, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

bungkus kopi

 contoh proposal pembuatan tas dari hasil daur ulang bungkus kopi - KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK”
            Makalah ini berisikan tentang informasi PengertianSampahPlastik atau yang paling banyak dibuang oleh manusia karena banyak orang yang menggunakan plastik untuk keperluannya sehari-hari.

            Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.

            Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi segala usaha kita. Amin.

 Penulis


 

DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK

BAB 1
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
             Sampah plastik merupakan sampah yang paling banyak dibuang oleh manusia karena banyak orang yang menggunakan plastik untuk keperluannya sehari-hari entah itu perorangan, toko, maupun perusahaan besar. Misalnya, berbelanja pasti akan membutuhkan plastik untuk membawa barang belanjaan, jika plastik itu sudah tak terpakai apakah plastik itu akan disimpan? Tidak kan. Apa yang mereka lakukan? membuang dan membakar itulah yang mereka lakukan.
Pembuangan sampah-sampah plastik kedalam air dan tanah telah menambah tingkat kesengsaraan alam. Mengapa demikian? Sampah plastik terbuat dari bahan anorganik. Bahan-bahan anorganiktersebut sangat sulit dan tidak mungkin diuraikan oleh bakteri pengurai. Apabila ditimbun dalam tanah untuk menguraikannya butuh  waktu berjuta-juta tahun. Dan apabila dibakar hanya akan menjadi gumpalan dan butuh waktu lama untuk mengurainya. Dan apakah kalian tahu akibatnya jika sampah plastik itu terlalu lama tertimbun dalam tanah dan tertumpuk? Satu, terjadi pemanasan global yang berdampak pada kehidupan manusia itu sendiri. Dua berdampak pada hewan laut yang menelan sampah plastik yang terbawa ke laut,dll.
Coba bayangkan jika kita sehari saja tidak memakai plastik, pasti sulit bukan. Contoh:
1.       Membawa barang belanjaan tadi.
2.      Para pembuat plastik pasti rugi.
3.      Tidak ada alternatif lain untuk membawa sesuatu.
Di negara Indonesia masih bergantung pada plastik lain halnya dengan negara jepang yang sudah sadar akan bahaya plastik dan beralih pada kertas yang tidak mudah sobek, serta dapat diolah dengan mudah.
Pada akhirnya daur ulang sampah plastiklah yang harus kita lakukan. Tidak hanya menyelamatkan lingkungan dari pemanasan global, tetapi juga dapat mendatangkan keuntungan ekonomi.

B.     Perumusan Masalah
Berpijak dari latar belakang yang telah dijelaskan di atas, maka dapatlah dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
1.      Apakah sampah plastik itu?
2.      Bagaimana cara mendaur ulang sampah plastik agar tidak merugikan?

