, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

SEPUTAR LENGAN BUSANA

 SEPUTAR LENGAN BUSANA

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 SEPUTAR LENGAN BUSANA

cara menjahit manset lengan kemeja - Bentuk dan model lengan busana banyak macam ragamnya. Dilihat dari cara memasang lengan pada pola badannya, dikenal 3 bentuk lengan yaitu lengan standar, lengan raglan dan lengan setali.

Lengan Standar


Lengan standar adalah lengan yang dipasang pada kerung lingkar lengan dari pola badannya. Disebut pola standar karena banyak digunakan secara umum pada busana yang dipakai sehari-hari, baik busana pria maupun wanita. Tentang modelnya sangat bervariasi, antara lain lengan licin, lengan pof, lengan kerut, lengan kop, lengan kupu-kupu, lengan lonceng, lengan crown, dll.
 

Lengan Reglan


Lengan Reglan adalah lengan yang dipasang pada garis serong mulai leher sampai ketiak dari pola badannya.  Bentuk lengan ini banyak dipakai untuk lengan baju kaos olah raga dan lengan jaket.  Tentang modelnya ada 2 macam, yaitu lengan raglan lurus mengikuti garis pundak dan lengan reglan bengkok pada posisi pundak. 


Lengan Setali


Lengan Setali adalah lengan yang dibuat menyatu dengan pola badannya. Bentuk lengan ini banyak dipakai untuk lengan kaos olah raga, lengan baju santai dan lengan baju tidur. Seperti pada lengan raglan, pada lengan setali juga ada 2 model, yaitu lengan setali lurus dan lengan setali bengkok pada posisi pundaknya.
 

Bagaimana cara menjahit lengan?


Karena dikenal ada 3 bentuk lengan yang berbeda, maka cara menjahitnya juga dikenal ada 3 cara pula.


Cara menjahit lengan standar.


Pastikan lingkar lengan pada pola badan sudah terbentuk (garis pundak dan sisi pola badan depan dan belakang sudah dijahit). Buatlah kerutan-kerutan kecil pada bagian tengah pangkal lengan menggunakan dua jahitan jarang yang ditarik sedikit benangnya.

Tentukan posisi titik batas sisi lengan, dimana ukuran kerung pada pola lengan bisa tepat benar dengan ukuran lingkar lengan pada pola badannya.
Jahitlah sisi lengan tepat melalui titik batas sisi lengan yang ditentukan tersebut, dilanjut menjahit sisi lengan mulai pangkal lengan (posisi ketiak) sampai ke ujung lengan.

Rapikan dengan gunting pada jarak sekitar 0,7 cm diluar jahitan sisi lengan lalu diobras, sekarang sudah tampak lengan setengah jadi. Lipat pola badan dimana posisi muka yang baik ada di dalam.

Lengan setengah jadi dengan posisi muka yang baik ada diluar, dengan hati-hati dimasukkan melalui lobang lingkar lengan yang ada di pola badan.

Pastikan pemasangan lengan tidak terbalik antara lengan kiri dan kanan.
Atur posisi yang rapi pada titik pundak dan titik ketiak, dan sepanjang pertemuan antara lingkar lengan pola badan dengan kerung pola lengan. Lazimnya dibantu jarum pentul atau jahit jelujur tangan. Setelah kondisi sudah serba pasti dan serba rapi, jahitlah pemasangan lengan menggunakan mesin jahit.


Cara menjahit lengan raglan


Untuk lengan raglan lurus mengikuti garis pundak. Jahit lengan raglan dengan pola badan depan. Jahit lengan raglan dengan pola badan belakang
Jahit sisi baju, mulai ujung lengan, menuju dan melewati posisi ketiak, dilanjut kebawah sampai batas bawah baju, untuk sisi kiri dan kanan.
Untuk lengan raglan bengkok pada posisi pundak.
Pertama, jadikan lengan dengan menjahit posisi garis pundak, mulai awal bengkokan pola sampai ke pangkal lengan.
Setelah itu prosesnya sama dengan memasang lengan raglan lurus yang diuraikan diatas.

Cara menjahit lengan setali


Untuk lengan setali lurus mengikuti garis pundak. Jahit sisi baju, mulai ujung lengan, menuju dan melewati posisi ketiak, dilanjut kebawah sampai batas bawah baju, untuk sisi kiri dan kanan.
Untuk lengan setali bengkok pada posisi pundak. Jahit dulu garis pundaknya, setelah itu, jahitlah sisi baju, mulai ujung lengan, menuju dan melew
ati posisi ketiak, dilanjut kebawah sampai batas bawah baju, untuk sisi kiri dan kanan.
Pembuatan kemeja lengan panjang [download]

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara menjahit manset lengan kemeja

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Tips menjahit kebaya brokat/tille

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit :http://kursusjait.blogspot.co.id/2013/03/seputar-lengan-busana.html

0 komentar:

Post a Comment