, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Kerajinan dari kain perca

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 Kerajinan dari kain perca
 pengertian kerajinan jahit perca - Sekedar Pengetahuan Tentang Kerajinan tangan dari kain perca dan cara pembuatannya

Pengertian jahit perca

Perca adalah sisa-sisa guntingan kain yang ada setelah membuat pakaian atau karya kerajinan tekstil lainnya. Jahit perca/tambal seribu/patchwork adalah proses pembuatan suatu produk kerajinan tekstil yang terbuat dari potongan-potongan kain / perca yang digabungkan dengan cara dijahit sesuai dengan rencana. Jahit perca pada dasarnya dipelajari keteknikannya bukan pada bahannya.

Jenis-jenis jahit perca


Ada beberapa jenis Jahit Perca ditinjau dari cara pembuatannya adalah:

1. Cara acak (tak beraturan)

Jahit perca cara acak (tak beraturan) adalah teknik jahit dengan menggabungkan guntingan-guntingan kain dengan bentuk dan ukuran potongannya tidak sama, kemudian guntingan- guntingan tersebut dijahit sesuai dengan desain. Berikut ini adalah contoh karya jahit perca teknik acak.

2. Cara jiplakan pola (template)

Jahit perca teknik jiplakan pola adalah teknik jahit dengan menggabungkan guntingan-guntingan kain yang dipola terlebh dahulu, dan selanjutnya dijahit sesuai dengan rencana.
 

3. Cara tumpang tindih (overlapping)

Jahit perca teknik tumpang tindih adalah teknik jahit dengan menggabungkan guntingan-guntingan kain yang di pola terlebih dahulu dengan cara meletakkan pola bagian tengah diatas kain telah disiapkan dan selanjutnya dijahit bagian tepinya, kemudian tindihlah dengan pola berikutnya dengan cara dijahit dengan arah dari tengah ketepi hingga selesai secara keseluruhan.
 

4. Cara jahit jelujur

Jahit jelujur adalah teknik yang biasanya digunakan untuk memberi kesan keindahan. Untuk menggabungkannya tetap dikerjakan dengan teknik jahit mesin. Cara ini sifatnya hanya penghias, maka dapat diterapkan baik pada teknik acak, teknik template, teknik overlapping maupun teknik pola geometris.

5. Cara pola geometris.
Teknik jahit perca menggabungkan guntingan kain dengan bentuk polapola geometris (segi tiga, segi empat, segi lima dan bentuk-bentuk lainnya) yang terukur dan selanjutnya dijahit sesuai dengan desain.


Cara Membuat Bros dari kain perca

              
Alat dan Bahan:
1. glue gun atau yang sering kita sebut lem lilin
2. pensil
3. bidang bulat
4. benang dan jarum jahit
5. peniti kecil
6. tentu saja kain perca
7. kancing baju
 


cara membuat:

1. gambarlah lingkarang dengan menggunakan pensil dan bidang bulat yang telah di sediakan, lalu potong menjadi 5 lingkaran.

2. lipat lingkarang menjadi setengah lingkarang lalu lipat lagi sampai membentuk seperti gambar di bawah. setelah itu jahit setiap ujungnya. lakukan juga ke lingkaran yang lain sampai jadi 5 segitiga.

3. setelah itu jahit semua segitiga yanng telah kita buat tadi tapi jangan di ikat setiap ujungnya biarkan mreka menyatu.

4. lalu rapatkan semua segitiga yang akan menjadi kelopak bunga bros kita. rapatkan sampai mengkerut bagian ujungnya dan membentuk lingkaran.

5.setelah itu jahit bagian tengah kelopak bunga agar tetap menyatu.


6. setelah itu ambil kancing baju yang sudah di sediakan lalu potong kain perca dan bungkus kancing dengan kain perca, lalu jahit bagian bawah kancing agar tetap mengyatu dengan kain.

7.setelah kancing sudah di tutupi dengan kain, ambil kelopak bunga yang tadi sudah kita buat dan satukan kancing dengan kelopak bunga dengan cara di jahit. usahakan jahit dengan rapi sampai benangnya tidak kelihatan yah kawan.

8.setelah kancing sudah menyatu dengan kelopak bunga. ambil peniti dan kain perca lainnya. gunting kain perca sampai berbentuk bulat sesuaikan dengan besar kelopak bunga, lalu buat lubang di tengah seperti gambar di bawah, oh ia jangan lupa jarak 2 lubang di sesuaikan dengan panjang eniti agar tidak goyang nantinya.

9.setelah peniti di pasang ke kain, ambil kelopak bunga dan satukan peniti dan kelopak bunga dengan menggunakan glue gun atau lem lilin.

10. tunggu sampai lemnya benar2 kering yah, dan jadilah Bros Bunga Dari Kain Perca kita. semoga bermancaat yah, Kalau bisa bikin sendiri ngapain beli :D wassal
am :)

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang pengertian kerajinan jahit perca

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang     Konveksi Jaket, Seragam Kerja, Seragam Kantor, Polo Shirt, Kaos, Kemeja, Rompi, Sweater, Hoodie, Wearpack, Celana, Tas

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://khotimatussaadah20.blogspot.co.id/2014/04/kerajinan-dari-kain-perca.html

0 komentar:

Post a Comment