, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Definisi Serat dan Jenis-Jenisnya


Definisi Serat dan Jenis-Jenisnya

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Definisi Serat dan Jenis-Jenisnya


pengertian serat jute - KELOMPOK  I

*Definisi Serat

Serat ialah suatu jenis bahan berupa  potongan-potongan  yang membentuk jaringan  memanjang yang utuh ataupun senyawa. serat yang paling sering dijumpai disekitar kita yaitu kain. Bahan  ini sangat penting dalam  kehidupan kita, baik hewan maupun tumbuhan  sebagai kebutuhan tubuh kita sendiri. Manusia menggunakan serat dalam banyak hal,seperti:membuat tali, kain, kertas dll. Serat dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu serat alami dan serat sintetis (serat buatan manusia). Serat  sintetis dapat diproduksi  secara murah dalam jumlah yang besar .Serat alami memiliki  kelebihan khususnya dalam hal kenyamanan,karena terbuat dari tumbuhan dan hewan.

*Jenis-Jenis Serat


1.Serat Kapas yaitu serat alami(tumbuhan) yang mudah didapat dan harganya terjangkau,karena seratnya itu nyaman dan bisa dipakai disemua kalangan masyarakat.serat kapas sangat penting di industri tekstil karena bahan nya mudah didapat,sangat kuat,sifat kapas yg kurang kenyal yang menyebabkan kapas mudah kusut.kapas itu dipintal dan kemudian manjadi benang,akhirnya ditenun menjadi kain. industri tekstil banyak mengandalkan kapas menjadi bahan utama. kapas mempunyai  arti penting bagi para perancang busana.

2.Serat Jute yaitu serat alami(tumbuhan) yang paling banyak digunakan sebagai kebutuhan hidup manusia.serat ini terbuat dari semua jenis batang kulit pohon.jute ini banyak digunakan untuk membuat tali tambang,kertas,karpet,gorden,dan juga pelapis kursi mebel.serat jute ini banyak juga dipakai di perindustrian tekstil dan mebel.

3.Serat Flax yaitu serat alami(tumbuhan)yang sangat penting setelah wol dan kapas.serat flax biasanya diolah menjadi industri linen.serat flax didapat tidak semudah wol atau kapas tetapi kualitas flax sangat diperhitungkan oleh industry tekstil zaman sekarang, maka dari itu tidak sedikit perancang yang menggunakan bahan dari flax.meskipun banyak yang masih menimbang-nimbang  untuk membuat  pakaian.

4.Serat Rami yaitu serat alami(tumbuhan)yang dihasilan oleh tanaman rami.yang kulit batangnya banyak digunakan untuk baku tekstil.serat rami juga bisa dipintal jadi benang yang akan dirajut menjadi kain.karakternya sama dengan kapas,tapi rami lebih berkilap,kuat,jauh dari bakteri  dan dapat menyerap air dengan sangat baik.serat rami sangat digemari oleh perancang karena teksturnya yang nyaman dan baik digunakan untuk busana apapun.

5.Serat Wol yaitu serat alami(tumbuhan)yang dihasilkan dari hewan bernama domba.serat ini sudah dikenal sejak zaman belanda.kain dengan menggunakan serat wol dapat menghangatkan bagi pemakainya yang di iklim sangat dingin. Karena terbuat dari serat yang dapat menyamankan pemakainya,agar si pemakai tidak kedinginan.sehingga serat wol banyak digunakan untuk pakaian hangat khususnya didaerah dingin.

6.Serat Sutera yaitu serat alami(tumbuhan)yang dihasilkan oleh ulat-ulat sutera yang nantinya menjadi kepompong kemudian serat  suteranya dililitkan dengan mesin pemintal yang nanti menjadi benang dan ditenun menjadi kain.serat alami ini memiliki hasil yang sangat halus dan sangat berkilau,pokoknya sangat menarik dan peminatnya sangat banyak,makanya harga dari serat tersebut termasuk sangat  mahal.ulat yang menghasilkan sutera hanya ulat sejenis sutera.maka tidak sedikit pula penggemar dari kain sutera.pokoknya dijamin tidak mengecewakan bagi yang membelinya.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  pengertian serat jute

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang 20 Kado Pernikahan Yang Unik Dan Menarik Untuk Pengantin Baru

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://dektiyin.wordpress.com/2012/02/28/definisi-serat-dan-jenis-jenisnya/

0 komentar:

Post a Comment