, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tutorial Cara Membuat Rok Kerut dengan pinggang karet

 Tutorial Cara Membuat Rok Kerut dengan pinggang karet

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Tutorial Cara Membuat Rok Kerut dengan pinggang karet

cara bikin rok payung bayi - Cara membuat rok kerut dengan benang karet ini gak terlalu susah kok, termasuk untuk penjahit pemula (kaya aku). Yuk mari kita buat. Pertama-tama kita siapkan bahannya yaitu kain untuk bagian luar dan kain untuk lapisan bagian dalam. Aku make masing-masing satu meter.
Ukur dulu bagian pinggangnya pake meteran. Punyaku ini sizenya 84 cm (gede yah! yah maklum abis melahirkan *cari alasan*) trus ukur juga mau panjangnya berapa. Aku suka roknya pas selutut jadinya 54cm. Lalu potong kainnya sesuai ukuran tadi. - cara membuat pola rok rempel Punyaku jadinya 84 cm x 54 cm.Potong masing-masing 2 pcs untuk bagian depan dan belakang. Jadi ada 4 potongan. 2 potong kain bagian depan dan 2 potong kain untuk lapisan dalam. Jangan lupa ditambahin 1,5 cm untuk jahitan. Dan kain bagian dalamnya juga dipendekin 10 cm, gak mau dong nanti kain bagian dalamnya "balapan" ama luarnya hehehe..
Oya buat yang nanya kok potong kainnya 2 x 84 cm kan jadinya gede banget nanti.. hmmm aku memang sengaja buat begitu supaya kainnya jadi 2 kali lipat dan nantinya akan mengkerut jadi setengahnya setelah dijahit.
- cara membuat rok panjang sendiri
Lalu sambung masing-masing kain sehingga didapat kain yang panjangnya 2 kali lipat ukuran pinggang. Habis itu jahit jadi satu bagian dalam dan luarnya. Dan jangan lupa jahit juga bagian bawah rok supaya ujung-ujung kainnya gak keliatan kalau mau dineci juga boleh.

Siapkan benang karet. Ada 2 jenis benang karet dijual dipasar. ada yang keci ukurannya 0.5 mm dan ada juga yang besar ukuran 1mm. Seperti foto dibawah ini. Aku pake yang ukuran 1 mm warna item biar lebih mantap kerutannya :-)
Untuk menjahit dengan benang karet, kita harus ngegulung sendiri benangnya dispool, jadi jangan digulung mesin. Kenapa? gak tau juga ya, kalo digulung mesin suka gak bisa :-(
Jadinya kaya foto diatas, dan tinggal dipasang aja seperti masang benang jahit biasa di mesin jahitnya
Setelah itu jahit dibagian atas roknya dengan kain bagian luar menghadap keatas. Jangan lupa ujung2nya dijahit maju mundur dikit supaya karetnya gak cepet lepas.

Nah seperti foto diatas, bagian yang sudah dijahit akan berkerut-kerut. Terus aja jahit sampai ujung, kemudian buat jahitan baru lagi dibawah jahitan yang tadi.

Karena kainnya sekarang sudah berkerut, untuk jahitan kedua mesti agak ditarik supaya kerutannya gak ikut kejait. Supaya rapi sih bisa dibuat garis-garis dulu kali ya, tapi karna aku agak males, aku cuma pake panduan ujung sepatu mesin jahit disamping jahitan yang pertama, seperti foto diatas.
- cara membuat pola rok lebar
Silahkan diulangi proses menjahit ini sampe nemu jumlah kerutan yang pas sesuai kesukaan masing-masing kali ya. Aku ngebuat sekitar 8 baris supaya agak tebal. - pola rok setengah lingkaran
Semakin banyak baris jahitan yang dibuat semakin agak susah ngelurusin pas ngejahitnya karena kerutannya sudah semakin banyak.  Tapi jangan menyerah ya, pelan-pelan aja n kalo ada yang gak rapi gapapa karna nantinya akan berkerut jadi gak terlalu keliatan.
- cara membuat pola rok kembang payung
Taraaaa. kalo sudah jadi bentuknya kaya gini
Tampak Depan

Tampak Belakang
Close up kerutannya dari depan

close up kerutannya bagian dalam
- cara membuat pola rok panjang wanita Kalau sudah selesai bikin kerutan, jangan lupa ganti benang yang di spoolnya dengan benang biasa, lalu sambung bagian samping rok supaya jadi rok. bisa juga diobras bagian jahitannya biar rapi, atau dijait zigzag pinggirnya.
Selesai.. roknya sudah jadi, gak terlalu sulit kan...
- cara membuat pola rok klok Sekarang waktunya jalan jalan pake rok baru. Yay!




Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara bikin rok payung bayi

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Jenis Jenis Limbah dan Daur Ulang Limbah Serta Manfaatnya 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://myutary.blogspot.co.id/2011/09/tutorial-cara-membuat-rok-kerut-dengan.html#.WIMC-7lKLIU

0 komentar:

Post a Comment