, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Cara Membuat Pernak Pernik dari Kain Flanel

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 Cara Membuat Pernak Pernik dari Kain Flanel
 kerajinan tekstil dari kain flanel - Setiap kali ada bazaar pasti kerajinan ini baik berupa gantungan kunci, bingkai poto, aksesoris kerudung dijual bebas dengan berbagai kreasi unik dan permainan warna. Kerajinan flanel adalah usaha membuat karya dari bahan utama berupa kain flanel. Karya yang dihasilkan beragam. Mulai dari gantungan kunci, aksesoris kerudung, kantong hp, dompet, kotak tisu, boneka, souvenir pernikahan, dan lain sebagainya. Kerajinan Flanel, bergantung sekali akan ketersediaan kain flanel atau felt. Namun tahukan Anda asal usul kain flanel?

Cara Membuat Pernak Pernik dari Kain Flanel


Asal Usul Kain Flanel


Kain Flanel dalam sejarahnya telah melintasi berbagai negara. Hal ini menyebakan adanya penyebutan yang berbeda di tiap negara yang menggunakan kain flanel. Orang Eropa menyebutnya flannelette. Orang Prancis menyebutnya Flanelle. Orang Jerman menamakan kain flanel dengan sebutan Flannell.

Di Amerika, mereka menyebutnya Flannel, yang bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia yakni Flanel. Cukup dengan menghilangkan satu huruf ‘n’ nya. Kain flanel adalah jenis kain dari serat wol tanpa ditenun. Kain flanel disebut juga kain felt. Felt diambil dari ‘wet felting’ yaitu proses pembuatan pada kain flanel atau felt.  Dalam proses pembuatannya, kain ini dipanaskan dan diuapkan sehingga menghasilkan jenis kain denagn beragam jenis dan tekstur. Keragaman ini tergantung pada campuran bahan baku pembuatnya.

Sekilas kain flanel seperti sebuah jenis baru dari kreasi kain yang ada. Hal ini karena mengingat kerajinan flanel menggeliat menggoncangkan dunia kerajinan handicraft  beberapa tahun terakhir. Namun, sejarah keberadaan kain flanel ternyata lebih tua dari Anda.

Dalam sejarah peradaban manusia, kain initermasuk jenis kain tertua. Bahkan lebih tua dari kain rajut dan tenun. Pada tahun 6500 SM bekas-bekas digunakannya kain ini telah ditemukan di Turki. Di Siberia, ditemukan jenis kain flanel yang diawetkan dalam sebuah makam. Makam ini ada sekitar tahun 600 M.

Ketenaran kain flanel mampu memesona negara yang ia singgahi. Di Sumeria, ada legenda yang mengakui bahwa pembuatan kain flanel pertama kali ditemukan oleh Urnamman. Kaum nomadic yang ada di Asia Tengah punya tradisi unik. Mereka membuat kain ini sebagai bahan untuk membuat tenda, permadani, atau pakaian. Di Barat sana, kain ini telah dipergunakan secara luas baik itu untuk fashion maupun dunia seni tekstil.

Kain Flanel Kotak-Kotak dan Dunia Fashion

Dalam situs sammydvintage.com, sejarah lengkap kain flanel dipaparkan di situs ini. Dari tahun 1970 sampai hari ini, pakaian berbahan kain flanel telah memengaruhi gaya berbusana orang Amerika. Mulai dari kostum yang dipakai para turis, baju kerja para penebang pohon, hipsters, para selebritis dan bahkan para perancang busana yang cenderung kepada motif kotak-kotak.

Di Amerika, pakaian berbahan dasar flanel dibuat menjadi kemeja dan motifnya kotak-kotak. Bahkan, warna dari motif kotak-kotak untuk pakaian ini adalah paduan warna merah, hitam dan kadang putih. Memakai flanel motif kotak-kotak serasa seperti koboi dalam film koboi ala Amerika.

