, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Makalah Serat Kain Sintetis

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Makalah Serat Kain Sintetis
 jenis jenis serat, kelebihan, kekurangan dan contoh produk - BAB 1

PENDAHULUAN
     1.    Latar Belakangan

Sekarang banyak sekali perusahaan-perusahaan yang memproduksi bahan serat kain dengan tidak alami atau disebut juga sintetik dengan menggunakan bahan kimia. Namun disamping itu, kami pun tertarik untuk mencoba membuatnya atau menelitinya. Dan kebetulan kami pun diberi tugas Kimia dari sekolah untuk membuat makalah.tentang serat kain sintetik. Dengan didorong rasa ingin tahu, saya pun mencoba dan berusaha untuk mencari dan menyelesaikan makalah ini.

    2.    Permasalahan

Yang akan dibahas dalam makalah ini adalah :

    Apa yang dimaksud Serat?
    Apa sajakah Jenis-jenis kain sintetik?
    Apa kegunaan serat kain sintetik?
    Bagaimanakah cara sederhana proses pembuatan benang nilon?

    3.    Tujuan

Tujuan makalah ini adalah :

    Untuk mengetahui lebih dalam tentang serat kain sintetik
    Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kain-kain sintetik
    Untuk mengetahui cara pembuatan sederhana benang nilon

    4.     Manfaat



    Agar setiap murid atau siswa menjadi tahu dan mengerti tata cara agar tercipta hasil penelitian yang benar.
    Agar setiap siswa bisa mengerti cara sederhana proses pembuatan benang nilon

    5.     Sistematika Penulisan

Kata pengantar

Daftar isi

BAB I PENDAHULUAN

    Latar belakang
    Permasalahan
    Tujuan
    Manfaat
    Sistematika penulisan

BAB II LANDASAN TEORI

    Serat
    Sejarah Tekstil
    Macam-Macam Kain Sintetik

BAB III METODOLOGI

BAB IV DATA PENGAMATAN DAN ANALISIS DATA

    Data Pengamatan
    Analisis Data

BAB V PENUTUP

    Kesimpulan
    Saran

DAFTAR PUSTAKA

BAB II

LANDASAN TEORI


Serat adalah suatu jenis bahan berupa potongan-potongan komponen yang membentuk jaringan memanjang yang utuh. Contoh serat yang paling sering dijumpai adalah serat pada kain. Material ini sangat penting dalam ilmu Biologi baik hewan maupun tumbuhan sebagai pengikat dalam tubuh. Manusia menggunakan serat dalam banyak hal: untuk membuat tali, kain, atau kertas. Serat dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu serat
alami dan serat sintetis (serat buatan manusia). Serat sintetis dapat diproduksi secara murah dalam jumlah yang besar. Namun demikian, serat alami memiliki berbagai kelebihan khususnya dalam hal kenyamanan.

Serat alami

Serat alami meliputi serat yang diproduksi oleh tumbuh-tumbuhan, hewan, dan proses geologis. Serat jenis ini bersifat dapat mengalami pelapukan. Serat alami dapat digolongkan ke dalam:

    Serat tumbuhan/serat pangan; biasanya tersusun atas selulosa, hemiselulosa, dan kadang-kadang mengandung pula lignin. Contoh dari serat jenis ini yaitu katun dan kain ramie. Serat tumbuhan digunakan sebagai bahan pembuat kertas dan tekstil. Serat tumbuhan juga penting bagi nutrisi manusia.
    Serat kayu, berasal dari tumbuhan berkayu.
    Serat hewan, umumnya tersusun atas protein tertentu. Contoh dari serat hewan yang dimanfaatkan oleh manusia adalah serat laba-laba (sutra) dan bulu domba (wol).
    Serat mineral, umumnya dibuat dari asbestos. Saat ini asbestos adalah satu-satunya mineral yang secara alami terdapat dalam bentuk serat panjang.

Serat sintetis



Serat sintetis atau serat buatan manusia umumnya berasal dari bahan PETROKIMIA. Namun demikian, ada pula serat sintetis yang dibuat dari selulosa alami seperti rayon.

