, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Cara Mendaur Ulang Pakaian Bekas

 memanfaatkan bekas guntingan celana  - Kain adalah sebuah sumber daya yang bermanfaat, dan kain pada pakaian bekas bisa digunakan kembali dan dijadikan banyak benda lain. Dengan menyimpan pakaian bekas kemudian mengubahnya menjadi benda lain, Anda bisa tetap memiliki bagian-bagian yang keren dari pakaian tersebut, menghemat sumber daya dan biaya, memiliki barang baru yang keren yang memang Anda butuhkan, serta belajar cara membuat sesuatu dan mengembangkan kreativitas Anda.
Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui apa saja yang bisa dibuat menggunakan pakaian bekas. Setelah membaca artikel ini, Anda akan bisa membuat apa saja dari pakaian bekas Anda.
 

Langkah


    1
    Permak model dan gaya pakaiannya. Jika pakaian lama Anda tidak digunakan lagi karena modelnya sudah kuno atau sudah bosan dengan modelnya, coba permak atau ubah modelnya. Ini bisa dilakukan dengan berbagai cara tergantung pakaiannya. Misalnya menambahkan hiasan, atau memotong dan merapikannya sehingga menjadi jenis pakaian yang berbeda (misal dari T-shirt menjadi tank top).
        Ubah celana jeans tua atau rusak Anda menjadi celana pendek.
        Robek bagian tertentu pada jeans Anda untuk memberi tampilan yang berbeda.
        Buat tambalan yang menarik pada pakaian Anda.
        Baca beberapa buku paduan untuk mengubah model pakaian Anda. Ada banyak buku yang bisa memberi Anda ide dalam mengubah model pakaian Anda sehingga menjadi lebih menarik dan sesuai selera Anda.


Image titled Blue1
    2
    Warnai ulang kainnya untuk membuatnya terlihat betul-betul berbeda. Mungkin inilah yang perlu Anda lakukan untuk membuat pakaian lama Anda tidak tampak kuno lagi. Anda bisa dengan bebas mewarnai ulang pakaian Anda menjadi warna yang sedang trend saat ini, atau malah mewarnainya menjadi warna yang trend di zaman dulu. Efeknya akan lebih baik lagi jika Anda juga mengubah model pakaian Anda.
        Gunakan cat yang dengan bahan alami jika Anda sedang mencoba untuk mendaur ulang bahan pewarna organik atau cat yang ramah lingkungan.


    3
    Membuat pakaian baru. Bongkar pakaian Anda, lalu buat sebuah pakaian baru yang tidak memerlukan terlalu banyak bahan. Jika Anda merasa bahannya kurang atau merasa kreatif, gabungkan dengan bahan kain lain.

        Membuat rok pendek dari T-shirt. Potong bagian tas dari T-shirt tepat di bawah lengannya, lalu masukkan karet di bekas potongan tersebut dan jahit yang rap
i untuk membuat bagian pinggangnya.

    4
    Membuat aksesoris kain. Buat bandana, ikat rambut, gelang, kalung, sendal, atau ikat pinggang dari pakaian bekas Anda. Cukup potong dan bentuk sesuai dengan benda apa yang ingin Anda buat.

    5
    Membuat aksesoris musim dingin. Buat topi, syal, atau sarung tangan dari sweater atau jaket bekas Anda.

    6
    Buat tambalan. Pasang tambalan dengan warna yang menarik pada jeans biru atau rok pendek jeans Anda. Atau Anda juga bisa menambahkan kantong dalam pada jaket Anda.


    7
    Membuat mainan. Anda bisa membuat boneka kecil atau mainan lain untuk anak-anak Anda dari pakaian bekas.
    8
    Jadikan sampul buku. Jika Anda merasa yang membuang kain pada pakaian Anda (karena mahal atau punya nilai sentimental), jadikanlah kain tersebut sebagai sampul buku, jurnal, atau album foto. Dengan begitu Anda tidak harus membuang kain pakaian Anda dan akan terus melihatnya.
    9
    Membuat bingkai foto. Lapis bingkai foto berbahan karton yang Anda buat dengan kain dan lekatkan dengan lem.
    10
    Membuat penutup lampu. Ganti penutup lampu tidur Anda dengan kain dari pakaian bekas Anda. Cukup cabut kain yang lama dan ganti dengan yang baru.
    11
    Penutup papan mading. Gunakan lembar kain yang cukup lebar dari pakaian bekas Anda untuk menutupi papan mading Anda yang mungkin terlihat tidak menarik. Lekatkan kainnya dengan lem. Lalu, gunakanlah papan itu seperti papan mading biasa.
  
    12
    Membuat selimut. Jahit kain Anda dengan rapidan dengan corak atau pola yang menarik.
        Selain itu, anda juga bisa menjadikan kain ini menjadi sarung bantal jika kain tersebut cukup lembut.
    13
    Membuat gorden baru. Buat sebuah gorden sederhana untuk jendela atau ventilasi Anda. Atau Anda bisa membuat bagian lain dari gorden seperti bagian pengikatnya dari kain ini.
 

    14
    Jadikan bungkus untuk kado kecil. Jadikanlah kain Anda sebuah bungkus kado dengan bentuk dan hiasan yang menarik sesuai bentuk dan ukuran kadonya.
    15
    Membuat tas hadiah. Potong kain menjadi sebuah kain panjang. Lipat kainnya menjadi dua, jahit, lalu rapikan bagian atas tasnya. Pasang pita pada bagian atas , dan Anda akan mendapatkan tas hadiah yang bagus untuk botol anggur atau seikat bunga.

    16
    Buat bantalan yang nyaman dan besar untuk anjing peliharaan Anda. Gunakan kain dari flannel Anda atau kain lain yang lembut untuk membuat ini.
    17
    A rag rug.
    Jadikan keset. Jika kain pakaian Anda bisa menyerap air tapi sudah tidak layak pakai, jadikanlah keset. Atau, buatlah keset yang menarik dari kain-kain bekas Anda.
    18
    Buat selimut denim dari denim atau flannel bekas.

    19
    Jadikan kain lap. Jika pakaian Anda memang sudah tidak layak pakai, jadikanlah kain lap agar tetap bisa berguna meskipun tidak bisa lagi dipakai.


Tips

    Jika Anda memang tidak punya waktu untuk melakukan semua di atas, sumbangkan pakaian Anda kepada orang yang membutuhkan.
    Simpan kain yang sama di satu tempat agar Anda tidak repot mencarinya nanti.
    Pastikan Anda tidak membuat bungkus kado dari kain pakaian yang diberikan oleh teman Anda yang berulang tahun.
    Pastikan hasil kreasi Anda pas jika dipakai.
    Gunakan kancing untuk hiasan.
    Jika hasil kreasi Anda bagus, orang lain pasti akan bertanya di mana Anda membelinya atau bagaimana cara membuatnya.


Peringatan

    Jangan menutupi lampu dengan kain yang mudah terbakar kecuali Anda menggunakan bohlam dengan watt rendah. Panas dari bohlam bisa saja membuat kainnya terbakar.

Hal yang Anda Butuhkan

    Pakaian bekas
    Gunting
    Ruang atau tempat kerja

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit

Cara Mendaur Ulang Pakaian Bekas

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang memanfaatkan bekas guntingan celana

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang membuat patung dari bubur kertas

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://id.wikihow.com/Mendaur-Ulang-Pakaian-Bekas

0 komentar:

Post a Comment