu bayi, topi anak, mantel dan jas anak, beragam jenis rok, prinses (semacam dress), duster (semacam daster), kebaya, baju hamil, jas dan mantel perempuan, rompi, bolero, hingga bra dan celana berkuda. Komplit!

Buku yang sudah saya koleksi dengan cara mem-fotokopi ini merupakan cetakan ketujuh di tahun 1981, saya belum lahir:) dengan cetakan pertama tahun 1953, ayah saya bahkan belum lahir, hahaha. Saya yang mendapat pelajaran formal pertama menjahit di tahun 2013, merasa asing dengan beragam kata yang ada di buku ini. Meski demikian, beberapa kata tersebut digunakan juga oleh para pengajar saya di kursus, dan juga ibu saya yang hobi menjahit itu. Apalah itu kata tak setangkup (asimetris) dan lengan reglen? Beberapa kata menggunakan bahasa Belanda dan ejaan lama. Jika ingin membaca, mintalah bantuan ibu kalian atau simbah Google.

Jika ada yang ingin membaca, datang saja ke sini, fotokopi sendiri:)



*) harga yang tertulis di halaman awal buku

NB:
Banyak sekali yang minta difotokopikan buku ini. Maaf saya belum bisa melayani. Silahkan datang sendiri, fotokopi sendiri. Saya di Yogyakarta/Jakarta Selatan, sila janjian di tukangjahit.info@gmail.com. Mohon maaf juga, saya tidak akan mengirimkan email duluan kepada Anda (jadi, permintaan Anda agar saya menghubungi alamat email Anda tidak bisa saya penuhi), saya hanya akan membalas email yang masuk.

Trims, ya. Mohon maaf untuk ketidaknyamanan ini.

Kemeja Pertama

 kemeja pink
kemeja pink

Ini adalah hasil jahitan pertama saya untuk pakaian kemeja. Kemeja ini saya jahit sebagai tugas dari pelajaran di kursus menjahit. Saya menggunakan bahan tipis seperti untuk jilbab. Bahannya lunyu (terlalu lembek), sehingga menjahitnya agak sulit. Terutama ketika harus menjahit stik balik di bagian bahu dan melapisi bagian krah dengan kain keras. Butuh perjuangan:)

Meski menggunakan ukuran badan saya, desain kemeja ini untuk laki-laki. Saya suka warnanya, maka kemeja ini saya pakai sendiri. Seharusnya hasil jahitan ini dikumpulkan untuk dinilai instruktur, tapi saya potong kain lain untuk menggantikannya. Sayang, saya tidak sempat memotret kemeja keduašŸ˜¦



This entry was posted in Hasil Jahitan and tagged baju, buku menjahit, cara menjahit, dress, pola, pola baju, pola dress, pola pakaian.
Gara-gara GiannyL
 dress gagal
dress gagal

GiannyL itu nama akun jahit-menjahit yang sangat populer di jagad YouTube. Saya menjadi salah satu subcriber-nya:) Saya suka cara dia bikin beraneka ragam baju, tanpa pola.

Ini dress yang saya bikin, meniru cara di video ini. Gagal total! Tidak ada foto saya memakai baju ini, sebab bahkan pinggul saya tak dapat masuk! Wahaahahaha. Waktu memperlihatkan pada ibu, komentarnya: Adek dapat pola dari mana? Kok aneh begitu…

Yasudahlahya, saya simpan saja dulu kain rusak ini. Mungkin kalau ada ide saya perbaiki, entah dengan cara apa:)
baju tidurRok_Dasi_pola

  Hasil Jahitan and tagged baju, buku menjahit, cara menjahit, dress, pola, pola baju, pola dress, pola pakaian.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara buat pola baju sonsang cina

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Cara Menghidupkan Mesin Jahit

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://situkangjahit.wordpress.com/tag/pola-pakaian/

0 komentar:

Post a Comment