Yang dimaksud PETROKIMIA adalah bahan kimia apapun yang diperoleh dari bahan bakar fosil. Ini termasuk bahan bakar fosil yang telah dipurifikasi seperti metana, propana, butana, bensin, minyak tanah, bahan bakar diesel, bahan bakar pesawat, dan juga termasuk berbagai bahan kimia untuk pertanian seperti pestisida, herbisida, dan pupuk, serta bahan-bahan seperti plastik, aspal, dan serat buatan.

Serat mineral

    Kaca serat/Fiberglass, dibuat dari kuarsa,
    Serat logam dapat dibuat dari logam yang duktil seperti [[tembaga], emas, atau perak.
    Serat karbon

Serat polimer

    Serat polimer adalah bagian dari serat sintetis. Serat jenis ini dibuat melalui proses kimia. Bahan yang umum digunakan untuk membuat serat polimer:
        polyamida nilon,
        PET atau PBT poliester, digunakan untuk membuat botol plastik,
        fenol-formaldehid (PF)
        serat polivinyl alkohol (PVOH)
        serat polivinyl khlorida (PVC)
        poliolefin (PP dan PE)
        polyethylene (PE),
        Elastomer, digunakan untuk membuat spandex,
        poliuretan.

Kain/ tekstil sintetik, seperti nilon dan polyester, diproduksi secara menyeluruh dari bahan kimia. Tekstil alam, seperti kapas, sutra dan wol tebuat dari serat tanaman atau hewan. Tekstil sintetik sangat bermanfaat karena memiliki sifat yang berbeda dan lebih maju dibanding bahan alami. Jas hujan plastik contohnya, adalah tahan air.

Sejarah Tekstil

Dalam dunia tekstil, pembuatan kain tidak terlepas dari bahan baku utamanya yang berupa serat. Serat dibagi menjadi serat alam dan serat buatan. Serat buatan atau sintetik adalah serat yang dihasilkan melalui rekayasa genetik. Sedangkan serat alam adalah serabut-serabut yang berasal dari unsur-unsur alam, yaitu tumbuhan, hewan, dan mineral. Serat hewan umunya berasal dari bulu hewan. Sedangkan serat tumbuhan berasal dari seluruh bagian tanaman, seperti akar, batang , pelepah, daun dan buah.

1. Serat Linen

Serat yang pertama kali digunakan manusia adalah serat dari sejenis alang-alang, yaitu Linum usitatissimum. Kain yang dihasikan dikenal dengan nama linen. Pembudidayaannya dimulai pada periode Neolitikum(5000-1000 SM). Kain linen mempunyai sifat agak tebal dan kaku, dengan permukaan yang halus dan sangat kuat. Oleh karna itu, kain ini sering digunakan sebagai taplak meja, serbet, tirai, dan sebagainya.

2. Serat wol

Serat wol yang terbuat dari bulu domba ini, mulai dikenal pada jaman Perunggu (2500-1000SM). Kain yang dihasilkan dapat memberikan kehangatan bagi pemakai, khususnya di daerah dingin. Mengapa? Hal ini karena serat wol memiliki kelenturan yang tinggi. Daya regangnya dapat mencapai 35% dari panjang semula. Seratnya bersisik dan keriting. Untuk mendapatkan jenis serat yang memiliki keunggulan khusus, peternak mengawinsilangkan beberapa jenis domba untuk memperoleh serat seperti yang diharapkan. Hasil kawin silang domba Tarantin (Spanyol) dengan Laodisia (Asia Kecil) menurunkan nenek moyang domba Merino yang memiliki bulu yang halus. Selain domba, bulu juga diambil dari hewan lainnya seperti kambing dan kelinci Angora, unta Bactrian dari Asia, serta bulu Llama dari Amerika Latin.

3. Serat Kapas

Serat yang paling populer di dunia, yaitu serat kapas yang sering disebut katun. Daya serapnya yang tinggi membuat nyaman bila digunakan sebagai pakaian. Sifat yang dimilikinya cocok dengan iklim tropis. Kekurangannya adalah kain ini mudah sekali kusut dan susut pada pencucian pertama. Serat kapas berasal dari tanaman Gossypium, sejenis belukan dengan tinggi antara 120-180cm. Awalnya serat ini ditemukan di India kemudian menyebar ke daerah lain.

