, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Membuat Lengan Puff

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Membuat Lengan Puff
 cara membuat pola lengan kerut - Dalam desain fashion dikenal berbagai macam bentuk lengan pakaian yang bisa diaplikasikan untuk menghias sebuah busana sesuai dengan kebutuhan pemakainya. Salah satunya berupa lengan puff yang memiliki kerut pada bagian bahu, bagian bawah, atau keduanya (bagian bahu dan bagian bawah lengan). Bentuknya yang unik menjadikan lengan puff sebagai salah satu lengan pakaian yang banyak digemari oleh anak-anak maupun wanita dewasa. Penasaran dengan cara pembuatannya? Simak yuk beberapa langkah sederhana yang dapat diterapkan dalam pembuatan lengan puff.
Pertama-tama buat pola lengan standar pada satu lembar kertas beserta sejumlah garis vertikal untuk membaginya menjadi beberapa bagian sama besar menggunakan alat bantu berupa pensil dan penggaris yang telah dipersiapkan. Potong kertas tersebut sesuai tanda garis pola yang sudah dibuat menggunakan gunting kertas.
 

Puff SleveUntuk membuat lengan puff yang memiliki kerutan pada bagian bawahnya potong garis pembaginya dari bawah lengan ke arah atas. Sementara untuk membuat lengan puff yang memiliki kerutan pada bagian atasnya pemotongan garis pembagi dimulai dari arah yang berlawanan yaitu dari arah atas kengan ke bawah.

Dalam memotong garis pembagi usahakan pemotongan dihentikan sebelum mencapai puncak sehingga pola lengan tersebut tidak terputus. Rentangkan potongan pola berdasarkan lebar yang diinginkan sehingga diperoleh bentuk seperti gambar berikut.

 

Puff Sleve
Tempatkan potongan pola pada selembar kertas baru kemudian jiplak menggunakan pensil atau spidol. Jika dibutuhkan bubuhkan lem atau perekat untuk menahan posisi pola agar tidak bergeser. 
 

Puff Sleve
Singkirkan potongan atau kerangka pola tersebut kemudian rapikan bentuk garis lengkung atau garis-garis lain yang membentuk sudut pada sisi kiri dan kanan pola baru sehingga saat kedua sisi tersebut disatukan atau dijahit akan diperoleh bentuk yang rapi.
 

Puff SleveSelanjutnya buat pola manset dengan panjang sesuai ukuran tangan atau lengan dimana batas lengan tersebut berakhir. Untuk membuat lengan panjang misalnya, maka bagian yang diukur adalah bagian lingkar pergelangan tangan ditambah 1,5 cm.

 

Puff SlevePindahkan seluruh pola pada selembar kain kemudian potong sesuai tanda garis pola ditambah kampuh sebesar 1.5 cm. Jahit bagian bawah lengan menggunakan pola jahitan berbentuk lurus dengan menyisakan sehelai benang agak panjang. Tarik benang tersebut untuk membuat efek berkerut pada bagian tepi bawah lengan. Pasangkan manset pada bagian ujung lengan untuk menyembunyikan bagian yang kurang rapi. Jika diperlukan tindas tepian manset untuk menciptakan efek yang lebih tegas.
 

Puff Sleve
Hasilnya akan diperoleh bentuk lengan yang cantik seperti beriku
t ini.


Puff Sleve

Berbagai Model. Lengan. Dan cara. Membuat Polanya. [download]

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara membuat pola lengan kerut

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Kilau Busana Biyan

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://fitinline.com/article/read/membuat-lengan-puff

0 komentar:

Post a Comment