, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Ikut Kursus Menjahit Biar Mahir

 Ikut Kursus Menjahit Biar Mahir

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi,  kursus menjahit
 Ikut Kursus Menjahit Biar Mahir

belajar menjahit - MENJAHIT : Peluang usaha ini cukup menjanjikan. Dengan memiliki kemampuan menjahit, bisa membuka usaha jahitan di rumah. Atau dengan menjadi tukang jahit di tailor. Untuk lebih mahir, bisa mengikuti kursus terlebih dulu. MEIDY KHADAFI/PONTIANAK POST
Rajut Laba dari Usaha Jahit Pakaian

    Ada Rupa, Ada Harga


INGIN memiliki keterampilan menjahit, maka kursus menjahit bisa menjadi pilihan. Iskawati (27 tahun), ibu rumah tangga ini memilih ikut kursus menjahit, agar kelak bisa menambah penghasilan. “Ini khan cari pengalaman juga, apalagi kalau ingin bekerja bisa buka sendiri. Jadi ada rencanalah nanti kalau sudah mahir. Sekarang sih masih tahap awal, belum praktek,” ungkap dia.Demikian pula yang disampaikan Eva (27 tahun). Karyawan swasta ini mengaku belajar menjahit juga berharap bisa mendapatkan penghasilan tanpa harus bekerja di kantor. “Kalau sudah bisa sih, pengennya di rumah saja sambil terima upah jahitan,” timpalnya.

Ada beberapa tempat yang menawarkan jasa kursus menjahit. Tentu saja jika sudah mahir, Anda juga bisa mendapatkan peluang yang sama untuk mendapatkan keuntungan dari mereka yang ingin belajar. “Saya buka kursus sejak tahun 1997. Peminatnya lumayan ramai. Tahun lalu bisa sampai 20 orang. Tapi karena tahun ini saya jarang buka, jadi hanya 6 orang saja,” jelasnya.Setiap bulannya, mereka harus membayar Rp 300 ribu, tanpa ada batasan waktu. “Bulan pertama itu Rp 200 ribu untuk pendaftaran sekaligus perlengkapan dasar menjahit ditambah Rp 300 ribu untuk bulan pertama. Selanjutnya terserah mereka  ingin ikut sampai beberapa kali, tetapi tetap setiap bulannya bayar Rp 300 ribu,” ungkap Nur Aini, pemilik Kursus Penjahit Desainner Annisa di Jalan Merdeka ini.

Mengikuti metode belajar, seharusnya 9 bulan sudah bisa praktek mandiri. Namun kata dia, banyak pula yang baru 5 bulan saja sudah mandiri. “Awalnya itu lima kali materi, dan sisanya praktek. Harusnya 9 bulan  itu 3 bulan dasar, 3 bulan terampil, dan 3 bulan mahir,” ungkapnya. Kesulitan dalam mengajar kata dia, tergantung tingkat pemahaman peserta. Terutama soal penghitungan. “Ini khan ada pembagian juga, kalau dia paham pasti cepat, apalagi kalau sudah ada bakatnya,” tambahnya.

Sementara itu, dia juga menerima upah jahitan. Menurutnya, jika diseriusi hasilnya lumayan. “Kalau sebulan mau Lebaran dan Natalan itu ramai, saya sampai tidak tertangani. Untuk satu bulan saya bisa kerjakan 40 setel pakaian. Harga yang ditawarkan beragam. Untuk kebaya paling murah Rp 350 ribu, model biasa Rp 250 ribu. Atasan saja bisa Rp 150 ribu tergantung model yang diinginkan,” papar Nur Aini. (mrd)

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang belajar menjahit

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga

anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya

tentang  19 Cara Membuat Kerajinan Bunga dari Kertas

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://www.pontianakpost.com/ikut-kursus-menjahit-biar-mahir

0 komentar:

Post a Comment