4. Serat Sutra

Sutera tidak berasal dari bulu atau bagian tanaman melainkan dari air liur ulat sutera. Ulat ini adalah sejenis larva dari ngengat sutera Bombyx mori dari keluarga Lepidopter. Sebelum
membentuk kepompong, ulat memakan daun murbei, Morus alba, L.
Kepompong ulat sutera terbuat dari cairan yang keluar dari mulutnya. Seluruh tubuh ulat akan terbungkus dalam jaringan lilitan air liur. Lilitan ini akan mengeras dan bila diurai menjadi serat panjang dan halus. Diantara yang lain serat ini merupakan serat terpanjang karena air liur ulat tidak akan terputus sebelum seluruh kepompong terbentuk.

Serat yang memiliki kilau tak tertandingi ini berasal dari Tiongko dan sudah dikenal sejak pemerintahan kaisar Huang-ti (2640SM). Istri kaisar Huang-ti lah yang pertama kali menemukan serat sutera dan merancang alat tenun khusus untuk menenunnya. Kemudian Bangsa Tiongkok terkenal dengan produksi kain sutera terbaik di dunia.
Sutera kemudian menjadi komoditi penting dalam perniagaan dunia, sehingga muncullah jaringan perjalanan sutera yang dikenal dengan nama Jalur Sutera(Silk Road). Mulanya pembuatan serat sutera dirahasiakan. Namun akhirnya bocor dan pembuatannya menyebar ke beberapa daerah lain termasuk Indonesia. Pada masa kerajaan Sriwijaya, tanaman Murbei sudah dibudidayakan. Setelah itu tanah Gayo merupakan daerah yang pernah menjadi penghasil sutera bermutu tinggi. Dewasa ini budidaya sutera terpusat di Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

    1.    Polyester

Polyester fiber, adalah serat sintetik yang terbuat dari hasil polimerisasi etilen glikol dengan asam tereptalat melalui proses polimerisasi kondensasi. Hasil polimerisasi berupa chip atapun polimer leleh, yang kemudian di lakukan proses spinning untuk membentuk fiber. Pembentukan fiber dilakukan dengan temperatur di atas titik leleh polyester, dengan bantuan gear pump yang menentukan ukuran fiber yang keluar melalui spinneret. Spinneret disini akan menentukan cross section atau bentuk dari fiber yang diinginkan, seperti bulat, segitiga, dan lain-lain. Selanjutnya ribuan helai serat panjang ini disatukan dan ditarik serta diletakkan di dalam can. Serat-serat dari bebarapa can kemudian ditarik (draw) bersama sama sehingga didapatkan serat dengan ketebalan tertentu biasanya dinyatakan dengan satuan denier. Pada proses peregangan ini diberikan spin finish oil yang berfungsi mengurangi elektro statik yang terjadi pada saat serat polyester diproses pada mesin mesin pemintalan berikutnya. Setelah melalui proses peregangan selanjutnya masuk ke proses crimping. Kemudian serat tadi dipotong potong menggunakan rotary cutter dengan panjang sesuai dengan keperluan, misalnya 38 mm, 44 mm, 51 mm dan lain sebagainya. pada saat proses pemotongan serat diberikan hembusan agar serat-serat yang telah terpotong pendek-pendek dapat terurai satu sama lain. Serat yang telah selesai dipotong dikemas pada mesin baling press dengan standar berat sekitar 350 kg per bal. Selain kehalusan (denier) serat dan panjang serat, kilau (luster) juga merupakan spesifikasi yang sangat penting, misalnya bright, semi dull atau dull. Serat poliester merupakan bahan baku bagi pabrik pemintalan (spinning) yang membuat benang pintal. Di pabrik pemintalan serat poliester biasanya diproses untuk produk benang pintal poliester 100% atau cempuran dengan serat alam atau serat sintetik lainnya. Misalnya poliester/katun, polyester/rayon, polyester/rami, polyester/flax, polyester/acrilik dlsb.