C.     Tujuan
1.      Bagi siswa
Untuk menambah pengetahuan  dan sebagai tugas untuk memenuhi mata pelajaran PLH.
2.      Bagi masyarakat
Memberikan kesadaran betapa merugikannya sampah plastik jika dibiarkan.
BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Sampah Plastik
Sampah plastik merupakan sampah yang dapat didaur ulang menjadi barang2 yang berguna bahkan menjadi barang yang bernilai bila dikerjakan oleh orang2 yang berkreatifitas, contoh sampah plastik itu seperti bungkus makanan ringan, bungkus kopi, botol air mineral dll.
B.     Cara Mendaur Ulang Sampah plastik
1.1.PengertianDaurUlangPlastik
Pemikiranuntukmendaurulangsampahplastikbermuladarimenipisnyapersediaanminyakbumisebagaipenghasilnaphta.Selamaininaphtamerupakanbahanbakuutamadalam industry plastik. Setelahterjadikrisisminyakduniapadatahun 1973/1974, paraahlimulaiberpikiruntukmencaribahanbaku alternative penggantinaphta. Beberapabahan yang dicobaantara lain batubara, kalsiumkarbid, danbahankimiasintesislainnya. Karenaternyatabiayaproduksinyamenjadilebihmahal, makakemudianmilaidicobamendaurulangkansampahplastik.
Dalam proses daurulangsampahplastiktersebutada yang langsungdigunakansebagaibahanbakuataubahnpengisi (filler) tanpapengo
lahanterlebihdahulu. Ada yang diolahterlebihdahuludengan proses tertentusebelumdigunakandalampembuatanplastik. Dengan proses daurulanginibiayaproduksiplastikjadilebihmurahdibandingkandenganjikahanyamenggunakanbahanbakudarinaphta. Keuntunganlainnya, industry plastiktidakterlalutergantungpada industry petrokimiahulusebagaipenghasilnaphta.
Latarbelakanglain yang mendesaksemakinpentingnya proses daurulangplastikadalahsemakinmeningkatnyapenggunaanplastik. MenurutmajalahHidrocarbon Processing (Desember 1989), sampaitahun 2000 dibakar.Padahalsepertisudahdisinggung di muka, pembakaranbahanplastik, apalagidalamjumlah yang besar, dapatmenghasilkanbahan-bahanberbahayabagikehidupanmakhlukhidup.
Negara-negaramajuumumnyamengolahkembalisampahplastikmenjadibarang-barang yang bermanfaat.Banyakproduk-produk yang bisadibuatdenagnbahancampurandarisampahplastikdanbahanbakuplastikatauhanyadenganbahandarisampahplastik. Sebagaicontoh, tikarplastikbisadibuatdenganmenggunakanbahanbaku 70 % darisampahplastikdan 30 % daribahanplastik. Di Swedia, sampahplastikdimanfaatkanuntukmembuatbataplastik yang lebihkuatdaribatabiasa. Sementara di Inggrisdan Italia, bahandarisampahplastikdipergunakanuntukmembuattiang-tiangtelepon yang sebelumnyadibuatdarikayuataubesi.Berdasarkanpenelitian, tiang-tiangdaribahansampahplastiktersebutbisamenyanggabebansampai 300 kilogram.
Melihatpotensipemanfaatanhasildaurulangsampahplastik, makasebenarnyasampahplastiktidakhanyamerupakansumbermasalah, tetapijugamemberikanpeluangbisnis.Sebagaicontoh, di bidangpertanianbanyakperlengkapan yang bisadibuatdenganhasildaurulangsampahplastik, misalnyamangkukpenampunglateksuntukperkebunankaret, seratplastikuntukpertanianhidroponik, kantongplastikuntukpenyemaianbibit, taliplastik, dansebagainya.Bisnisdaurulangsampahplastikjugaakanikutmembukalapangankerjabaru, karenauntukpengumpulanplastik, pengolahansampaipemasarannyamemerlukanjaringanusahatersendiridaripemungut (pemulung), pengumpul, industry pengolahsampahplastik, dan distributor produknya.
Bagi yang tidaktertarikdenganbisnissampahplastik, denganmengetahuipotensibisnisdaurulangsampahplastikinidiharapkantidaklagimembuangsampahplastiksecarasembarangan, melainkanmaumengumpulkandanmemberikannyakepadaparapemunutsampahplastik.Sehinggadisampingmenghindaripencemaranlingkunganolehsampahplastiksekaligusjugamemberikanrizkibagi orang lain.
Para pemungutsampahplastiksemestinyajugapatutdihargai, sebabusahamerekaikutmenjagakelestarianlingkungan, meskipunmerekamelakukannyasemata-matauntukmencarinafkahtanpakesadaranuntukmengatasimaslahlingkungan.

1.2.Cara Mengolah Sampah Plastik Menjadi Kerajinan

            Langkah awal mengolah sampah plastik menjadi kerajinan adalah memisahkan sampah kering dan sampah basah. Selanjutnya sampah kering seperti bungkus minuman ringan seperti kopi, susu dan mi instan dibersihkan. Setelah itu plastik-plastik yang telah dicuci dan dikeringkan kemudian dipotong-potong seperti pola barang kerajinan yang akan dibuat. Pola dibuat sesuai dengan bentuk barang yang akan dibuat. Setelah dipotong sesuai dengan pola, langkah selanjutnya adalah menjahit sesuai dengan pola tersebut. Yang diperlukan adalah ketelatenan dari penjahit.