Itu sebabnya kain flanel menginspirasi sebuah fakultas dari Unpad untuk memakai kemeja kain flanel kotak-kotak sebagai dresscode mahasiswa baru. Seiring perkembangannya, orang Amerika membuat pakaian dari jenis kain flanel kotak-kotak untuk menahan dingin. Kain ini juga didesain tebal agar cocok dipakai oleh para pekerja sehingga tak gampang koyak.

Sekarang kain flanel kotak-kotak dalam dunia fashion dirancang tidak hanya untuk pakaian pekerja saja, tapi anak band dan anak punk banyak memakainya. Misalnya aksesoris celana kuncup, tas, bahkan sepatu. Selain itu, awalnya desain kain flanel kotak-kotak mampu memberi efek gagah dan kuat. Namun, dunia fashion menjawabnya agar bisa dipakai wanita. Fungsi lain dari kain flanel dapat Anda lihat dan temukan. Pada industri otomotif kain ini untuk mengurangi getaran pada panel interior. Kain ini juga dapat digunakan sebagai pelapis di atas permukaan meja biliar.  Tak hanya itu, kain ini bisa dipakai untuk membantu menghasilkan suara yang jernih pada simbal drum atau piano.

Cara Membuat Pernak-Pernik dari Kain Flanel

Banyak pengusaha handicraft yang mendulang sukses hanya dari kreasi kain flanel atau kerajinan kain flanel. Kain ini dibuat dalam berbagai bentuk, baik untuk aksesoris, souvenir, ataupun hiasan beberapa perangkat rumah tangga, alat elektronik serta bahan mainan anak.

Kerajinan flanel banyak peminatnya karena bahan dasar kain flanel yang memang murah meriah. Selain itu, teksturnya yang lembut dan memiliki varian warna yang menarik serta mudah dibentuk sedemikan rupa. Cara membuat kerajinan flanel pun sangat mudah. Berikut teknik dasar dan cara membuat kerajinan flanel.

1. Bahan dan Alat

Bahan Utama : Kain Flanel aneka warna
Bahan Tambahan, antara lain :
Gunting
Jarum Jahit
Dakron/kapas
Benang Sulam/ Jahit
Lem serba guna atau melty stick (batangan lem)
Lem Tembak
Aneka Pita
Pernak-pernik hiasan (manik-manik dll)
Bahan pelengkap (gantungan handphone, gantungan kunci, karet rambut, jepit rambut, dan bros)
Pensil

2. Pelajari Teknik Menjahit Dasar


Dalam proses pembuatan juga dikenal banyak teknik menjahit, seperti teknik feston, tekhnik tumpuk dan lain-lain. Ada beberapa macam-macam tusuk jahit dan tusuk hias yang dapat digunakan dalam pembuatan kerajinan flanel. Berikut macam-macam tusuk tersebut.

Tusuk Feston
Tusuk ini digunakan untuk merapikan pinggiran kain flanel dan menggabungkan dua lembar kain.

Tusuk Rol
Tusuk rol ini juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua lembar kain flanel. Apabila Anda mengerjakan tusuk ini secara hati-hati, Anda akan mendapatkan hasil  jahitan yang jauh lebih halus dan rapi dibanding kan dengan tusuk feston.

Tusuk Tikam Jejak
Anda bisa menggunakan tusuk ini untuk membuat bentuk mulut.

Tusuk Pipih
Anda dapat menggunakan tusuk pipih ini biasa untuk membuat bentuk hidung.

Tusuk Jeruji
Biasanya, orang hanya menggunakan tusuk ini sebagai hiasan.

3. Mulai Berkreasi
Sebagai karya pertama dari kerajinan flanel, Anda bisa memulai dengan membuat gantungan kunci.

Cara membuat :

    Pertama, buatlah pola dari kertas, kemudian gunting. Polanya terserah anda. anda bisa melihatnya di buku panduan pembuatan kerajinan flanel, misalnya anda membuat gantungan kunci Doraemon. Nah, buatlah pola kepala Doraemon.
    Selanjutnya, guntinglah kain flanel sesuai dengan pola yang sudah Anda buat di atas kertas.
    Pasanglah mata dan buatlah bentuk mulut pada kepala Doraemon tersebut. Anda dapat menggunakan lemtembak untuk memasang mata, sedangkan untuk mulut dan kumis, anda dapat menggunakan tusuk tikam jejak.
    Satukan kedua lembar kain flanel berbentuk Doraemon tersebut. Jahitlah sekelilingnya dengan tusuk feston. Sisakan sedikit saja bagian untuk proses memasukkan dakron. Setelah itu, masukkan dakron dan jahit kembali sisa  pinggiran kain yang belum dijahit tadi dengan tusuk feston.
    Selipkan tali di bagian atasnya untuk gantungan kunci.