Contoh Karakteristik serat poliester : Kehalusan : 1.3 denier, Panjang : 38 mm, Kekuatan tarik : 6.6 gram/denier, Mulur : 22%, Mengkerut : 6.3%, Krimp : 5.2 per Cm, Kandungan oil : 0.15%, Kandungan air : 0.4%

Hal yang penting untuk mendapatkan perhatian pada proses serat polyester di pabrik pemintalan adalah timbulnya elektro statis pada saat serat mengalami gesekan, baik antar serat dengan serat sendiri dan juga antara serat dengan metal atau karet yang merupakan bagian mesin yang bergesekan langsung dengan serat yang diproses. Elektro statik ini berdampak kepada ketidak-lancaran proses pemintalan seperti terjadinya serat menggulung (lapping) pada rol-rol yang berputar atau serat menyumbat (choking) pada corong atau terompet. Untuk mengurangi gejala elektro statik ini biasanya ditempuh hal-hal sebagai berikut : Pada serat diberikan anti statik atau spin finish oil, mesin-mesin produksi dibumikan (grounding) dan mengatur suhu dan kandungan kelembaban udara di ruangan pabrik, Misalnya suhu 30 derajat Celcius dan kelembaban udara (relative humidity) 53% di ruangan Ring Spinning.

2. Kelebihan dan kekurangan kain polyester

Dalam dunia kain, dikenal dua jenis kain yang utama. Kedua jenis kain tersebut adalah kain yang terbuat dari serat alami dan kain yang terbuat dari serat buatan atau sintetis. Contoh kain yang terbuat dari serat alami adalah kain katun. Salah satu contoh kain sintetis adalah kain polyester. Bahan pembuat kain polyester adalah polyethylene terepththalate (PET). Bahan ini adalah bahan yang juga digunakan sebagai bahan pembuat botol minuman plastik. Dalam industri garmen, kain polyester umumnya dimanfaatkan sebagai bahan baku pakaian dan perlengkapan rumah tangga, seperti seprai, penutup tempat tidur, tirai, dan gordin.

Kain katun mungkin memang terasa lebih alami daripada kain polyester. Namun, kain polyester tidak mudah kusut dan lebih cepat kering setelah dicuci. Selain itu, baju yang terbuat dari kain polyester tidak mudah susut maupun melar. Kain polyester tidak memerlukan penyetrikaan panas. Karena terbuat dari serat sintetik, kain polyester kurang mampu menyerap panas dan keringat saat dikenakan. Pakaian yang terbuat dari kain ini lebih cocok dikenakan di daerah bersuhu dingin atau ruangan ber-AC. Bagi Anda yang beraktivitas di luar maupun di dalam ruangan dengan suhu yang panas, sangat tidak dianjurkan untuk mengenakan pakaian berbahan polyester.

Kelebihan lain dari kain polyester adalah ketahanannya terhadap pencucian kimia/ dry cleaning dan pelarut organik. Kain ini juga lebih tahan terhadap jamur dan bakteri dibanding kain katun. Untuk memanfaatkan kelebihan kain polyester serta meminimalisir kekurangannya, serat kain polyester biasanya dipintal bersama serat alami. Penggabungan kedua serat ini mampu menghasilkan pakaian dengan sifat-sifat gabungan kedua serat. Namun, jika Anda memerlukan pakaian berbahan seratus persen katun, sebaiknya telitilah dulu pakaian tersebut sebelum membelinya. Cara membedakan pakaian berbahan katun atau polyester sangatlah mudah. Anda cukup mengambil sehelai benang dari kain tersebut kemudian bakarlah ujungnya. Asap pembakaran kain yang terbuat dari katun berbau seperti kertas terbakar, sedangkan asap pembakaran kain polyester berbau seperti plastik terbakar. Pilihlah selalu jenis kain yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Macam-macam kain sintetik :

Kain sintetik dibuat dari bahan sintetis yang berasal dari minyak bumi dan gas alam. Ada berbagai jenis kain sintetik yang masing-masing mempunyai sifat yang berbeda, diantaranya yaitu :