            Saat ini kerajinan dari sampah plastik telah menjadi produk fashion tersendiri yang berasal dari barang daur ulang atau bisa disebut trashion. Trashion ini artinya fashion dari sampah.Dengan menjadi trashion nanti, produk kerajinan daur ulang sampah kering akan bisa dinikmati tidak saja kalangan masyarakat menengah ke bawah tapi juga kalangan menengah atas yang biasanya sangat memperhatikan kualitas produk kerajinan yang akan dibeli.
1.3. Langkah-langkah mendaur ulang
.                  JENIS BARANG YANG BISA DIMANFAATKAN

1.     bungkusprodukminuman / es
seperti : tea juzz, segar sari, adem sari, dsb
2.     bungkusprodukmakananringan
seperti : oops, chiki taro, chitos, potatos, dsb
3.     bungkusproduk kopi
seperti :kapalapi, coffee mix, luak white coffee, dsb
4.     bungkusprodukcucian
seperti :rinso, wings, dsb


               JENIS PRODUK YANG DIHASILKAN
·         TAS KECIL
·         TAS BESAR
·         DOMPET
·         ASBAK, dsb

 MANFAAT

1.       KEUNTUNGAN
·         Modal yang dikeluarkansangatsedikit.
·         Keuntungan yang didapatjauhdarimodal .
·         Pembuatannyatidakbegitusulit.
·         Bahanpembuatannyamudahdidapat.
·         Produkinidijualuntuksegalausia .
·         Dsb…

Pertama:
Siapkan satu bekas bungkus kopi instan merek apa saja. Potong menjadi selebar 5 cmdanpanjang 15 cm.
Ke dua:
Potongan bekas bungkus kopi selebar 5 cm tersebut di lipat ke arah dalam sepanjang 1 cm di kedua sisinya sehingga menghasilkan pita plastik selebar 2 cm. Buat pita seperti ini sebanyak minimal 200 buah dari 200 bungkus bekas kopi instan.
Ke tiga:
Ambil 2 buah pita dan anyam seperti membuat baling-baling
Ke empat:
Pada baling-baling yang sudah terbentuk selanjutnya tambahkan pita lainnya satu-persatu dan jangan lupa membuat sudut tegak vertikal agar bisa dianyam ke arah atas. Bila proses ini diabaikan maka anyaman hanya akan berbentuk seperti tikar saja dan tidak berupa keranjang. Atur lebar dan tinggi anyaman sesuai kebutuhan.
Ke lima:
Setelah dompet atau tempatpensil Anda selesai,jahitresleting di bagianatas agar mudahuntukmembukadanmenutupya.selainitubisaditambahkanhiasan agar tempatpensil/dompetlebihunik.



C.     Hasil Daur Ulang Sampah Plastik
Selain dapat diubah menjadi plastik yang baru lagi. Dari hasil proses daur ulang kurang lebih yang dijelaskan diatas, sampah plastik dapat mengasilkan nilai jual. Entah itu sampah plastik dari bungkus kopi sampai botol minuman plastik.
Bungkus kopi dapat di sulap menjadi berbagai barang. Sebagai misal, tas, dompet, kerajinan tangan lain.
Sedangkan botol plastik? Lebih luas lagi. Sebagai misal, vas bunga, hiasan dinding, kinciran bagi
anak kecil, bunga palsu dan lain sebagainya. Barang lain yang dihasilkan seperti sandal, baju, payung, tas jinjing, hingga hiasan dinding.


BAB III
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Dari data diatas dapat kita simpulkan bahwa sampah plastik dapat merugikan dapat juga menguntungkan. Yang merugikan, jika kita membuang plastik sembarangan, jika kita membakar sampah plastik asapnya akan mempengaruhi efek rumah kaca atau Global Warming. Dan yang menguntungkan, jika kita memiliki kreativitas dalam mengolah sampah plastik sebaiknya kembangkan, tidak hanya mendatangkan keuntungan kita juga telah menyelamatkan dunia.

B.       Saran
Semoga dengan dibuatnya makalah ini kita bisa menambah wawasan pengetahuan kita, kita sadar akan bahaya sampah plastik yang dibuang atau dibakar begitu saja tanpa tahu akibatnya. Kita tahu bahwa plastik bisa mendatangkan keuntungan lebih. Kita juga tahu bagaimana mendaur ulang smpah plastik menjadi barang yang bernilai jual.

DAFTAR PUSTAKA
http://www.angelfire.com/indie/shefoughtbravely/sejarah.htm
http://genderang-perang.blogspot.com/2011/01/pengertian-sampah-plastik.html
http://kerockan.blogspot.com/2011/07/cara-mengolah-sampah-plastik-menjadi.html
http://herusupanji.blogspot.com/2012/02/daur-ulang.html

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 bungkus kopi

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang contoh proposal pembuatan tas dari hasil daur ulang bungkus kopi

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Cara Merancang Kerajinan dengan Bahan Tekstil

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://angelicaardi97.blogspot.co.id/2014/08/bungkus-kopi.html

0 komentar:

Post a Comment