, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Jual Androk / Under Rok / Rok Dalaman Panjang

Jual Androk / Under Rok / Rok Dalaman Panjang

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi,  kursus menjahit
Jual Androk / Under Rok / Rok Dalaman Panjang

dalaman rok - Tips Berbusana : ” Agar Gamismu, Lebih Syar’i ! ” ^_^


Akhirnya saya tertarik untuk menuliskan ini ketika seorang customer berkata : kata seorang tukang jahit yang menjual gamis syar’i, bahan jersey masih dikaji standart ke’syar’i-annya, karena bahannya yang menempel di badan. *wow! Mendengar hal tersebut saya sebagai penjual gami syar’I berbahan jersey jadi dag-dig-dug,  seperti mendengar sebuah penelitian saya yang diragukan ke-absah-annya ! hahay..

Jadi begini para muslimat yang insya Allah selalu istiqamah dalam berbusana taqwa…😉

Lepas dari bahan jersey atau bukan, saya ingin sekedar share tentang tips berbusana (khususnya bergamis), agar nyaman, aman dan sesuai syari’at tentunya:) *tidak tipis, tidak transparent, tidak membentuk lekukan tubuh, tidak dan tidak lainnya yang menyimpang dari makna menutup aurat secara lahiriyah. Sebelumnya, izinkan saya bercerita yaaa……

Ingat sekali ketika dulu waktu masih di pesantren, ketika akhirnya pesantren memutuskan ada seragam gamis setiap hari – hari tertentu, beberapa teman protes.  “ kenapa harus gamis? Pakai gamis malah membentuk tubuh !” aku yang waktu itu masih santri baru malah melongok, dalam hati berfikir : kenapa harus gamiis… kenapa ga pake jeans ajaa…. >.<

Akhirnya seragam gamis itu pun melekat di tubuh kami, satu hal yang slalu saya heran, adalah kelakuan teman-teman yang agak aneh : sudah pakai gamis, pakai rok lagi ! duh… boros bin mubadzir cucian bangeet siih !! diantara teman sekelas hanya aku yang ga pake dalaman apa-apa kalau bergamis. Duh asyiik.. rasanya ‘semeriwing’.. hihi.. adem2 gitu.. tapi baru sehari bergamis, sudah langsung dipanggil ustadzah dengan sederet hukuman, katanya karena tidak menutup aurat dengan sempurna. Nah lho, ini ada seragam gamis, udah dipake, masih dibilang ga menutup aurat..?? *masihluguceritanya

Tapi lama-lama , malu juga ngeliat bentuk paha dan betis yang kecil itu melekat di gamis kalau angin lagi berhembus. Kata teman-teman,,, : makanya pakai rok lagi !! sejak saat itu, saya selalu mengenakan rok ketika bergamis. Bahkan saya membuat sebuah rok khusus untuk bergamis, dengan kriteria : tebal tapi ga berat, ga terlalu panjang, ukuran pinggang-pinggul harus pas dan nyaman.

teman sekelas di pesantren

teman sekelas di pesantren

Ternyata, dalam dunia fashion, aturan itu juga berlaku. Untuk beberapa tamu, ibu saya yang seorang tukang jahit selalu memberi saran kepada pelanggannya :

“ibu pakai rok dalaman lagi bu.. biar jatuh dibadan bagus.. seperti saya niy bu..“

“ kenapa harus pakai rok lagi bu nur? Kan sudah ada gamis..?”

“ karena pinggul saya kecil bu, sedangkan pinggang dan dada saya besar, jadi ga imbang.. kelihatan aneh kalo bergamis, jadi biar imbang.. saya selalu pakai rok, biar bawahnya juga lebar..” begitu kata ibu saya.

Saya ingat persis, dan saya catat baik-baik.

————————————————————————————————————————

Dari sana saya menyimpulkan,

    Inner / dalaman itu tentu perlu dan penting dalam berpakain gamis yang syar’I, agar tidak membentuk aurat. Ada beberapa jenis inner :



    Rok saja : pilihlah bahan yang nyaman, tidak menempel dengan bahan, bahan tebal dan sedikit kaku agar dapat menahan bahan gamis untuk tidak menempel di paha. Untuk inner rok, cocok dikenakan pada gamis bahan katun, bahan sifon, sutra,dan model gamis yang lurus ( bukan line A)
    Gamis Manset kaos : pilihan bahan yang nyaman dan jangan terlalu ketat. Inner kaos seperti ini cocok untuk inner gamis berbahan jersey, sifon, brukat, dan type gamis model line A (payung).
    Celana manset  ( yang ini tidak saya rekomendasikan untuk bergamis, kecuali untuk yang memakai rok bahan kaku seperti bahan jeans ).
    Kulot : sejujurya saya belum pernah memakai inner kulot, karena memang tidak suka dengan kulot ^^
flowersifon-purple1
 sifon transparant dengan gamis inner

    Selain berfungsi menutup aurat, inner juga berfungsi untuk fashion :
        yang kurus bisa terlihat gemuk, seperti saya ini ^^
        kalo bahan gamisnya sensitive dengan keringat (seperti sutra misalnya) , inner bisa menjaga keawetan gamis kita ^^
        yang gamisnya transparent, bisa menjadi variasi warna gamis itu sendiri ,
        Yang punya bentuk body buah pear (besar diatas), inner rok bisa menjadi penyeimbang
        Bisa menjadi variasi.  Sampai sekarang saya punya rok inner model ‘klok’ di bawah, untuk dipadukan dengan model gamis yang lurus-lurus saja.. hasilnya bisa jadi lebih cantik.. ^^

photo (29)

***

    Oya teman-teman, yang punya pengalaman : Mensiasati agar busanamu lebih syar’i…… dishare yuk! Tiga cerita terbaik akan mendapatkan souvenir cantik dari makkah ; berupa gamis inner dan jilbab classic makkah (size warna boleh pilih😉)
photo (29)
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang dalaman rok

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Pola

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : https://makkahcollection.wordpress.com/2013/02/21/tips-berbusana-agar-gamismu-lebih-syari-_/

0 komentar:

Post a Comment