Bagaimana? Mudah bukan? Anda bisa membuat kerajinan flanel sendiri di rumah di sela-sela waktu senggang Anda. Jika sudah terampil Anda bisa membuat kerajinan flanel ke dalam berbagai kreasi dan memberikannya kepada orang-orang tersayang.


Setelah itu, Anda bisa membuatnya dalam jumlah banyak dan dalam berbagai desain serta pola, kemudian Anda bisa menjualnya. Lumayan buat tambahan penghasilan. Demi memudahkan mendapatkan pelanggan, Anda bisa mulai membuat kerajinan flanel sesuai musimnya.

Pada musim lebaran misalnya, kerajinan flanel yang Anda buat tentu berkaitan dengan aksesoris lebaran. Anda bisa membuat gantungan kunci ketupat imut, aksesoris kerudung, kotak tisu, boneka anak muslim dan lain sebagainya. Selamat berkreasi dengan kain flanel!

Cara Membuat Kerajinan dari Kain Flanel
* Sediakan Bahan-bahannya ; pola, jarum,
kain flanel, kapas/dakron dan benang
sulam dan payet mata.

Video
Apa saja yang bisa dibuat dari kain flanel ?

• Gantungan kunci
• Tempelan kulkas
• Dompet
• Macam-macam boneka
• Pigura Foto
• Buku Lipat
• Hiasan Pensil
• Pin
• Kotak tissue
• dll..


* Bentuk sudah terlihat, sekarang pasang aplikasi lainya seperti hidung, ekor atau tali penggantung, bisa dengan jahitan atau dengan lem.
* Kerajinan kain flanel pun siap ..
* Gunting kain mengikuti pola
* Kemudian, jahit/sulam hiasan seperti mata, mulut dll (jika hiasan menggunakan payet, cukup direkatkan dengan lem), jika menginginkan kreasi baju, topi atau lainnya, buat pola baru dengan kain warna lain kemudian satukan dengan jahitan tusuk tikam jejak.

Alat dan Bahan yang diperlukan :
1. Kain flannel
2. Pola dari kertas/mika
3. Buku contoh pola (jika diperlukan)
4. Alat tulis (pensil, ballpoint)
5. Jarum kain flannel
6. Benang sulam warna-warni
7. Kapas/dakron untuk isi
(bisa juga kain perca atau bahkan biji kacang hijau dll, sesuai selera)
8. Gunting
9. Lem/ double tape
10.Hiasan, seperti manik-manik,
pita,mata-mataan, payet, putik, dll

* Jika sudah terpasang hiasan, lalu gabungkan bagian depan dan belakang, gunakan jahitan tusuk festoon.
* Dalam menjahit, sisakan kain kira-kira 3 cm, agar dapat diisi dengan bahan isi seperti kapas/dakron/kapuk atau perca, kacang ijo dan lainnya.
* Setelah terisi, lanjutkan kembali jahitan (rapatkan) hingga semua sisi terjahit semua, tetap gunakan tusuk festoon.

*Cetak pola ke kain flanel (pola bisa dibuat dengan program design di computer, atau dari buku dan kreasi gambar sendiri), dalam men
ggambar pola, pakailah kapur jahit, atau pensil warna dengan warna yang senada dengan warna kain, agar tidak kotor.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang kerajinan tekstil dari kain flanel

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Tugas4-PENERAPAN K3 PADA INDUSTRI BATIK

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://koplak-couk.blogspot.co.id/2013/08/cara-membuat-pernak-pernik-dari-kain.html

0 komentar:

Post a Comment