, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Toko Kain Flanel | Kerajinan Pita | Kerajinan Tangan

Toko Kain Flanel | Kerajinan Pita | Kerajinan Tangan


toko kain flanel - Membeli Kain Flanel di Tanah Abang
Suka deh ngeliat cewe-cewe yang bisa bikin handicraft atau kerajinan tangan. Aku jadi pengen bisa juga. Seru aja liatnya, bisa menghasilkan barang-barang cantik dari tangan sendiri. Salah satu bahan kerajinan tangan yang (kayaknya) mudah dikreasikan adalah kain flanel. Maka berangkatlah aku ke pusat grosir di Jakarta, Pasar Tanah Abang. Di sini harganya lebih bersahabat … kalo beli banyak :p . Satu-satunya info yang aku tau, harga kain flanel per meter di toko online Rp. 17.000,-. Asumsinya, di Tanah Abang aku bakal dapet harga yang lebih murah dari itu.

Karena aku ga punya banyak informasi soal dimana dan berapa kisaran harga kain flanel di sana, walhasil aku cuma hemat seribu perak dan itupun aku dapet dari “calo”. Calo yang kumaksud adalah penjual bahan pakaian yang sebenernya ga jual kain flanel tapi dia punya katalog. Dia menawarkan kepada pembeli seakan-akan dia punya barang yang pembeli butuhkan. Setelah pembeli memilih, dia pun jalan ke toko kain flanel untuk kemudian dia jual kembali dengan harga yang lebih muahool a.k.a expensive! Toko flanel aslinya sebenernya ga jauh, cuma agak masuk ke dalem. Mangsa si calo pastinya calon pembeli yang lugu dan cantik seperti dirikuw ;;) *disambit menhir*



Aku baru tau si abang itu ternyata calo dari penjual dacron (sejenis kapas buat isi kreasi flanel). Uda penjual dacron pun ngasih tau dimana seharusnya beli kain flanel. Besoknya aku beli kain flanel di tempat yang semestinya. Di sana aku bisa dapet flanel dengan harga Rp. 13.500,-. Ngeselin juga tu calo yang jual seharga Rp. 16.000,-. Tapi ya udah lah, itung-itung beli pengalaman dan informasi. Bener kata orang, pengalaman itu b.e.r.h.a.r.g.a.

Pengalaman ini bakal aku bagi. Supaya temen-temen ngga ngalamin hal serupa, berikut ini tips yang bisa diikuti untuk kita yang mau beli kain flanel di Tanah Abang :

    Browsing berapa harga kain flanel yang dijual di toko online. Harga itu buat patokan termahal. Di tanah abang kita bisa hemat 3.000 – 5.000 rupiah, apalagi kalo jago nawar.
    Lokasi. Lokasi penjual flanel “asli” ada di blok F2. B
uat temen-temen yang ngga tau, langsung aja tanya dimana blok F2. Ngga perlu tanya dimana penjual kain flanel, karena bisa jadi kita malah ditunjukkin toko si calo. Buat temen-temen yang penasaran gimana cara identifikasi pedagang itu calo atau bukan, bisa lirik ke poin selanjutnya.
    Selisih harga. Coba dengarkan harga yang penjual tawarkan. Kalo penjual nawarin harga yang cuma beda 1.000 – 2.000 dari patokan termahal dan berat buat nurunin lagi, mendingan capcus aja. Masih ragu itu pedagang calo atau bukan?
    Liat isi kiosnya, cari ada apa ngga kain flanelnya. Hmm.. siapa tau dia punya dua toko di bawah satu manajemen. Itu hal yang lazim di tanah abang. Meskipun begitu, kita patut curiga karena toko flanel yang asli pasti punya barangnya.
    Periksa katalog. Kios calo ngga punya barang, dia punya katalog warna untuk pembeli pilih. CEK, CEK, dan CEK! Cek katalognya, adakah nama tokonya? Jika ada, samakan dengan nama kios/toko yang kita satronin. Seandainya di katalog tertulis nama tokonya “Toko Oke”, sedangkan si abang jualan di “Toko Asem”? Segera tinggalkan. Sepengalamanku, si calo menutup-nutupi informasi dengan mencoret alamat toko asli menggunakan spidol hitam.
    Labrak. Jika di katalog ga ada nama toko, inilah saatnya Anda berani bertanya, di mana flanelnya? Di gudang atau di toko lain? Liat deh ekspresinya.


Poin nomer 4 itu wajib banget dicek lho. Jangan sampe si penjual bilang ada, sementara dia ngga jual barang yang kita maksud. Tips ini juga berlaku buat barang-
barang lain kali ya 8-> That’s it. Semoga bermanfaat, selamat berbelanja dan hati-hati melangkah.
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi,  kursus menjahit
Toko Kain Flanel | Kerajinan Pita | Kerajinan Tangan

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang toko kain flanel

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Cara Membuat Gantungan Kunci Nama/Huruf dari Kain Flanel

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://blognya.afiynih.com/2011/05/20/membeli-kain-flanel-di-tanah-abang/

0 komentar:

Post a Comment