, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

new gear : mesin neci highspeed typical

 new gear : mesin neci highspeed typical

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 new gear : mesin neci highspeed typical

mesin jahit - mesin neci wolsum rolsom merk typical

akhirnya, setelah bertahun-tahun lamanya, keinginan saya bisa saya wujudkan. new gear! oh, yeah! mesin baru yang saya idam-idamkan selama ini, mesin neci highspeed. bukan yang abal-abal lho ya alias modifikasi. beberapa orang menyebutnya dengan mesin wolsum dan rolsom. dulu memang iya masih keinginan, namun semoga sekarang ini menjadi kebutuhan saya, bukan euforia sesaat :P. saya tidak ada maksud apa-apa dengan membuat postingan ini. saya hanya ingin berbagi informasi saja berkaitan dengan mesin neci seperti harga, wujudnya, maupun informasi lainnya.

satu hal yang paling mengena di pikiran saya, "wih, mahal amat yak mesin neci yang baru sekarang ini!". padahal saya baru menyediakan budget sekitar 80% saja. nomboknya lumayan juga. awalnya sih saya berencana untuk membeli mesin neci merk yamata yang second saja. namun, alhamdulillah-nya mesin itu sudah dibeli orang. rezeki saya yang mengharuskan saya membeli yang baru :'). for your information, mesin neci second atau bekas itu langka di kota saya. mungkin kalau di kota-kota besar seperti jakarta atau bandung mesin neci bekas masih banyak bisa dicari. inilah yang menjadi salah satu pertimbangan saya untuk membeli mesin neci yang baru. hanya ada dua pilihan ketika itu : menunggu mesin neci bekas yang kabarnya belum tentu ada atau membeli mesin neci baru yang adanya pasti. sepertinya sih jarang ada orang yang membeli mesin neci di kota ini. sekalipun ada yang beli, jarang dijual lagi, kecuali sedang kepepet butuh uang atau memang benar-benar mesin tersebut tidak dipakai.

tahun 2012 kemarin harga merk neci merk shunfa masih 3,2 juta. sekarang ini harganya 3,7 juta untuk merk typical dan 3,6 juta untuk merk shunfa. hanya beda 100 ribu aja sih ya. beda 3 tahun bisa beda sekitar 500 ribu. dunia penjahitan sekarang memang sedang naik daun. wajar saja kalau harga mesinnya tambah mahal ditambah lagi harga kebutuhan pokok juga naik. oiya, jangan terlalu percaya tentang informasi harga mesin jahit di internet. anda harus pastikan sendiri harganya. harga mesin jahit di internet bisa saja merupakan informasi beberapa bulan atau tahun yang lalu.

mesin jahit - mesin neci wolsum rolsom merk shunfa
sayangnya mesin neci merk shunfa sedang langka. mau tidak mau saya membeli mesin neci merk. well, secara fisik mesin neci sekarang ini mempunyai body yang mirip baik merk shunfa, typical, yamata, bahkan simaru. hampir semuanya menggunakan body mesin obras highspeed 4 benang, hanya saja jarumnya hanya ada satu dan tuas penjepit benangnya hanya ada 3 buah. saya kemarin menyempatkan diri untuk bertanya tentang beda harga mesin obras dan mesin neci kepada mbak-mbak yang jaga kasir. katanya sih harganya sama. kok bisa sama ya harganya? iya sih cuma beda di jumlah jarum dan tuasnya saja.

mesin jahit - mesin neci wolsum rolsom merk simaru

ketika teknisinya mengantarkan mesin, saya diwanti-wanti untuk tidak mengubah-ubah settingan yang ada pada mesin karena nanti bisa balik menjadi mesin obras. ok, don't try this karena saya sudah mencobanya. hasilnya amburadul :)). satu hal lagi, mesin neci ternyata tidak bisa "lari", tidak seperti mesin obras. jadi, harus ekstra sabar ketika neci pinggiran kain ya. namun, sepertinya bisa ganti pulley yang lebih besar diameternya :P.

ternyata oh ternyata, benang neci ada sendiri padahal saya hanya membeli benang obras saja. benangnya lentur, bisa ditarik ulur. harganya pun hampir 2 kali lipat benang obras. di kota saya harganya 10 ribu dengan merk victory. saya kurang mengerti mengapa benangnya khusus. dugaan saya sih untuk membuat pinggiran kain bisa "keriting" ketika dineci.

apa bedanya mesin neci produk lama dengan yang baru? dari segi tenaga dinamo sih harusnya lebih besar tenaga mesin neci produk baru karena membutuhkan 250 watt. setahu saya dinamo mesin neci produk lama menggunakan daya kurang 250 watt. saya sendiri belum pernah mencoba mengoperasikan mesin neci produk lama. namun, secara hasil saya lebih suka hasil neci mesin produk baru yang body-nya mirip body mesin obras highspeed. hasilnya necinya sedikit lebih lebar dibandingkan hasil neci mesin produk lama sehingga jalinan benangnya tidak mudah lolos dari pinggiran kain alias tidak mbrudul lagi *semoga pembaca mengerti maksud saya hihihi ....

terakhir, semoga tulisan ini bermanfaat bagi yang punya keinginan untuk membeli mesin neci :).


buka mesin jahit : http://www.jasfora.web.id/2015/06/new-gear-mesin-neci-highspeed-typical.html

0 komentar:

Post a Comment