    1.    Kain Nilon


kain nilon mempunyai sifat :

    Elastis sehingga sangat baik untuk kaos kaki.
    Tidak tahan terhadap sinar matahari yaitu dapat berubah warna dari putih menjadi kekuning-kuningan dan kekuatannya menjadi kurang.
    Tidak tahan terhadap panas penyetrikaan karena akan meleleh pada suhu yang tinggi (150 drajat).
    Mempunyai daya tahan gosok dan lipat yang baik sehingga banyak digunakan untuk lipatan permanen.
    Kain ini banyak digunakan untuk pakaian dalam wanita, kaos kaki, pakaian renang, dan lain-lain.

    2.    Kain Poliester

kain poliester mempunyai kekuatan yang tinggi, tetapi daya elastisitasnya kurang bila dibandingkan dengan kain nilon. Kain poliester mempunyai sifat :

    Tidak mudah kusut sehingga sangat cocok untuk pakaian wash and wear (cuci dan pakai) karena tidak perlu diseterika.
    Tahan terhadap sinar matahari dan tidak mengalami perubahan warna sehingga sangat sesuai untuk kain gorden.
    Mempunyai daya tahan gosok dan lipat yang baik sehingga banyak digunakan untuk pakaian-pakaian dengan lipatan permanen.

    3.    Kain Poliakrila

Kain poliakrila mempunyai sifat :

    Ringan,kuat dan tebal sehingga banyak digunakan untuk bahan baju hangat.
    Sifat hampir sama dengan kain wol sehingga banyak dibuat kain acrilic sebagai pengganti kain wol, misalnya untuk selimut, pullover, dan lain-lain.

BAB III

METODOLOGI



    1.    Tempat Penelitian

Kami sekelompok melakukan penelitian disekitar lingkungan sekolah kami yaitu di SMAN 1 Palabuhanratu Kab.sukabumi.

    2.    Waktu Penelitian

Kami melakukan penelitian yaitu pada bulan April 2012 sampai dengan selesainya makalah ini.

    3.    Metode penelitian

Metode yang saya gunakan adalah Metode Studi Pustaka yaitu :

Cara sederhana membuat benang nilon

    4.    Alat dan Bahan

    Larutan COCl (CH2)8 COCl
    Larutan NH2(CH)6 NH2
    Gelas Kimia (Gelas Ukur)
    Penjepit
    Lidi/Tongkat kecil

    5.    Langkah Kerja

    Pertama-tama masukkanlah salah satu larutan kedalam gelas kimia atau gelas ukur, misalnya yang pertama dimasukkan adalah larutan COCl (CH2)8 COCl.
    Selanjutnya masukkan juga larutan yang kedua kedalam gelas kimia, yaitu larutan NH2(CH)6 NH2
    Tunggu larutan hingga membentuk selaput berwarna putih
    Ambillah selaput yang berwarna putih itu dengan menggunakan penjepit
    Lalu belitkan selaput tersebut dengan menggunakan lidi/tongkat kecil
    Teruslah putar lidi tersebut. Karena selaput tersebut tidak akan putus walaupun ditarik. Kecuali, apabila larutannya habis.
    Dan bentangkanlah selaput tersebut
    Akhirnya benang Nilon pun selesai dibuat

BAB IV

DATA PENGAMATAN DAN ANALISIS DATA

    1.    Data Pengamatan

Dari percobaan diatas, kita dapat mengetahui apabila larutan COCl (CH2)8 COCl direaksikan dengan larutan NH2(CH)6 NH2 maka akan membentuk selaput putih yang nantinya menjadi senyawa nylon.

    2.    Analisis Data

Jadi nilon itu sebenarnya bisa dibuat dengan berbagai cara. Yang saya lakukan diatas adalah dengan menggunakan cara sederhana dengan menggabungkan 2 macam larutan. Karena sebenarnya nylon itu banyak sekali macamnya, tergantung dari kandungan karbon didalamnya.

