, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Teknik Memasang Kerah (Bagian 1)

 Teknik Memasang Kerah (Bagian 1)


cara memasang krah pd kaos - Pada dasarnya semua jenis kerah memerlukan interfacing (lapisan dalam), walau kadang kita menemui kerah yang sifatnya dekoratif atau yang bentuknya memang sengaja ditampilkan tidak tegas. Untuk membuat kerah harus diketahui terlebih dahulu ragam bentuknya, cara membuatnya, dan cara menautkannya dengan bagian badan sebuah busana. Interfacing berfungsi untuk memberikan bentuk serta badan pada kerah. Interfacing dengan perekat seperti fusing, Vilene, dan kain pasir langsung menempel begitu diseterika.

Kerah Bundar

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus,   terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 Teknik Memasang Kerah (Bagian 1)



    Setelah interfacing dipasang, sesuaikan bagian atas dan bawah kerah dengan menjarumi kedua bagian baik dari kain kerah, lalu sesuaikan menurut garis jahitan yang telah dirader. Supaya hasilnya sempurna bisa juga dijahit sementara dengan jahit jelujur.
    Rapikan interfacing dekat dengan garis jahitan, klip (gunting kecil-kecil) di luar kurva, seterika terbuka kampuhnya.
    Balikkan kerah hingga bagian buruk saling bertemu dan bagian baik tampak, seterika kampuh jahit ke arah dalam (masuk) kerah bawah, kemudian tindas bagian kerah bawah dengan mengenai kampuh jahitnya.
    Setrika kerah datar dan jelujur sekeliling pinggiran luar.

Kerah Lancip

Point Presser


Untuk memperoleh hasil yang sempurna, anda memerlukan alat yang disebut dengan Point Presser.

Point Presser

Gambar di atas adalah gabungan Point Presser (bagian dengan ujung runcing) dan Wooden Clapper (bagian berbentuk kotak). Point Presser berguna untuk menyetrika terbuka, kampuh kerah pada khususnya, dan ujungnya yang runcing akan membantu membentuk sudut lapel (ujung kerah) yang sempurna.
Point Presser

Cara penyelesaian kerah ini sama dengan Kerah Bundar, hanya saja pada saat menjahit kedua bagian kerah, buatkan beberapa stik jahitan menyerong pada ujung kerah, putar lagi, dan lanjutkan menjahitnya, kemudian pada sudutnya yang lancip, pangkas dan rapikan (trim) kampuh masuk ke dalam, mendekati garis jahitan, dengan potongan serong sehingga tidak ada ketebalan dalam jahitan kerah.

Penyelesaian Kerah Lancip
Kerah dan interfacing dapat dipotong bersamaan, bila pola kerah tersebut memang memungkinkan untuk dilipat secara simetris. Potong interfacing dari separuh pola kerah. Klip sedikit ujung atas interfacing dari pinggiran untuk menghilangkan ketebalan. Rekatkan pada bagian buruk dari kerah bawah dengan pinggiran garis lipat. Lipat kerah menjadi separuh, bagian baik bersamaan dan stik pada sisi-sisinya.
Penyelesaian Kerah Lancip

Tags: jahit baju, jahit baju batik, jahit baju online, buat baju, konveksi baju, butik baju batik, butik online, butik baju online, butik baju wanita, kursus jahit, pola busana, pola pakaia
n

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara memasang krah pd kaos

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa

melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Produk Kerajinan Fungsi Hias

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : https://fitinline.com/article/read/teknik-memasang-kerah-bagian-1/

0 komentar:

Post a Comment