, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Cara Membuat Boneka Kain Perca


Cara Membuat Boneka Kain Perca

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit

Cara Membuat Boneka Kain Perca

1 Metode:Contoh Pola Boneka


wikihow cara membuat sarung bantal dari kain perca - Boneka kain perca merupakan kesukaan setiap anak dan boneka ini sangat mudah untuk dibuat dari potongan-potongan kain atau kain tua sudah tidak dipakai lagi yang bisa dijadikan kain perca. Selain itu, selalu terdapat keunikan pada setiap boneka kain perca yang dibuat.



Langkah

Make Rag Dolls Step 1.jpg

    1
    Pilihlah tampilan boneka yang Anda inginkan. Mulailah dengan pemilihan warna kain. Warna kain apa saja boleh Anda gunakan, namun Anda mungkin memerlukan warna kain yang kira-kira sesuai untuk warna kulit boneka tersebut, seperti krem, cokelat, cokelat tua, putih, atau merah muda.
        Biasanya, boneka ini terbuat dari potongan-potongan kain (kain perca), jadilah kumpulkan kain-kain dengan mendaur ulang sarung bantal, baju bekas atau pakaian yang tidak muat lagi.
Make Rag Dolls Step 2.jpg
 
    2
    Gambarlah sketsa garis bentuk boneka Anda pada kain. Beri sedikit lebar tambahan (1,3 - 1,6 cm) di seluruh bagian luar garis pola untuk menyokong jahitan.
        Buatlah bentuk boneka tersebut sedikit lebih besar dari yang Anda inginkan. Saat Anda memasukkan dakron ke dalamnya, boneka akan menggembung dan sisi-sisinya akan menjadi sedikit lebih kecil.
        Anda dapat melatih sketsa garis pada kertas sampai Anda melakukannya dengan benar.
        Untuk kepala boneka, buat ukurannya cukup besar dan bulat atau oval.
    

Make Rag Dolls Step 3.jpg    
3
    Taruh satu lagi lapisan kain di bawahnya dengan sisi luar kedua kain tersebut saling berhadapan. Potong kedua kain itu menurut garis polanya.


Make Rag Dolls Step 4.jpg  
    4
    Tahan kain agar tidak bergeser dengan menyematkan jarum pentul dan jahit seluruh garis pola, tetapi sisakan sedikit celah untuk memasukkan dakron.


Make Rag Dolls Step 5.jpg   
    5
    Longgarkan jahitan di sekitar lekukan dan sudut dengan menggunting lekukan segitiga di bagian penyokong jahitan.


Make Rag Dolls Step 6.jpg   
    6
    Balikkan bagian dalam boneka keluar, balikkan melalui celah yang tidak dijahit tadi.


Make Rag Dolls Step 7.jpg
    7
    Isi boneka dengan bahan serat sesuai pilihan Anda.


Make Rag Dolls Step 8.jpg
    8
    Lipat tepi celah tadi ke bagian dalam boneka, dan tutup celah tersebut dengan menjahitnya menggunakan tangan atau mesin.


Make Rag Dolls Step 9.jpg  
    9
    Jika Anda mau, jahit di seluruh perbatasan kaki dan tangan untuk membentuk sendi-sendi.


Make Rag Dolls Step 10.jpg
    10
    Hiasi boneka. Sulam wajahnya atau jahitkan kancing-kancing untuk m
ata dan hidungnya. Rambut dapat dibuat dari benang; jika rambutnya panjang, kepanglah untuk memberikan efek yang istimewa.
Make Rag Dolls Step 11.jpg

    11
    Jahitlah pakaian untuk boneka tersebut (menggunakan kain yang tidak dipakai, sisa, atau bahan daur ulang), atau buatlah baju boneka yang tidak perlu dijahit.


Make Rag Dolls Final.jpg
    12
    Selesai.
 




Tips


    Boneka ini milik Anda, jadi bersenang-senanglah dengannya. Jika Anda menginginkan warna atau rambut lain dari yang lain, silakan saja.
    Salah satu cara agar kedua sisi boneka bentuknya sama yaitu dengan menjiplaknya di atas kertas, lipat pola ini menjadi setengah di bagian tengahnya, dan potong pola tersebut sambil kertas tetap terlipat dua.
    Buatlah boneka sedikit lebih besar, jika kainnya mencukupi. Ukuran yang besar memudahkan Anda mengerjakan dan mengisi bagian dalam boneka tersebut.
    Gunakan kapur jahit atau pensil yang bisa dicuci untuk menggaris pola pada kain jika Anda tidak ingin noda sisa garis-garis pola terlihat pada boneka Anda.
    Anda tidak harus membuat pakaian yang sangat bagus. Gaun pinafore (gaun yang bentuk bagian depannya seperti celemek) sederhana yang tidak perlu dijahit tampak sebagus baju maha karya yang dijahit dengan indah!
    Ingatlah untuk menyayangi dan memperlakukan boneka itu dengan baik seolah-olah boneka itu benda hidup!
 

Peringatan


    Berhati-hatilah saat bekerja dengan mesin
jahit, jarum, dan gunting.

buka mesin jahit : http://id.wikihow.com/Membuat-Boneka-Kain-Perca

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang wikihow cara membuat sarung bantal dari kain perca

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Cara Membuat Pola Dasar Atau Pattren Rok Wanita

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment