, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Contoh Produk Kerajinan dari Bahan Lunak Buatandan Alami

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Contoh Produk Kerajinan dari Bahan Lunak Buatandan Alami
 contoh produk kerajinan dari bahan lunak buatan dan alami - Bahan Lunak dalam Kerajinan TanganMemasuki kelas XI materi pembahasan untuk Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU)bidang Kerajinan adalah Produk Karya Kerajinan dari Bahan Lunak. Oleh karena itu takada salahnya jika saya mencoba menyusun serta berbagi materi tersebut disini.Pengertian Bahan LunakBahan adalah material yang memiliki sifat tertentu yang dapat mempengaruhi hasil karyayang dibuat dari material tersebut. Terdapat tiga kategori bahan, yaitu:1. Bahan lunak, yaitu bahan yang memiliki sifat fisik empuk/lunak sehingga sangatmudah dibentuk. Contoh yang sering dpakai sebagai bahan dalam pembuatanproduk kerajinan tangan adalah sabun batangan, lilin parafin, tanah liat, buburkertas dan clay.2. Bahan sedang, yaitu bahan yang memiliki sifat fisik tidak terlalu lunak namunjuga tidak terlalu keras. Contoh yang sering dipakai sebagai bahan kerajinantangan adalah kardus, kayu balsa, kayu waru, kayu randu dan kayu sengon.3. Bahan keras, yaitu bahan yang memiliki sifat fisik keras sehingga sukar dibentuktanpa bantuan peralatan yang memadai. Contohnya adalah batu, kayu jati, padasdsb.Produk Kerajinan dari Bahan Lunak AlamiTanah LiatTanah liat dihasilkan oleh alam yang berasal dari pelapukan kerak bumi. Tanah liatmemiliki karakteristik: Sulit menyerap air sehingga lahan yang berupa tanah liat primer tidak cocokuntuk dijadikan sebagai lahan pertanian. Tekstur tanahnya cenderung lengket bila dalam keadaan basah dan kuat menyatuantara butiran tanah yang satu dengan lainnya. Dalam keadaan kering, butiran tanahnya terpecah-pecah secara halus. Merupakan bahan baku pembuatan tembikar dan kerajinan tangan lainnya yangdalam pembuatannya harus dibakar dengan suhu diatas 1.000oC.Jenis tanah liat:2.  Tanah liat primer, dihasilkan dari pelapukan batuan karena tenaga endogennamun tidak berpindah dari batuan induknya, sehingga sifatnya lebih murnidaripada tanah liat sekunder. Tanah liat jenis ini berwarna putih atau putih kusam.Termasuk tanah liat jenis ini adalah kaolin, bentonite, feldspatik, kwarsa dandolomite.Ciri-ciri tanah liat primer adalah:o warna putih sampai putih kusamo cenderung berbutir kasar,o tidak plastis,o daya lebur tinggi,o daya susut kecilo bersifat tahan apio Suhu matangnya antara 1.300oC hingga 1.400oC Tanah liat Sekunder, merupakan jenis tanah liat hasil pelapukan batuan olehtenaga eksogen sehingga mengalami perpindahan tempat atau terpisah jauh daribatuan induknya, dan kemudian mengendap di suatu tempat.Ciri-ciri tanah liat sekunder:o Kurang murnio Cenderung berbutir haluso Berwarna krem/abu-abu/coklat/merah jambu/kuningo Lebih plastis daripada tanah liat primero Daya susut lebih besar daripada tanah liat primero Suh matangnya antara 900oC hingga 1.400oCcontoh produk Tanah liat :
3.  Paper Clay (Bubur Kertas)Merupakan jenis clay yang terbuat dari bubur kertas. Hasil akhirnya akanmengeras setelah diangin-anginkan. Sentuhan akhir adalah dengan cara dicat.contoh produk :
4. Kerajinan Serat Alambahan bahan serat alam dapat menghasilkan kerajinan tangan yang beraneka ragam,misalnya tas , dompet, topi,alas meja.teknik
pembuatan kerajinan dari serat alam inisebagaian besar dibuat dengan cara menganyam.contoh produk :
5. Produk Kerajinan dari Bahan Lunak BuatanSabun BatanganSabun adalah surfaktan yang dipakai dengan air untuk mencuci dan membersihkan.Surfaktan artinya molekul yang memiliki gugus polar yang suka-air (hidrofilik) dangugus non-polar yang suka-minyak (lipofilik) sekaligus, sehingga dapat mempersatukancampuran yang terdiri dari minyak dan air. Umumnya sabun berupa padatan tercetakyang disebut batang, sehingga disebut sebagai sabun batangan. Meskipun saat ini terdapatjenis sabun cair, namun yang dipakai dalam kerajinan tangan adalah sabun batangan.contoh produk :
6. ParafinParafin merupakan salah satu bentuk dari hasil olahan minyak bumi. Parafin menjadibahan dasar dalam pembuatan produk karya kerajinan lilin hias. Bahan ini berbentuklempengan, namun ada juga berupa pellet atau butiran. Parafin memiliki sifat-sifatsebagai berikut: Titik-leburnya 56oC hingga 60oC Tidak berwarna Tidak beracun Dalam keadaan cair menyerupai airParafin mengalami penyusutan yang rendah, sehingga kurang baik untuk pembuatan lilincetak. Oleh karena itu diperlukan bahan tambahan (additive) yaitu Sterin.
7. contoh produk :Clay
8. Sebenarnya istilah "clay" berarti tanah liat, akan tetapi dalam dunia kerajinan istilahtersebut bisa diartikan sebagai tanah liat buatan. Terdapat clay yang terbuat dari adonantepung, parafin, bubur kertas dan polymer. Terdapat beberapa macam clay, yaitu: Parafin ClayTerbuat dari bahan parafin, bersifat lunak dan mudah dibentuk dan tidak akanmengeras. Plastisin ClayTerbuat dari bahan plastisin yang lunak, namun tidak selunak parafin clay. Paper ClayMerupakan jenis clay yang terbuat dari bubur kertas. Hasil akhirnya akanmengeras setelah diangin-anginkan. Sentuhan akhir adalah dengan cara dicat.
9.  Flour ClayJenis clay ini terbuat dari adonan tepung, lem, aroma dsb. Bisa berupa tepungtapioka, tepung terigu, tepung roti atau jenis tepung lainnya. Jumping ClayJumpling clay adalah jenis clay yang terbuat dari bahan non-toxic, sangat lembutdan ringan, yang mudah dibentuk karena bersifat fleksibel dan akan mengerasdalam 24 jam pada suhu ruangan.
10.  Air Dry ClayJenis clay ini memiliki sifat hampir sama dengan jumping clay, namun memilikihasil akhir yang lebih padat. Pemrosesan akhirnya dengan cara diangin-anginkan. Polymer ClayMerupakan jenis clay paling baik, relatif mahal harga
nya dan masih jarang dijualdi Indonesia. Hasil akhir polymer clay adalah dengan cara dikeringkan denganmemakai oven.

bahan pembuatan produk seni kerajinan mulai bahan lunak [download]

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang contoh produk kerajinan dari bahan lunak buatan dan alami

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Membuat Lengan Puff

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://dokumen.tips/education/contoh-produk-kerajinan-dari-bahan-lunak-buatan-dan-alami.html

0 komentar:

Post a Comment