, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Anda mau Bebas Finansial dari Usaha Bordir Tekstil ?

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Anda mau Bebas Finansial dari Usaha Bordir Tekstil ?
 5 contoh kerajinan tekstil - Bordir merupakan kerajinan rakyat yang memerlukan ketekunan dan ketelatenan dalam pengerjaannya.  Kerajinan ini telah tumbuh ini di beberapa daerah dengan motif dan rancangan khas daerah masing-masing.  Awalnya kerajinan ini berkembang untuk memenuhi kebutuhan pakaian kebaya wanita yang merupakan pakaian nasional Indonesia, tetapi adanya perkembangan dan penggunaan yang semakin meluas kerajinan ini menjadi bagian dari ciri khas motif pakaian untuk sholat seperti mukena, baju koko, dan selendang. Hasil kerajinan bordir yang ada di beberapa daerah telah dipasarkan secara meluas sampai ke manca negara. Adanya kerajinan ini meningkatkan produktivitas para pengrajin dan memberi tambahan pendapatan masyarakat.

Bordir merupakan hasil kerajinan yang memiliki nilai seni yang memberikan nilai tambah bagi produk tekstil (kain) yang telah jadi. Bordir dapat menambah kesan keindahan terhadap suatu produk tekstil berbagai variasi motif di suatu daerah. Sebagai barang ekonomi bordir saat ini diperjualbelikan dalam bentuk baju koko (baju ibadah pria), kerudung, mukena, dan kain kebaya.  Kain bordir Indonesia saat ini tidak hanya untuk pasaran dalam negeri saja tetapi sudah diekspor untuk memenuhi permintaan luar negeri. Permintaan kain bordir dengan ragam hias cukup tinggi.  Hasil bordir yang paling banyak diminati adalah kebaya, selendang, dan mukena.

Berdasarkan informasi yang di dapat, Bordir Bukittinggi yang terkenal dengan nama bordir terancang dipasarkan dengan harga yang cukup tinggi dengan tujuan untuk pasaran menengah ke atas serta turis dari luar negeri atau diekspor, sedangkan untuk kebutuhan menengah ke bawah pedagang bordir di Bukittinggi mendatangkan Bordir Tasikmalaya. Oleh karena itu produk yang telah mendapat polesan dengan bordir memiliki pangsa pasar tersendiri.  Produk hasil kerajinan bordir mampu bersaing dengan produk sejenis yang berada di pasaran.

Kain bordir dan produknya berupa bahan kebaya, mukena dan kerudung selama ini sebanyak 80% dibeli langsung oleh masyarakat/rumah tangga, sedangkan sisanya dibeli oleh pedagang besar untuk dijual kembali.  Semakin meningkatnya permintaan dan adanya perkembangan teknologi pembuatan kain bordir yang menggunakan mesin bordir yang lebih baik dengan banyak kepala jarum didapatkan hasil kain yang lebih cepat dan baik dibandingkan dengan mesin yang ada saat ini.

Peluang usaha di bidang ini sangat luas, apalagi sasaran pasarnya pun bisa sampai tingkat mancanegara. Sudah banyak pelaku usaha yang mendapatkan keuntungan berlimpah dari usaha ini, maka tak heran bila bisnis ini banyak dilirik oleh orang. Usaha Bordir (Tekstil), jenis usaha jasa yang telah menciptakan banyak jutawan baru berkat Usaha Bordir (Tekstil).

Siapa mengira bahwa ternyata hasil Bordir (Tekstil) Indonegara diminati oleh  negara-negara lain seperti  Amerika Serikat, Saudi Arabia, Belanda,  Jerman,  Sinegal,  Jepang,  Meksiko,  Malaysia,  Singapura, Brunei Darussalam, Denmark, Panama, Tanzania, Chili, Belanda, Australia, Burma, Swedia, Perancis, Yaman, Austria, Taiwan, Venezuela dan Inggris. Nilai ekspor tertinggi adalah ke Amerika Serikat yang pada tahun 2000 mencapai nilai US$  299.910 dengan total volume 32,89 ton, disusul Jepang dengan nilai US$  143.520  dan volume 6,63  ton. Faktanya  bahwa usaha bordir (tekstil) ternyata bisa dilakukan dengan modal minim.

Pada umumnya pelaku Usaha Bordir (Tekstil) tinggal berhitung berapa pundi-pundi rupiah yang akan Ia dapat dengan menghitung volume Bordir (Tekstil) yang Ia miliki. Perpaduan dan komposisi motif, jenis kain dan jenis benang  yang  tepat  justru  bisa  mendatangkan  margin profit hingga  150%. Luar biasa …

Dengan  semua  kelebihan  usaha Bordir (Tekstil),  tidak  heran  bila  banyak  pelaku usaha baru  yang  banyak  berminat  untuk  memulai  usaha Bord
ir (Tekstil).

Pengembangan desain produk kerajinan tekstil [download]

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang 5 contoh kerajinan tekstil

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Pengertian dan Proses Daur Ulang

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://www.analisausaha.com/analisa-usaha-bordir-tekstil/

0 komentar:

Post a Comment