BAB V

PENUTUP

    1.    Kesimpulan

Jadi bahan-bahan pembuatan kain sintetik sebenarnya berasal dari minyak bumi yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan unsur senyawa yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Misalnya saja proses pembuatan benang Nilon yang sangat gampang dan simple, tetapi teman-teman walaupun sangat gampang dan simple, tetapi membutuhkan bahan yang sangat susah dicari yang hanya bisa didapatkan di Toko Kimia.

    2.    Saran

Jadi sebaiknya teman-teman semuanya apabila ingin menggunakan bahan kain untuk keperluan pakaian, gunakanlah bahan kain yang menurut selera anda itu baik, nyaman dan enak saat dipakai. Boleh itu dari serat alami atau serat buatan (serat sintetik). Tetapi menurut kami lebih baik campurlah serat kain alami dengan serat buatan agar tercipta sifat-sifat bahan yang dimiliki keduanya. Dan agar tercipta bahan kain yang berkualitas, kuat, tidak mudah kusut, dan tahan lama.

Dan ingatlah teman-teman, apabila teman-teman ingin melakukan percobaan membuat benang nilon seperti diatas, Harus membeli bahan-bahannya diToko Kimia. dan janganlah sekali-kali membelinya dengan ilegal, harus dengan ijin sekolah dan lembaga resmi, karena bahannya sangat berbahaya bagi anak-anak seumuran kita. Saya pun pernah mencoba membelinya, tapi tidak bisa karena bahannya sangat berbahaya maka dari itu saya pun mencoba mempresentasikan makalah ini hanya dengan menggunakan video saja dengan menggunakan metode penelitian studi pustaka.



 

Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya

LPK NAVITA


Tempat Pelatihan Orang Mandiri
Pelatihan Jahit, Kaos, Tas, Bordir, Jilbab, Sulam Pita, Payet, Selimut, Bantal, Aneka Kreasi Flanel, Aplikasi Kain Perca, Batik, Daster, Bed Cover, Kebaya, Korden, Rajut, Sablon, Jahit Kucing/Anjing, Desain Baju

Mudah-Murah-Hemat-Terampil

Kenapa memilih LPK Navita:

Belajar dengan menyenangkan
Minim ujian
Guru dididik secara khusus dengan pengalaman
Murid diberikan kebebasan
Minim sistem rangking
Menganut paham "less is more"
Menetapkan standart sendiri
Sesama LPK tidak bersaing, tidak memperebutkan murid untuk keuntungan
Lebih Cepat Selesai
Lebih  Cepat Meningkatkan Penghasilan
Lebih Banyak dicari di dunia kerja
Berpengalaman sejak 2003
Berpengalaman dalam Gugus Kendali Mutu Nasional 2009
Mesin Jahit Bordir Lengkap Kecil-Besar
Magang
GRATIS lebih dari 70 Modul Jahit Terbaik EBOOK senilai 500.000
Biaya Mulai 350rb/program
Tempat terjangkau(200m ke selatan Jalan Kusumanegara)
Disediakan asrama bagi yang berasal luar kota yogya
Terima Order Jahitan Partai Besar/Kecil

Glagah Uh4/196
Warungboto Umbulharjo yogyakarta
PH.(0274)450326

buka cabang di sleman :
Perum Sidoarum Blok III Jl. Kepodang S-42
Godean Sleman Yogyakarta
HP. 085740028487
pin BB 75F08617
.
# Metode Pendidikan di Lembaga kursus menjahit : “LPK Navita” :

Peserta kursus menjahit dibimbing oleh guru-guru yang berpengalaman di bidangnya masing-masing, dengan teori & praktek ujian lokal dan nasional.

Setiap peserta Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” yang lulus diberi STTB / sertifikat dan ijazah negara.

Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” jurusan Tata Busana, Desain Mode, Bordir memiliki ijin resmi Depdikbud, mendidik dan mempersiapkan siswa belajar agar siap bekerja dan mandiri dalam berwiraswasta.
Lembaga kursus menjahit di Yogyakarta






























Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya

Akhirnya, Cara Menjahit di 2016 Terungkap !




Siapa lagi yang ingin Meraih Kesuksesan 2016 Menggunakan STRATEGI JITU dan LANGKAH KONKRET yang TELAH TERUJI dan TERBUKTI

KEBERHASILANNYA ?



Segera ambil keputusan untuk mendapatkan ebook menjahit Luar Biasa

    Cara Menjahit Praktis?
    Benarkah keterampilan lebih bermanfaat dari akademik formal?
    Siapkah Anda jika UPAH MINIMUM mencapai Rp. 3,4juta?
    Bagaimana EBOOK ini akan mempengaruhi bisnis Anda?
    Penjahit terancam punah?
    Pasar Jahit stagnan?
    Apakah Indonesia akan mengalami "SWASEMBADA SANDANG"?
    Bulan apa saja yang harus  WASPADAI ?

DAPATKAN EBOOK MENJAHIT

7 Fakta Mengapa Menjahit Anda Tidak Efektif?

    Fakta 1. Pergunakan kain yang Mahal ...
Pergunakan kain yang murah, atau kain-kain bekas pembungkus seperti menggunakan karung terigu misalnya atau kain-kain

kiloan untuk menghemat harga

    Fakta 2. Belajar Asal
Belajar dari orang yang sudah profesional, atau anda bisa mempelajari secara diam-diam dengan menjahitkan satu baju ke

mereka untuk anda pelajari, teknik jahitannya seperti apa, bagian mana saja yang harus diberi lapisan dst.


    Fakta 3. Tidak melibatkan komitmen 
Siapa yang punya rencana, dia yang menjalankan. Banyak Kunci utama harus tetap semangat….semangat…dan semangat !!!!

Jangan putus asa kalau terjadi kesalahan dan menemui kesulitan. Teruslah belajar dan insyaAllah dalam waktu 6 bulan anda akan

mahir dalam menjahit pakaian

    Fakta 4. Tidak Menggunakan Mesin yang tepat ...
Keputusan Anda saat merencanakan sesuatu sudah menjadi separuh tindakan. Jika tidak menggunakan mesin yang tepat saat

menjahit, anda dapat yakin rencana anda tidak dijalankan sesuai keinginan anda.

    Fakta 5.Planning hanya memenuhi laci ...
Planning adalah management tool, seperti form, absensi, daftar harga, dan alat pengambilan keputusan lain. Kekuatan plan

anda hanya bermanfaat jika anda bisa mereview plan anda.

    Fakta 6. Takut berubah ...
Planning adalah alat untuk menjembatani transisi perubahan diperusahaan. Jika Anda tidak mau berubah, anda akan ebih kuat

berpegang pada kebiasaan lama.

    Fakta 7. Tidak ada Follow UP! ...
Yes, memang menagih janji tidak nyaman, meminta anda melakukan apa yang mereka tulis tidak mudah, tapi HARUS ANDA LAKUKAN

jika ingin rencana anda berhasil

Tetapi diantara semua alasan, ada #1 Reason:


Anda buat rencana HANYA berdasarkan TARGET Semata
Tanpa Menyelesaikan 'HAMBATAN' yang Ada …


AKIBATNYA, Rencana anda gagal karena Anda Lebih banyak Membahas 'REASON' daripada 'RESULTS'…

Saatnya mengubah Cara Anda menjahit dengan melibatkan CREATIVE PROBLEM SOLVING TOOLS

Say Good Bye To:

    Target tidak tercapai …
    Mencari-cari Alasan …
    Semuat orang LUPA akan rencana dan Kembali ke KEBIASAAN masing-masing …
    Ada Target Tetapi Tidak ada Yang peduli  …
    Planning hanya GREGET dibulan pertama, seperti SODA …


Dapatkan Ebook Jahit Bordir

Apa yang akan Anda dapat dalam EBOOK JAHIT BORDIR for Success ini:

    memiliki pengetahuan dan kemampuan melaksanakan promosi statis
    pengetahuan  dan kemampuan untuk melaksanakan penataan  promosi dinamis
    kemampuan mengidentifikasi jenis dan menetukan teknik promosi sesuai bentuk promosi
    mempunyai keterampilan menjahit dan menerapkan hiasan celana sesuai mode celana.
    pengetahuan dan mampu Menjahit
    Lenan Rumah Tangga dan terampil dalam menjahit menjahit lenan rumah tangga
    pengetahuan dan keterampilan tentang pola busana, meliputi: macam-macam pola busana, memilih pola busana, dan    

    menyesuaikan pola busana pada ukuran model.
    mempunyai keterampilan menghias kain pada busana dan lenan rumah tangga menggunakan teknik bordir. 
    mampu tahu berbagai mesin yang dapat dipergunakan untuk membordir, menyambung dan memasang kain keras sebagai     

    persiapan dalam membordir,membordir berbagai material busana
    mampu: membuat tertib kerja produksi pada bagian jahit (sewing) gaun anak, membuat tertib kerja produksi pada bagian    

    jahit (sewing) overall anak, melaksanakan pekerjaan produksi pada bagian jahit (sewing) gaun anak dengan standar        

    kualitas, melaksanakan pekerjaan produksi pada bagian jahit (sewing) overall anak sesuai dengan standar kualitas
    melaksanakan pekerjaan produksi pada bagian menggunting (cutting) kemeja pria sesuai dengan standar kualitas.
    Dan masih banyak lagi dalam 20 EBOOK JAHIT BORDIR


Survey menunjukkan bahwa Penjahit dengan planning yang tertulis mencapai penjualan
50% lebih tinggi dan 12% higher profit.

Ini adalah waktu yang tepat. Jika Anda tidak memaksakan diri untuk membuat rencana yang detail, mau tunggu sampai kapan?


PAKET EBOOK :

Berisi 20 EBOOK

teknik bordir 
teknik bordir lanjut pada busana
teknik cutting sewing
teknik cutting sewing dan finishing busana anak
teknik cutting sewing dan finishing busana pria
teknik jahit bagian
teknik marker
teknik merancang bahan
teknik pembuatan sampel
teknik pembuatan sampel busana anak
teknik pembuatan sampel busana pria
teknik pengemaasan
teknik setrikaan
variasi bordir
melaksanakan promosi dinamis
melaksanakan promosi statis
mengenal dasar dasar promosi
menjahit celana
menjahit lenan rumah tangga
pemilihan pola busana

Siapa Yang Harus Mendapatkan EBOOK ini?


Semua Pemilik Usaha Jahit Bordir
Semua Calon Penjahit Top
Semua Orang Yang Ingin Mulai Berbisnis Jahit
Semua Orang Yang Ingin Terampil Menjahit
Semua Orang Yang Ingin Punya Time & Financial Freedom

Jadi harganya berapa ?

Harga Normal :

Rp. 200.000,-


Kaget ? Tunggu dulu …
Karena ini untuk 15 pendaftar pertama, Anda boleh mendaftar Sekarang dengan Investasi Hanya:

Rp. 149.000,-

Ebook harganya tidak murah, tetapi Materi yang diberikan adalah materi kelas Nasional. Selain itu Anda dapat langsung

mengimplementasikan apa yang didapat dalam ebook di dalam bisnis Anda.

YES ! Saya Siap Untuk Sukses dan Ingin Bisnis Saya Sukses Sekarang Juga!

Daftar Sekarang ! 

silahkan sms ke 0857 400 28 48 7 atau invite pin 75F08617
Format : (nama lengkap) (domisili tinggal)

GARANSI UANG KEMBALI 100% + JIKA ANDA TIDAK BELAJAR SESUATU DARI EBOOK INI.


EBOOK ini sangat powerful sehingga anda dianjurkan untuk mengajak team dan orang kepercayaan anda agar dapat segera

mengimplementasikan skill ini …
Harga hanya berlaku untuk 15 pendaftar pertama, Jika HABIS maka, saya akan menutup Sales Page ini Segera.
Jika Anda tidak merasakan manfaat, uang anda akan dikembalikan 100%

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang jenis jenis serat, kelebihan, kekurangan dan contoh produk

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Jelaskan Dasar Kewirausahaan di Bidang Kerajinan Tekstil?

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : https://renaldypamungkas.wordpress.com/2012/08/03/bab-1pendahulua/

0 komentar:

Post a Comment